Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 1 MI dalam Model Pembelajaran Menyimak Tipe Bisik Berantai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Muhammad Majdi Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Amuntai
  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Model Pembelajaran Menyimak Tipe Bisik Berantai

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memahami model pembelajaran menyimak tipe bisik berantai dan hubungannya dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas 1D Madrasah Ibtidaiyah (MI) Plus Al Hamid Banjarmasin. Model pembelajaran menyimak tipe bisik berantai adalah permainan yang dapat mengembangkan aspek-aspek kebahasaan, mendengar, berbicara, menulis, dan membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe induktif. Subjek penelitian ini adalah wali kelas ID dan 29 siswa kelas I D program Tahfid. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran menyimak tipe bisik berantai yang dilakukan guru kelas 1D MI Al Hamid Banjarmasin berjalan dengan baik. Mereka juga menambahkan variasi mengajar untuk menunjang pembelajaran yang efektif dan tepat sasaran. Dalam konteks kecerdasan interpersonal, maka dapat dipahami sesuai dengan indikatornya adalah siswa mampu untuk: 1). Berkomunikasi verbal dan non verbal serta mampu berinteraksi aktif dengan teman sebaya, guru maupun civitas akademika (sekolah). 2). Menjadi penengah dalam kelompok di sekitarnya dan memiliki keahlian untuk bekerja dalam kelompok, 3). Mengenali berbagai cara untuk berhubungan dengan orang lain dan peka terhadap perasaan, motivasi, dan keadaan mental seseorang, 4). Membentuk dan mempertahankan suatu hubungan sosial, dan 5). Mudah bergaul serta dapat beradaptasi dengan lingkungan pergaulan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmad Shofiyuddin Ichsan, Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta

Ahmad Shofiyuddin Ichsan adalah penulis kedua. 

References

Armstrong, T. (2014). Menerapkan Multiple Intelligences di Sekolah. Virginia: ASCD.

Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Azwar, S. (1996). Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, H. B., & Kuadrat, M. (2010). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, A. W. (2005). Born To Be Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iskandarwassid & Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Rosda Karya.

Kartono, F. & Halidjah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Menyimak Menggunakan Teknik Permainan Berbisik Berantai di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Sungai Pinyuh. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Kholifatun, W. (2018). Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Berdasarkan Penjelasan Yang Disampaikan Secara Lisan Pada Siswa Kelas III SDN Ngletih 1 Kota Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Simki-Pedagogia, 2(8).

Lwin, M. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan Terjemahan Christine Sujana. Yogyakarta: Indeks.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Safaria, T. (2005). Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.

Tarigan, D. (2003). Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.

Published
2019-11-04
How to Cite
Muhammad Majdi, & Ahmad Shofiyuddin Ichsan. (2019). Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 1 MI dalam Model Pembelajaran Menyimak Tipe Bisik Berantai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 264-272. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.83