Pemanfaatan Google Classroom dalam Praktik Microteaching Pembelajaran Fiqih MI bagi Mahasiswa PGMI UIN Walisongo Semarang

  • Nur Khikmah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Lu’lu Naeli Lovia Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Fatimatuz Zahro Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Firdhany Nur Azizah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Keywords: Google Classroom, Microteaching, Pembelajaran Fiqih

Abstract

Pembelajaran Fiqih pada jenjang Madrasah Ibtidaiyyah (MI) menjadi tantangan tersendiri untuk praktikan microteaching. Praktikan harus mempersiapkan dengan baik dalam membuat rencana pembelajaran, mengetahui dan memahami materi Fiqih MI, metode, fasilitas pelajaran, begitu juga instrumen penilaian untuk dipakai dalam praktik microteaching. Pemanfaatan google classroom ini sebenarnya memberikan kemudahan bagi para pengajar untuk mengatur pembelajaran serta memberikan informasi dengan tepat serta akurat kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini guna menggambarkan dan menganalisis pemanfaatan google classroom dalam praktik microteaching pembelajaran Fiqih MI bagi Mahasiswa PGMI UIN Walisongo Semarang. Cara mengumpulkan data untuk penelitian ini diantaranya melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis datanya dengan mengumpulkan data, menyajikan data serta menarik simpulan. Adapun temuannya yakni masih kurang efektif dalam pencapaian tingkat pemahaman siswa dan tujuan pembelajaran. Tidak cocok untuk materi pembelajaran Fiqih MI yang berkaitan dengan aspek keterampilan. Kendala yang dirasakan yaitu 1) Guru harus memberi jeda waktu untuk setiap siswa agar dapat mengakses materi dan memberi respon karena kehadiran siswa dicek melalui kolom komentar, 2) Platform sering di refresh untuk memuat materi baru, 3) Memerlukan koneksi internet yang cukup. Jika sinyal sedang susah berakibat loading-nya cukup lama, 4) Guru dan siswa tidak dapat bertatap muka.

Fiqh learning at the Madrasah Ibtidaiyyah (MI) level is a challenge in itself for microteaching practitioners. The practitioner must prepare well in making lesson plans, know and understand Islamic Fiqh MI material, methods, learning facilities, as well as assessment instruments for use in microteaching practice. The use of google classroom actually makes it easy for teachers to organize learning and provide accurate and accurate information to students. The purpose of this study was to describe and analyze the use of google classrooms in the practice of microteaching learning Islamic Islamic Civilization History for students of PGMI UIN Walisongo Semarang. Ways to collect data for this research include observation, interviews, documentation and triangulation. The data analysis technique is by collecting data, presenting data and drawing conclusions. The findings are that it is still not effective in achieving the level of understanding of students and learning objectives. Not suitable for Islamic Fiqh learning materials related to skills aspects. The constraints that are felt are 1) The teacher has to give pause for each student to be able to access the material and give a response because student attendance is checked through the comments column, 2) The platform is frequently refreshed to load new material, 3) Requires sufficient internet connection. If the signal is difficult it results in a long loading time, 4) Teachers and students cannot meet face to face.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ariyati, E. (2018). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Biologi Menyusun RPP pada Praktik Microteaching. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 82-92.

Asril, Z. (2011). Micro Teaching: Disertai Dengan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.

El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183-191.

Gilarso, T. (1986). Program Pengalaman Lapangan. Yogyakarta: Andi Ofset.’

Hayumuti. (2020). Modul Microteaching 1. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Kunandar. (2011). Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, A., & Masjudin, M. (2018, March). Pengembangan buku ajar microteaching berbasis praktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (pp. 9-16).

Moeloeng, L. J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurwanto, N., & Alam, N. A. R. (2018). Pembelajaran Agama Islam Kontekstual dengan Photo Essays dalam Praktik Microteaching. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 19(2), 1-26.

Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasi Kompetensi. Jakarta: kencana.

Sadirman. A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, S. Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4.0. Jurnal Kreatif Online, 8(1).

Sunhaji. (2009). Strategi Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Suryana, E. (2018). Analisis Kinerja Mahasiswa Peserta Micro Teaching FITK UIN Raden Fatah Palembang (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam). Tadrib, 4(1), 120-137.

Usman, Uzer Muh. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zulkifli, Z. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 18-37.

Published
30-04-2021
How to Cite
Nur Khikmah, Lu’lu Naeli Lovia, Fatimatuz Zahro, & Firdhany Nur Azizah. (2021). Pemanfaatan Google Classroom dalam Praktik Microteaching Pembelajaran Fiqih MI bagi Mahasiswa PGMI UIN Walisongo Semarang . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 237-246. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.466
Section
Regular Articles