PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Authors

  • Nurnadila Nurnadila Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fahrul Basir Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Karmila Karmila Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep, Minat Belajar, Teknik Ice Breaking

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Prtetest Posttest Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Ice Breaking Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 2 Bua Ponrang. Satuan Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bua Ponrang. Teknik pengambilan sampel ini adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep, angket minat belajar. Teknik  analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum diberikan teknik ice breaking berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan teknik ice breaking berada pada kategori baik. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum diberikan metode konvensional berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan teknik ice breaking berada pada kategori cukup baik. 3) Minat belajar matematika siswa sebelum diberikan teknik ice breaking pada kategori cukup. Sedangkan setelah diberikan perlakuan teknik ice breaking pada kategori sangat tinggi. 4) Minat belajar matematika siswa sebelum diberikan metode konvensional berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan setelah diberikan perlakuan teknik ice breaking pada kategori sangat tinggi. 5) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan teknik ice breaking lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abhi Purwoko, A., Burhanuddin, Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Nudia Fitri, Z., & Pariza, D. (2021). Validitas Instrument dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. LPPM University of Mataram, 3(0), 94–102. http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingsaintek/article/view/271
Aledya, V. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA. May.
Alhudri, Said; Heriyanto, M. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Education Development, 3(2), 240–247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283
Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 75. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.11551
Barokad, B., & Sunarto, S. (2021). Manajemen Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan Dalam Konteks Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 104–116. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.8967
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Dewi, N. P. S. S., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Wiratma, I. G. L. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya dengan Pendekatan Saintifik. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 13(2), 49–61.
Fably sucipto, M. D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808.
Fadila, A. Kurniawan, E. & M. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran MURDER Berbantuan Ice Breaking Ditinjau Pada Minat Belajar Siswa. Jurnal Cartesian, 02(02), 226–233.
Fajarudin, A. A., Samsudi, A., & Lailatul Mas’adah, N. (2021). Teknik Ice Breaking sebagai Penunjang Semangat dan Konsentrasi Siswa Kelas 1 MI Nurul Islam Jatirejo. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 2(2), 147–176. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v2i2.21
Febriantika, A. A. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kompetensi Keahlian. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(2), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7329
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298
Hidayat fahrul, D. (2023). pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 055985 Pekan Selesai Kabupaten Langkat. 31–41.
Ikhsan Candra Prayuda, Putry Agung, & Ali Mashari. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas Ii Sd. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.40
Iswanto, I. H., Wulandari, A. Y. R., Putera, D. B. R. A., Sutarja, M. C., & Huzairi. (2022). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di MTS Agung Mulia. Jurnal Natural Science Educational Research, 5(2), 129–137.
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1), 59–73. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290
Putri, A. R., Fakhruddin, M. Y., & Hasmi, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teams Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3119–3126. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1350
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Rahmi, L., & Alfurqan. (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Education and Development, 9(3), 580–589.
Rosmawati, H. (2023). Penggunaan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP : Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang. Repository UPI, 2(8), 3766–3777.
Salsabillah, F., Nugroho, A. S., & Subayani, N. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Suit Game Berbantuan Ice Breaking Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep. 4(2), 90–99.
Saputri, M., Muliadi, A., & Safnowandi, S. (2022). Profil Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Kelas XI. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 148–155. https://doi.org/10.36312/ejiip.v2i3.98
Saragih, N. A., Fatria, F., & Ariani, F. D. (2021). Kecamatan Medan Sunggal merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara . Kecamatan Medan Sunggal memiliki area seluas ± 15 , 44 Km2 yang terdiri dari 6 Kelurahan . Kecamatan Medan Sunggal memiliki jumlah penduduk sebesar.
Sururoh, M., Setyosari, P., & Subanji, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1499–1506. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11779
Teknik, P., Breaking, I. C. E., Konsep, P., Dan, I. P. A., Belajar, M., Didik, P., Iii, K., & Negeri, S. D. (2022). Pengaruh teknik ice breaking terhadap pemahaman konsep ipa dan motivasi belajar peserta didik kelas iii sd negeri pacet.
Usman, H., Irfan, M., & Wahyuni, S. (2022). Global Journal Basic Education. 1, 145–153.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Nurnadila, N., Basir, F., & Karmila, K. (2024). PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 332–344. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/4554

Most read articles by the same author(s)