Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Kisah Kepahlawanan Tokoh Wayang pada Siswa Kelas V SD 2 Panjangrejo Pundong Bantul

  • Rohmat Dwi Yunianta Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
Keywords: menulis puisi, kisah kepahlawanan, tokoh wayang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui media kisah kepahlawanan tokoh wayang  pada siswa kelas V SD 2 Panjangrejo, Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Data diperoleh dengan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara dan tes. Instrumen  yang digunakan meliputi angket, lembar pengamatan, catatan lapangan, lembar penilaian keterampilan menulis puisi, dan dokumentasi kegiatan. Teknik  analisisnya mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses dan produk. Pada siklus I antusiasme siswa mulai terlihat dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Pada siklus II antusiasme siswa lebih terlihat jelas dan mereka juga lebih bersemangat jika dibanding pada siklus I. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan nilai hasil menulis puisi siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa pada setiap siklus. Nilai  rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 55,40; pada siklus I meningkat menjadi 68,06; dan pada siklus II meningkat menjadi 78,34. Peningkatan nilai dari pratindakan ke siklus I adalah 12,66; dan dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 10,28. Dengan demikian, kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD 2 Panjangrejo, Pundong, Bantul telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan dengan menggunakan media kisah kepahlawanan tokoh wayang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Endraswara, S. (2005). Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.

Depdiknas. (2006). Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia. Jakarta: BSNP.

Khan, D. Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Lestari, A. S. (2019). Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Menulis Puisi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 5 Surakarta Semester 2 tahun 2015/2016. Jurnal Konvergensi, 5(24).

Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2011). Penilaian Pembelajaran Bahasa berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, B. (2015). Bertemu dengan Pong Harjatmo. Majalah Adiluhung: Pelestari Budaya Nusantara. Edisi 7.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Metode Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Widaningsih, I. (2019). Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Published
19-03-2020
How to Cite
Yunianta, R. D., & Ichsan, A. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Kisah Kepahlawanan Tokoh Wayang pada Siswa Kelas V SD 2 Panjangrejo Pundong Bantul. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 103-114. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.148
Section
Regular Articles