PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Authors

  • Riswana Pasang Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fahrul Basir Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Karmila Karmila Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Multiliterasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan setelah penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi. Satuan eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan terdiri atas data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil dari penelitian diperoleh: Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu sebelum diterapkan model pembelajaran multiliterasi berada pada kategori sangat rendah dan setelah diterapkan model pembelajaran multiliterasi berada pada kategori sedang, Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu pada saat penerapan model pembelajaran multiliterasi berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu dengan penerapan model pembelajaran multiliterasi lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggun, P. N. (2022). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar.
Anih, E., & Subang, S. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp-It Alamy Subang.
Dafit, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 1(1), 87–100.
Efuansyah, & Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Memfasilitasi Pencapaian Penguasaan Konsep Matematika. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 105–118. Https://Doi.Org/10.25217/Numerical.V3i2.485
Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Sd/Mi. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar , 10(2), 117–124.
Mardiantika, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Dan Pengetahuan Awal Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nurcaya, Ebe, A., Saputra, N., & Muhlis. (2022). Paradigma Pembelajaran Berpendekatan Multiliterasi Di Abad 21. Journal On Teacher Educationresearch & Learning In Faculty Of Education, 3(2), 52–68.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). 23–60.
Talib, A., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Google Suite For Education Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaboratif Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 34–47. Https://Doi.Org/10.25157/Teorema.V6i1.4470

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Pasang, R. ., Basir, F., & Karmila, K. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 384–398. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/4967

Most read articles by the same author(s)