PENGEMBANGAN APLIKASI ETNOMATIKA BERBASIS ANDROID PADA KONSEP GEOMETRI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan sebagai media pembelajaran Matematika di SD Negeri 022 Monto Sabbang Luwu Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Langkah penelitian yang dilakuka yaitu, penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting), perencanaan (planning), pengembangan draft produk (development preliminary form of product), uji coba lapangan awal (preliminary field testing), revisi I, uji coba lapangan utama (main field testing), revisi II, uji pelaksanaan lapangan operasional (operational field testing), dan revisi akhir. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori sangat valid (100), hasil validasi ahli media menunjukkan kategori sangat valid (90), hasil respond peserta didik menunjukkan kategori sangat praktis skor (88) dengan rata-rata (87.58), dan hasil belajar peserta didik pada tahap uji pelaksanaan lapangan menunjukkan bahwa 7 orang siswa memperoleh hasil kriteria sedang (0,3 ≤ g < 0,7) dan 18 siswa memperoleh kriteria tinggi (g ≥ 0,7) dan tidak ada sama sekali siswa yang memperoleh kriteria rendah (g < 0,3). N-gain antara 0,3-0,9 dengan hasil kriteria sedang dan tinggi dan sebagian besar siswa memperoleh nilai di atas KKM. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar Geometri sebelum dan setelah menggunakan media Etnomatika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Etnomatika yang dikembangkan layak dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika khusunya Geometri
Downloads
References
Blyznyuk, T. 2019. Formation of Teachers’ Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46
Finariyati., Rahman, A. A., Amalia, Y. 2020. Pengembanagn Modul Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal MAJU 7(1) 89-97.
https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=pengembanga n+modul+matematika+berbasis+etnomatematika+untuk+meningkatkan+kem ampuan+pemecahan+masalah+siswa&btng=
Hardianto, H. 2017. Deskripsi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Berdasarkan Gaya Kognitif. Prosiding, 3(1), 371–470.
Hardianto, Subanji, & Rahardjo, S. 2016. Analisis Penggunaan Gesture Untuk Siswa Dalam Proses Diskusi. Pedagogy, 1(2000), 36–47.
Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. 2015. Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios: A Literature Review. Technische Universitat Dortmund, 1(1), 4–
16. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29269.22248
Iskandar, D. 2021. Etnomatika Pada Permainan Setatak Sebagai Bahan Pembelajaran Bangun Datar (Lingkaran, Persegi dan Persegi Panjang). Jurnal Peka, 4(2), 52–56. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.847
Rahayu, K. N. S. 2021. Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1395
Titiek, Berlian. 2021. Pengembangan Media Puzzle Pecahan pada Materi Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Disertasi. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Trisyanti, U., & Prasetyo, B. 2018. Revolusi Industri dan Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0,” 22–27. http://iptek.its.ac.id/index.php/jps/article/view/4417
Wewe, M., & Kau, H. 2019. Etnomatika Bajawa: Kajian Simbol Budaya Bajawa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 121–133. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551652
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.
Copyright (c) 2023 Rahmah Dian Safitri, Haerul Zabran Zainal, Anugrahwati Mendila, Hardianto Hardianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.