DESKRIPSI KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS KELAS VII SMP NEGERI 1 PALOPO BERDASARKAN GENDER

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1306

Authors

  • Ni Putu Meli Wulandari Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Karmila Karmila Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Kompetensi Strategis Matematis, Berdasarkan Gender

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi strategis matematis kelas VII SMP Negeri 1 Palopo berdasarkan gendernya. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih belum optimal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Palopo yang berjumlahkan 2 orang, yaitu 1 subjek laki-laki dan 1 subjek perempuan. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan instrumen yaitu; (1) tes kompetensi strategis matematis yang terdiri dari 3 soal uraian, dan (2) pedoman wawancara. Hasil dari tes kompetensi strategis matematis tersebut peniliti mendapatkan 2 subjek yang mendapatkan nilai tertingi yaitu 1 subjek laki – laki dan 1 subjek perempuan, kemudian kedua subjek tersebut dilakukan wawancara dari penelitian ini. Tes kompetensi strategis matematis mempunyai indicator yaitu; (1) merumuskan, (2) merepresentasikan, dan (3) memecahkan masalah. Hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa kompetensi strategis matematis pada subjek laki laki mampu memenuhi semua indicator pada soal nomor 1,2, dan 3 dan hasil penelitian kali ini juga menunjukkan bahwa kompetensi strategis matematis pada subjek perempuan mampu memenuhi indikator kompetensi strategis matematis pada soal nomor 1 dan 3 namun  untuk soal nomor 2 subjek tidak mampu memenuhi dengan tepat indicator kompetensi strategis matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-29

How to Cite

Putu Meli Wulandari, N. ., & Karmila, K. (2021). DESKRIPSI KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS KELAS VII SMP NEGERI 1 PALOPO BERDASARKAN GENDER. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 116–125. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1306

Most read articles by the same author(s)