PENGEMBANGAN APLIKASI ETNOMATIKA BERBASIS ANDROID PADA KONSEP GEOMETRI SISWA SEKOLAH DASAR

  • Rahmah Dian Safitri Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Haerul Zabran Zainal Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Anugrahwati Mendila Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Hardianto Hardianto Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Etnomatika, Pemecahan Masalah, GHeometri.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan sebagai media pembelajaran Matematika di SD Negeri 022 Monto Sabbang Luwu Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Langkah penelitian yang dilakuka yaitu, penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting), perencanaan (planning), pengembangan draft produk (development preliminary form of product), uji coba lapangan awal (preliminary field testing), revisi I, uji coba lapangan utama (main field testing), revisi II, uji pelaksanaan lapangan operasional (operational field testing), dan revisi akhir. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori sangat valid (100), hasil validasi ahli media menunjukkan kategori sangat valid (90), hasil respond peserta didik menunjukkan kategori sangat praktis skor (88) dengan rata-rata (87.58), dan hasil belajar peserta didik pada tahap uji pelaksanaan lapangan menunjukkan bahwa 7 orang siswa memperoleh hasil kriteria sedang (0,3 ≤ g < 0,7) dan 18 siswa memperoleh kriteria tinggi (g ≥ 0,7) dan tidak ada sama sekali siswa yang memperoleh kriteria rendah (g < 0,3). N-gain antara 0,3-0,9 dengan hasil kriteria sedang dan tinggi dan sebagian besar siswa memperoleh nilai di atas KKM. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar Geometri sebelum dan setelah menggunakan media Etnomatika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Etnomatika yang dikembangkan layak dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika khusunya Geometri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azriani, D., Hasratuddin, & Mujib, A. 2019. Eksplorasi Etnomatika Kain Tenun Masyarakat Melayu Kota Tebing Tinggi Dewi. Math Education Nusantara, 2(1), 64–71.
Blyznyuk, T. 2019. Formation of Teachers’ Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46
Finariyati., Rahman, A. A., Amalia, Y. 2020. Pengembanagn Modul Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal MAJU 7(1) 89-97.
https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=pengembanga n+modul+matematika+berbasis+etnomatematika+untuk+meningkatkan+kem ampuan+pemecahan+masalah+siswa&btng=
Hardianto, H. 2017. Deskripsi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Berdasarkan Gaya Kognitif. Prosiding, 3(1), 371–470.
Hardianto, Subanji, & Rahardjo, S. 2016. Analisis Penggunaan Gesture Untuk Siswa Dalam Proses Diskusi. Pedagogy, 1(2000), 36–47.
Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. 2015. Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios: A Literature Review. Technische Universitat Dortmund, 1(1), 4–
16. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29269.22248
Iskandar, D. 2021. Etnomatika Pada Permainan Setatak Sebagai Bahan Pembelajaran Bangun Datar (Lingkaran, Persegi dan Persegi Panjang). Jurnal Peka, 4(2), 52–56. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.847
Rahayu, K. N. S. 2021. Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1395
Titiek, Berlian. 2021. Pengembangan Media Puzzle Pecahan pada Materi Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Disertasi. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Trisyanti, U., & Prasetyo, B. 2018. Revolusi Industri dan Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0,” 22–27. http://iptek.its.ac.id/index.php/jps/article/view/4417
Wewe, M., & Kau, H. 2019. Etnomatika Bajawa: Kajian Simbol Budaya Bajawa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 121–133. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551652
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.
Published
15-11-2023
How to Cite
Safitri, R. D., Zainal, H. Z., Mendila, A., & Hardianto, H. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI ETNOMATIKA BERBASIS ANDROID PADA KONSEP GEOMETRI SISWA SEKOLAH DASAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 358-368. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3115

Most read articles by the same author(s)