PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran MultiliterasiAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan setelah penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi. Satuan eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan terdiri atas data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil dari penelitian diperoleh: Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu sebelum diterapkan model pembelajaran multiliterasi berada pada kategori sangat rendah dan setelah diterapkan model pembelajaran multiliterasi berada pada kategori sedang, Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu pada saat penerapan model pembelajaran multiliterasi berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu dengan penerapan model pembelajaran multiliterasi lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Anih, E., & Subang, S. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp-It Alamy Subang.
Dafit, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 1(1), 87–100.
Efuansyah, & Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Memfasilitasi Pencapaian Penguasaan Konsep Matematika. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 105–118. Https://Doi.Org/10.25217/Numerical.V3i2.485
Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Sd/Mi. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar , 10(2), 117–124.
Mardiantika, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Dan Pengetahuan Awal Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nurcaya, Ebe, A., Saputra, N., & Muhlis. (2022). Paradigma Pembelajaran Berpendekatan Multiliterasi Di Abad 21. Journal On Teacher Educationresearch & Learning In Faculty Of Education, 3(2), 52–68.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). 23–60.
Talib, A., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Google Suite For Education Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaboratif Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 34–47. Https://Doi.Org/10.25157/Teorema.V6i1.4470
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.