Pengaruh Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SMPN 2 Buntao’
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6792Keywords:
Aplikasi Duolingo, Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Siswa SMPAbstract
Aplikasi duolingo sebagai platform pembelajaran bahasa yang kreatif, yang memungkinkan siswa untuk mempelajari berbagai bahasa dengan cara yang mudah dan efisien namun, dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) muncul temuan bahwa rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan efektif. Kondisi ini mengakibatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa belum optimal, dan pembelajaran sering kali dianggap membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh aplikasi duolingo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 2 Buntao’. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one group pretest-postest. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan tes instrumen yang berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal pretest dan posttest. Teknik analisis data mengunakan uji normalitas dan uji hipotesis paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan aplikasi duolingo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 2 Buntao’. Analisis menggunakan paired sample t-test menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari pretest sebesar 56,38 menjadi 83,74 pada posttest, dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi duolingo sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris. Fitur gamifikasi dan latihan interaktif dalam aplikasi duolingo mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara lebih menarik dan menyeluruh. Aplikasi duolingo tidak hanya menambah pengalaman belajar yang menyenangkan, tetapi juga secara nyata meningkatkan penguasaan bahasa siswa, sehingga berkontribusi pada peningkatan hasil belajar mereka. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima, yang berarti terdapat terdapat pengaruh signifikan aplikasi duolingo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 2 Buntao’.
Downloads
References
Aisyah, N., & Hidayatullah, M. H. (2023). Implementasi aplikasi Duolingo dalam meningkatkan kosa kata bahasa inggris. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(1), 44-59. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v6i1.2015
Al Muhandis, M. A., & Riyadi, A. (2023). Analisis Efektivitas Customer First Quality First Approach Pada Training Quality Dojo Dengan Metode Quasi Eksperimen One Group Pretest Posttest Design: Analisis Efektivitas Customer First Quality First Approach Pada Training Quality Dojo Dengan Metode Quasi Eksperimen One Group Pretest Posttest Design. Journal of Applied Multimedia and Networking, 7(2), 98-106. https://doi.org/10.30871/jamn.v7i2.6931
Bong, V., & Firmansyah, M. D. (2023). Analisa Duolingo terhadap prestasi Bahasa Inggris siswa SMP Batam dengan metode TAM. Jurnal Informasi dan Teknologi, 5(3), 122-130. https://doi.org/10.60083/jidt.v5i3.407
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Fakhrurrozi, F., & Istiadah, I. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Duolingo Berdasarkan Ontologi Filsafat Ilmu. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 2883-2896. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.942
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Hardiyanto, M. R. P., Pahlevi, G., & Nugroho, M. F. (2023). Pengaruh Fitur-Fitur Aplikasi Duolingo Terhadap Popularitasnya. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 3(1), 23-28. https://doi.org/10.20885/snati.v3i1.28
Isnaini, M., Afgani, M. W., Haqqi, A., & Azhari, I. (2025). Teknik Analisis Data Uji Normalitas. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1377-1384. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i2.7007
Lailan, A. (2024). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257-3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Loebis, I. A., Parini, P., & Ramadhani, A. (2023). Pelatihan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Siswa Smk Karya Utama Tanjung Balai. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 3(2), 158-162. https://doi.org/10.54314/jpstm.v3i2.1752
Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, reliabilitas, dan kelayakan instrumen penilaian rasa percaya diri siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133-139. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nursyamsiah, E. (2021). Penggunaan media aplikasi Duolingo dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas vii SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy, 8(1), 67-77. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3251
Purba, N. A., & Saragih, M. (2022). Peningkatan hasil belajar bahasa inggris melalui aplikasi duolingo dalam pembelajaran online di tengah covid-19 pada siswa smp katolik delimurni delitua. Jurnal Ilmiah Aquinas, 32-38.
Puspita, S. D., Amanda, S. L., Swara, V. N., & Shaffa, Z. A. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 168-178. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5030
Putra, L. D., Janah, S. R. I., & Adawiyah, S. R. (2024). Penerapan E-learning dengan Aplikasi Duolingo untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 157-167.
Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk the body shop indonesia (studi kasus pada followers account twitter@ thebodyshopindo). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1). https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i1.371
Sinaga, S. J., Sianturi, S. E., Pakpahan, J., Sitohang, A., & Veronika, R. (2024). Penggunaan aplikasi Duolingo dalam meningkatkan literasi berbantuan aplikasi CapCut. SAMBARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28-41. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v2i1.522
Solihin, R. K., Hartono, R., Rukmini, D., & Wahyuni, S. (2022, September). Penerapan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Dalam Keterampilan Menyimak Bahasa Inggris Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 949-954).
Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 346-351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif: Sebuah studi pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599-5609. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1747
Tugiman, T., Herman, H., & Yudhana, A. (2022). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner model Utaut untuk evaluasi sistem pendaftaran online rumah sakit. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 9(2), 1621-1630. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i2.2227
Yasa, I. G. S., & Numertayasa, I. W. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas XII AP 1 SMK Singamandawa Tahun 2023. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 5423-5434.
Yulianti, A., & Maulana, N. A. (2025). Analisis Penggunaan Duolingo sebagai Media Pembelajaran Multibahasa Siswa SDN Parakan 2: Analisis Teknologi Pendidikan. 9(2019), 19365–19373.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faniati Melati, Anna Pertiwi, Ervianti Ervianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.