ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Hardianto Hardianto Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Rusli Baharuddin Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Rahmah Dian Safitri Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Literasi Numerasi, Karakter Mandiri.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas kemampuan Literasi Numerasi terhadap karakter mandiri siswa di sekolah dasar. Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Negeri 111 Batusitanduk Kec. Walenrang Utara, Kab. Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan desain deskriptif, sampel sumber data diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, variabel penelitian ini meliputi analisis kemampuan literasi numerasi terhadap pendidikan karakter mandiri. Dalam memperoleh data jenis data yang digunakan tergolong dalam jenis data kualitatif baik berupa angka atau fakta. Pengumpulan data diambil melalui angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket berupa pernyataan, tes berupa soal uraian 5 nomor, lembar observasi, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data-data. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data atau verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik cenderung memiliki kemandirian yang baik, sedangkan siswa yang kemampuan literasi numerasinya kurang baik maka akan memiliki karakter mandiri yang kurang baik pula. Siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi akan bersikap tenang dalam menghadapi berbagai masalah. Dengan memahami masalah, siswa bisa mengetahui apa penyebab dari masalahnya dan mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika siswa memiliki kemampuan literasi numerasi yang bagus, maka siswa tidak akan menggantungkan diri pada diri orang lain, maka pada diri siswa tersebut akan terbentuk karakter mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, D. N. (2020). Literasi Matematika berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VI SDN Jember LOR 05. (Program S1, Universitas Jember).
Fatimang, U., Palopo, U. C., & Matematis, K. (n.d.). KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN. 6, 297–304.
Hardianto, H. (2017). Deskripsi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Berdasarkan Gaya Kognitif. Prosiding, 3(1), 371–470.
Hardianto, H., & Indah, I. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 356-363.
Kholifasari, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa ditinjau dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derifat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7(2):117-25.
Makmudah, S. (2018). Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Pendidikan Karakter Mandiri. (PRISMA 1, Demak).
Maryono, dkk. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri di Sekolah Dasar. (Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.3 No. I).
Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nisa, Z. E. K. (2018). Ethnomathematics Digital Comics (EDC) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Pendidikan Dasar. (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah : Surakarta).
Syahwahid, dkk. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Beta :Jurnal Tadris Matematika 10(2):222-40.
Published
22-05-2024
How to Cite
Hardianto, H., Baharuddin, M. R., & Dian Safitri, R. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 80-91. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3728