Pengaruh Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMPN 2 Buntao’

Authors

  • Faniati Melati Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Anna Pertiwi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Ervianti Ervianti Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6792

Keywords:

Aplikasi Duolingo, Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Siswa SMP

Abstract

Aplikasi duolingo sebagai platform pembelajaran bahasa yang kreatif, yang memungkinkan siswa untuk mempelajari berbagai bahasa dengan cara yang mudah dan efisien namun, dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) muncul temuan bahwa rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan efektif. Kondisi ini mengakibatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa belum optimal, dan pembelajaran sering kali dianggap membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh aplikasi duolingo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 2 Buntao’. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one group pretest-postest. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan tes instrumen yang berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal pretest dan posttest. Teknik analisis data mengunakan uji normalitas dan uji hipotesis paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan aplikasi duolingo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 2 Buntao’. Analisis menggunakan paired sample t-test menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari pretest sebesar 56,38 menjadi 83,74 pada posttest, dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi duolingo sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris. Fitur gamifikasi dan latihan interaktif dalam aplikasi duolingo mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara lebih menarik dan menyeluruh. Aplikasi duolingo tidak hanya menambah pengalaman belajar yang menyenangkan, tetapi juga secara nyata meningkatkan penguasaan bahasa siswa, sehingga berkontribusi pada peningkatan hasil belajar mereka. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima, yang berarti terdapat terdapat pengaruh signifikan aplikasi duolingo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 2 Buntao’.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, N., & Hidayatullah, M. H. (2023). Implementasi aplikasi Duolingo dalam meningkatkan kosa kata bahasa inggris. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(1), 44-59. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v6i1.2015

Al Muhandis, M. A., & Riyadi, A. (2023). Analisis Efektivitas Customer First Quality First Approach Pada Training Quality Dojo Dengan Metode Quasi Eksperimen One Group Pretest Posttest Design: Analisis Efektivitas Customer First Quality First Approach Pada Training Quality Dojo Dengan Metode Quasi Eksperimen One Group Pretest Posttest Design. Journal of Applied Multimedia and Networking, 7(2), 98-106. https://doi.org/10.30871/jamn.v7i2.6931

Bong, V., & Firmansyah, M. D. (2023). Analisa Duolingo terhadap prestasi Bahasa Inggris siswa SMP Batam dengan metode TAM. Jurnal Informasi dan Teknologi, 5(3), 122-130. https://doi.org/10.60083/jidt.v5i3.407

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Fakhrurrozi, F., & Istiadah, I. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Duolingo Berdasarkan Ontologi Filsafat Ilmu. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 2883-2896. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.942

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Hardiyanto, M. R. P., Pahlevi, G., & Nugroho, M. F. (2023). Pengaruh Fitur-Fitur Aplikasi Duolingo Terhadap Popularitasnya. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 3(1), 23-28. https://doi.org/10.20885/snati.v3i1.28

Isnaini, M., Afgani, M. W., Haqqi, A., & Azhari, I. (2025). Teknik Analisis Data Uji Normalitas. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1377-1384. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i2.7007

Lailan, A. (2024). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257-3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115

Loebis, I. A., Parini, P., & Ramadhani, A. (2023). Pelatihan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Siswa Smk Karya Utama Tanjung Balai. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 3(2), 158-162. https://doi.org/10.54314/jpstm.v3i2.1752

Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, reliabilitas, dan kelayakan instrumen penilaian rasa percaya diri siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133-139. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nursyamsiah, E. (2021). Penggunaan media aplikasi Duolingo dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas vii SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy, 8(1), 67-77. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3251

Purba, N. A., & Saragih, M. (2022). Peningkatan hasil belajar bahasa inggris melalui aplikasi duolingo dalam pembelajaran online di tengah covid-19 pada siswa smp katolik delimurni delitua. Jurnal Ilmiah Aquinas, 32-38.

Puspita, S. D., Amanda, S. L., Swara, V. N., & Shaffa, Z. A. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 168-178. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5030

Putra, L. D., Janah, S. R. I., & Adawiyah, S. R. (2024). Penerapan E-learning dengan Aplikasi Duolingo untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 157-167.

Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk the body shop indonesia (studi kasus pada followers account twitter@ thebodyshopindo). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1). https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i1.371

Sinaga, S. J., Sianturi, S. E., Pakpahan, J., Sitohang, A., & Veronika, R. (2024). Penggunaan aplikasi Duolingo dalam meningkatkan literasi berbantuan aplikasi CapCut. SAMBARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28-41. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v2i1.522

Solihin, R. K., Hartono, R., Rukmini, D., & Wahyuni, S. (2022, September). Penerapan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Dalam Keterampilan Menyimak Bahasa Inggris Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 949-954).

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 346-351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif: Sebuah studi pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599-5609. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1747

Tugiman, T., Herman, H., & Yudhana, A. (2022). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner model Utaut untuk evaluasi sistem pendaftaran online rumah sakit. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 9(2), 1621-1630. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i2.2227

Yasa, I. G. S., & Numertayasa, I. W. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas XII AP 1 SMK Singamandawa Tahun 2023. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 5423-5434.

Yulianti, A., & Maulana, N. A. (2025). Analisis Penggunaan Duolingo sebagai Media Pembelajaran Multibahasa Siswa SDN Parakan 2: Analisis Teknologi Pendidikan. 9(2019), 19365–19373.

Published

2025-09-25

How to Cite

Melati, F., Pertiwi, A., & Ervianti, E. (2025). Pengaruh Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMPN 2 Buntao’. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1540–1551. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6792

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.