Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 1 MI dalam Model Pembelajaran Menyimak Tipe Bisik Berantai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian bertujuan untuk memahami model pembelajaran menyimak tipe bisik berantai dan hubungannya dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas 1D Madrasah Ibtidaiyah (MI) Plus Al Hamid Banjarmasin. Model pembelajaran menyimak tipe bisik berantai adalah permainan yang dapat mengembangkan aspek-aspek kebahasaan, mendengar, berbicara, menulis, dan membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe induktif. Subjek penelitian ini adalah wali kelas ID dan 29 siswa kelas I D program Tahfid. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran menyimak tipe bisik berantai yang dilakukan guru kelas 1D MI Al Hamid Banjarmasin berjalan dengan baik. Mereka juga menambahkan variasi mengajar untuk menunjang pembelajaran yang efektif dan tepat sasaran. Dalam konteks kecerdasan interpersonal, maka dapat dipahami sesuai dengan indikatornya adalah siswa mampu untuk: 1). Berkomunikasi verbal dan non verbal serta mampu berinteraksi aktif dengan teman sebaya, guru maupun civitas akademika (sekolah). 2). Menjadi penengah dalam kelompok di sekitarnya dan memiliki keahlian untuk bekerja dalam kelompok, 3). Mengenali berbagai cara untuk berhubungan dengan orang lain dan peka terhadap perasaan, motivasi, dan keadaan mental seseorang, 4). Membentuk dan mempertahankan suatu hubungan sosial, dan 5). Mudah bergaul serta dapat beradaptasi dengan lingkungan pergaulan dengan baik.
Downloads
References
Armstrong, T. (2014). Menerapkan Multiple Intelligences di Sekolah. Virginia: ASCD.
Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Azwar, S. (1996). Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Uno, H. B., & Kuadrat, M. (2010). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, A. W. (2005). Born To Be Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Iskandarwassid & Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Rosda Karya.
Kartono, F. & Halidjah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Menyimak Menggunakan Teknik Permainan Berbisik Berantai di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Sungai Pinyuh. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjung Pura Pontianak.
Kholifatun, W. (2018). Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Berdasarkan Penjelasan Yang Disampaikan Secara Lisan Pada Siswa Kelas III SDN Ngletih 1 Kota Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Simki-Pedagogia, 2(8).
Lwin, M. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan Terjemahan Christine Sujana. Yogyakarta: Indeks.
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.
Safaria, T. (2005). Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.
Tarigan, D. (2003). Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.
Copyright (c) 2019 Muhammad Majdi, Ahmad Shofiyuddin Ichsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.