Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar terhadap Etika Berkomunikasi Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6471Keywords:
Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar, Etika KomunikasiAbstract
Komunikasi yang beretika mencerminkan kecerdasan sosial dan kedewasaan emosional mahasiswa dalam menyampaikan ide dan pendapatnya. Urgensi dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan prestasi belajar terhadap etika berkomunikasi mahasiswa jurusan fisika FTK UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan prestasi belajar terhadap etika berkomunikasi mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda dan uji paired samples t-test. Sampel penelitian berjumlah 5 mahasiswa aktif yang dipilih secara purposive, dan instrumen pengumpulan data berupa angket skala Likert serta dokumentasi nilai IPK. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R²) sebesar 0,948, yang berarti 94,8% variasi etika komunikasi dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional dan prestasi belajar secara simultan. Namun, hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,052 (> 0,05), sehingga model tidak signifikan secara statistik. Uji parsial juga menunjukkan bahwa baik kecerdasan emosional (Sig. 0,670) maupun prestasi belajar (Sig. 0,194) tidak berpengaruh signifikan terhadap etika komunikasi. Hasil uji paired t-test turut memperkuat temuan ini, di mana pasangan variabel X1-Y memiliki signifikansi 0,160 dan pasangan X2-Y sebesar 0,749, keduanya di atas ambang batas 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa meskipun secara simultan terdapat kontribusi yang tinggi terhadap etika komunikasi, secara statistik pengaruhnya belum signifikan akibat keterbatasan jumlah sampel. Temuan ini menunjukkan pentingnya perluasan jumlah responden dalam penelitian lanjutan agar pengaruh sebenarnya dari masing-masing variabel dapat terdeteksi secara valid dan akurat.
Downloads
References
Abidin, K., & Wandi, W. (2023). Etika Komunikasi antara Mahasiswa dan Dosen dalam Interaksi Akademik melalui Media Digital. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 47-61. https://doi.org/10.35326/medialog.v6i1.2672
Adelia, I., Lardiman, H., Ramadani, R., Novinovrita, N., & Angela, L. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Prestasi Belajar Dengan Etika Berkomunikasi Mahasiswa Iain Kerinci. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 1-6.
Alfatani, R. A. R. R. A., & Salsabila, N. N. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Etika dan Moral Murid di Era digital. Educouns Guidance: Journal of Educational and Counseling Guidance, 1(2), 36-41. https://doi.org/10.70079/egjecg.v1i2.48
Ariyani, E. D., & Hadiani, D. (2020). Keterampilan komunikasi interpersonal antar mahasiswa dan hubungannya dengan capaian prestasi akademik. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 141-149. https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.849
Azzahraa, H., Abdurrazaq, M. N., & Satria, A. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Etika Komunikasi Berdasarkan Alquran Pada Mahasiswa. Journal of Islamic Studies, 1(6), 725-735. https://doi.org/10.61341/jis/v2i3.058
Bedowi, T. (2020). Kecerdasan komunikasi spiritual dalam upaya membangun perdamaian dan toleransi beragama. El Madani: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 1(2), 105–122.
Farras, M. (2025). Pentingnya kecerdasan emosional dan komunikasi yang baik. Care Education: Journal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(x), 12–19.
Maharani, K. R., & Rusmawati, D. (2020). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal pada remaja siswa kelas X di SMAN 15 Semarang. Jurnal Empati, 9(4), 280-286. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28951
Muhmin, A. H. (2018, May). Pentingnya pengembangan soft skills mahasiswa di perguruan tinggi. In Forum Ilmiah (Vol. 15, No. 2, pp. 330-338).
Muslimah, M. (2017). Etika Komunikasi dalam Persfektif Islam. Sosial Budaya, 13(2), 115-125. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v13i2.3534
Nalia, S. T., Pratama, F. F., & Sasferi, N. (2024). Spiritual quotient: Pengaruhnya terhadap etika berkomunikasi mahasiswa. Jurnal MUDARRISUNA, 14(3), 398–408. https://doi.org/10.22373/jm.v14i3.22728
Nggewaka, A. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Etika Komunikasi Mahasiswa Di Universitas Musamus Merauke. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 4(2), 165-182.
Nurhayati, N., Nadhifa, P. M., Salabila, M., & Rahmadianti, R. (2024). Etika akademik dalam berkomunikasi antara mahasiswa dan dosen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 28927-28933.
Putri, K. D. Y. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Bidang Akuntansi dengan Penerapan Model Teams Games Tournament Kooperatif. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(3), 1137-1148. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.954
Rahman, R. (2024). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap partisipasi mahasiswa Universitas Hang Tuah Pekanbaru dalam kegiatan kampus. Sagara Komunika: Communication, 1(1), 27–32. https://doi.org/sagara/Vol1.Iss1.2024
Rahmatilah, M. I., Madawistama, S. T., & Kurniawan, D. (2024). Peningkatan higher order thinking skills (HOTS) melalui penguatan kecerdasan emosional siswa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK), 2(3), 232–241. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.473
Suryati, S., Assoburu, S., & Sartika, D. (2025). Self expression etika komunikasi di kalangan mahasiswa (Studi pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang). CONVERSE: Journal Communication Science, 1(3), 1–14. https://journal.pubmedia.id/index.php/CONVERSE
Thi Thuy An, L. S. M. (2024). Pentingnya soft skills bagi prestasi akademik dan pengembangan karir—Dari perspektif mahasiswa. Jurnal Internasional Pedagogi Teknik (iJEP), 14(3), 53–68. https://doi.org/10.3991/ijep.v14i3.45425
Wahib, A. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Intelectual, Emotional and Spiritual Quotient dalam Bingkai Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 479-494. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i2.4758.
Wartoyo, F. X. (2019). Etika komunikasi mahasiswa dan dosen dalam perspektif akademis Revolusi 4.0. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 3(1), 39-47. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2019.003.01.4
Waruwu, R., & Waruwu, Y. (2024). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Kritis Dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan dan Teknik, 1(3), 83-88. https://doi.org/10.70134/identik.v2i4.145
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurma Yuliana, Sabarudin Sabarudin, Iva Nandya Atika, Dinta Rahma Diya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.