DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTsN KOTA PALOPO BERDASARKAN GENDER

  • Fahrul Basir Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nur Fadillah Wahdaniya Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, berdasarkan gender

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs Negeri Kota Palopo Berdasarkan Gendernya. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih belum optimal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Negeri Kota Palopo yang berjumlahkan 2 orang, yaitu 1 subjek laki-laki dan 1 subjek perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan dilanjutkan dengan wawancara secara individual untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis kedua subjek dalam menyelesaikan tes yang diberikan seseuai indikator pemecahan masalah yaitu: (1) Memahami masalah (2) Merencanakan penyelesaian masalah. (3) Menyelesaiakan masalah melalui strategi pemecahan masalah (4) Serta memeriksa kembali hasil dan proses dan menyimpulkan hasil penyelesaian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
29-05-2021
How to Cite
Basir, F., & Wahdaniya, N. F. (2021). DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTsN KOTA PALOPO BERDASARKAN GENDER. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 126-138. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1417