PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Keywords:
Kemampuan Pemahaman Konsep, Minat Belajar, Teknik Ice BreakingAbstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Prtetest Posttest Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Ice Breaking Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 2 Bua Ponrang. Satuan Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bua Ponrang. Teknik pengambilan sampel ini adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep, angket minat belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum diberikan teknik ice breaking berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan teknik ice breaking berada pada kategori baik. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum diberikan metode konvensional berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan teknik ice breaking berada pada kategori cukup baik. 3) Minat belajar matematika siswa sebelum diberikan teknik ice breaking pada kategori cukup. Sedangkan setelah diberikan perlakuan teknik ice breaking pada kategori sangat tinggi. 4) Minat belajar matematika siswa sebelum diberikan metode konvensional berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan setelah diberikan perlakuan teknik ice breaking pada kategori sangat tinggi. 5) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan teknik ice breaking lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Aledya, V. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA. May.
Alhudri, Said; Heriyanto, M. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Education Development, 3(2), 240–247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283
Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 75. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.11551
Barokad, B., & Sunarto, S. (2021). Manajemen Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan Dalam Konteks Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 104–116. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.8967
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Dewi, N. P. S. S., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Wiratma, I. G. L. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya dengan Pendekatan Saintifik. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 13(2), 49–61.
Fably sucipto, M. D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808.
Fadila, A. Kurniawan, E. & M. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran MURDER Berbantuan Ice Breaking Ditinjau Pada Minat Belajar Siswa. Jurnal Cartesian, 02(02), 226–233.
Fajarudin, A. A., Samsudi, A., & Lailatul Mas’adah, N. (2021). Teknik Ice Breaking sebagai Penunjang Semangat dan Konsentrasi Siswa Kelas 1 MI Nurul Islam Jatirejo. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 2(2), 147–176. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v2i2.21
Febriantika, A. A. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kompetensi Keahlian. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(2), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7329
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298
Hidayat fahrul, D. (2023). pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 055985 Pekan Selesai Kabupaten Langkat. 31–41.
Ikhsan Candra Prayuda, Putry Agung, & Ali Mashari. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas Ii Sd. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.40
Iswanto, I. H., Wulandari, A. Y. R., Putera, D. B. R. A., Sutarja, M. C., & Huzairi. (2022). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di MTS Agung Mulia. Jurnal Natural Science Educational Research, 5(2), 129–137.
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1), 59–73. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290
Putri, A. R., Fakhruddin, M. Y., & Hasmi, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teams Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3119–3126. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1350
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Rahmi, L., & Alfurqan. (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Education and Development, 9(3), 580–589.
Rosmawati, H. (2023). Penggunaan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP : Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang. Repository UPI, 2(8), 3766–3777.
Salsabillah, F., Nugroho, A. S., & Subayani, N. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Suit Game Berbantuan Ice Breaking Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep. 4(2), 90–99.
Saputri, M., Muliadi, A., & Safnowandi, S. (2022). Profil Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Kelas XI. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 148–155. https://doi.org/10.36312/ejiip.v2i3.98
Saragih, N. A., Fatria, F., & Ariani, F. D. (2021). Kecamatan Medan Sunggal merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara . Kecamatan Medan Sunggal memiliki area seluas ± 15 , 44 Km2 yang terdiri dari 6 Kelurahan . Kecamatan Medan Sunggal memiliki jumlah penduduk sebesar.
Sururoh, M., Setyosari, P., & Subanji, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1499–1506. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11779
Teknik, P., Breaking, I. C. E., Konsep, P., Dan, I. P. A., Belajar, M., Didik, P., Iii, K., & Negeri, S. D. (2022). Pengaruh teknik ice breaking terhadap pemahaman konsep ipa dan motivasi belajar peserta didik kelas iii sd negeri pacet.
Usman, H., Irfan, M., & Wahyuni, S. (2022). Global Journal Basic Education. 1, 145–153.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.