ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas kemampuan Literasi Numerasi terhadap karakter mandiri siswa di sekolah dasar. Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Negeri 111 Batusitanduk Kec. Walenrang Utara, Kab. Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan desain deskriptif, sampel sumber data diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, variabel penelitian ini meliputi analisis kemampuan literasi numerasi terhadap pendidikan karakter mandiri. Dalam memperoleh data jenis data yang digunakan tergolong dalam jenis data kualitatif baik berupa angka atau fakta. Pengumpulan data diambil melalui angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket berupa pernyataan, tes berupa soal uraian 5 nomor, lembar observasi, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data-data. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data atau verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik cenderung memiliki kemandirian yang baik, sedangkan siswa yang kemampuan literasi numerasinya kurang baik maka akan memiliki karakter mandiri yang kurang baik pula. Siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi akan bersikap tenang dalam menghadapi berbagai masalah. Dengan memahami masalah, siswa bisa mengetahui apa penyebab dari masalahnya dan mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika siswa memiliki kemampuan literasi numerasi yang bagus, maka siswa tidak akan menggantungkan diri pada diri orang lain, maka pada diri siswa tersebut akan terbentuk karakter mandiri.
Downloads
References
Fatimang, U., Palopo, U. C., & Matematis, K. (n.d.). KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN. 6, 297–304.
Hardianto, H. (2017). Deskripsi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Berdasarkan Gaya Kognitif. Prosiding, 3(1), 371–470.
Hardianto, H., & Indah, I. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 356-363.
Kholifasari, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa ditinjau dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derifat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7(2):117-25.
Makmudah, S. (2018). Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Pendidikan Karakter Mandiri. (PRISMA 1, Demak).
Maryono, dkk. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri di Sekolah Dasar. (Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.3 No. I).
Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nisa, Z. E. K. (2018). Ethnomathematics Digital Comics (EDC) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Pendidikan Dasar. (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah : Surakarta).
Syahwahid, dkk. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Beta :Jurnal Tadris Matematika 10(2):222-40.
Copyright (c) 2024 Hardianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.