Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar terhadap Etika Berkomunikasi Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga

Authors

  • Nurma Yuliana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sabarudin Sabarudin UIN Sunan Kalijaga
  • Iva Nandya Atika UIN Sunan Kalijaga
  • Dinta Rahma Diya UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6471

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar, Etika Komunikasi

Abstract

Komunikasi yang beretika mencerminkan kecerdasan sosial dan kedewasaan emosional mahasiswa dalam menyampaikan ide dan pendapatnya. Urgensi dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan prestasi belajar terhadap etika berkomunikasi mahasiswa jurusan fisika FTK UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan prestasi belajar terhadap etika berkomunikasi mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda dan uji paired samples t-test. Sampel penelitian berjumlah 5 mahasiswa aktif yang dipilih secara purposive, dan instrumen pengumpulan data berupa angket skala Likert serta dokumentasi nilai IPK. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R²) sebesar 0,948, yang berarti 94,8% variasi etika komunikasi dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional dan prestasi belajar secara simultan. Namun, hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,052 (> 0,05), sehingga model tidak signifikan secara statistik. Uji parsial juga menunjukkan bahwa baik kecerdasan emosional (Sig. 0,670) maupun prestasi belajar (Sig. 0,194) tidak berpengaruh signifikan terhadap etika komunikasi. Hasil uji paired t-test turut memperkuat temuan ini, di mana pasangan variabel X1-Y memiliki signifikansi 0,160 dan pasangan X2-Y sebesar 0,749, keduanya di atas ambang batas 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa meskipun secara simultan terdapat kontribusi yang tinggi terhadap etika komunikasi, secara statistik pengaruhnya belum signifikan akibat keterbatasan jumlah sampel. Temuan ini menunjukkan pentingnya perluasan jumlah responden dalam penelitian lanjutan agar pengaruh sebenarnya dari masing-masing variabel dapat terdeteksi secara valid dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, K., & Wandi, W. (2023). Etika Komunikasi antara Mahasiswa dan Dosen dalam Interaksi Akademik melalui Media Digital. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 47-61. https://doi.org/10.35326/medialog.v6i1.2672

Adelia, I., Lardiman, H., Ramadani, R., Novinovrita, N., & Angela, L. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Prestasi Belajar Dengan Etika Berkomunikasi Mahasiswa Iain Kerinci. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 1-6.

Alfatani, R. A. R. R. A., & Salsabila, N. N. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Etika dan Moral Murid di Era digital. Educouns Guidance: Journal of Educational and Counseling Guidance, 1(2), 36-41. https://doi.org/10.70079/egjecg.v1i2.48

Ariyani, E. D., & Hadiani, D. (2020). Keterampilan komunikasi interpersonal antar mahasiswa dan hubungannya dengan capaian prestasi akademik. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 141-149. https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.849

Azzahraa, H., Abdurrazaq, M. N., & Satria, A. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Etika Komunikasi Berdasarkan Alquran Pada Mahasiswa. Journal of Islamic Studies, 1(6), 725-735. https://doi.org/10.61341/jis/v2i3.058

Bedowi, T. (2020). Kecerdasan komunikasi spiritual dalam upaya membangun perdamaian dan toleransi beragama. El Madani: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 1(2), 105–122.

Farras, M. (2025). Pentingnya kecerdasan emosional dan komunikasi yang baik. Care Education: Journal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(x), 12–19.

Maharani, K. R., & Rusmawati, D. (2020). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal pada remaja siswa kelas X di SMAN 15 Semarang. Jurnal Empati, 9(4), 280-286. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28951

Muhmin, A. H. (2018, May). Pentingnya pengembangan soft skills mahasiswa di perguruan tinggi. In Forum Ilmiah (Vol. 15, No. 2, pp. 330-338).

Muslimah, M. (2017). Etika Komunikasi dalam Persfektif Islam. Sosial Budaya, 13(2), 115-125. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v13i2.3534

Nalia, S. T., Pratama, F. F., & Sasferi, N. (2024). Spiritual quotient: Pengaruhnya terhadap etika berkomunikasi mahasiswa. Jurnal MUDARRISUNA, 14(3), 398–408. https://doi.org/10.22373/jm.v14i3.22728

Nggewaka, A. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Etika Komunikasi Mahasiswa Di Universitas Musamus Merauke. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 4(2), 165-182.

Nurhayati, N., Nadhifa, P. M., Salabila, M., & Rahmadianti, R. (2024). Etika akademik dalam berkomunikasi antara mahasiswa dan dosen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 28927-28933.

Putri, K. D. Y. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Bidang Akuntansi dengan Penerapan Model Teams Games Tournament Kooperatif. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(3), 1137-1148. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.954

Rahman, R. (2024). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap partisipasi mahasiswa Universitas Hang Tuah Pekanbaru dalam kegiatan kampus. Sagara Komunika: Communication, 1(1), 27–32. https://doi.org/sagara/Vol1.Iss1.2024

Rahmatilah, M. I., Madawistama, S. T., & Kurniawan, D. (2024). Peningkatan higher order thinking skills (HOTS) melalui penguatan kecerdasan emosional siswa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK), 2(3), 232–241. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.473

Suryati, S., Assoburu, S., & Sartika, D. (2025). Self expression etika komunikasi di kalangan mahasiswa (Studi pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang). CONVERSE: Journal Communication Science, 1(3), 1–14. https://journal.pubmedia.id/index.php/CONVERSE

Thi Thuy An, L. S. M. (2024). Pentingnya soft skills bagi prestasi akademik dan pengembangan karir—Dari perspektif mahasiswa. Jurnal Internasional Pedagogi Teknik (iJEP), 14(3), 53–68. https://doi.org/10.3991/ijep.v14i3.45425

Wahib, A. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Intelectual, Emotional and Spiritual Quotient dalam Bingkai Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 479-494. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i2.4758.

Wartoyo, F. X. (2019). Etika komunikasi mahasiswa dan dosen dalam perspektif akademis Revolusi 4.0. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 3(1), 39-47. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2019.003.01.4

Waruwu, R., & Waruwu, Y. (2024). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Kritis Dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan dan Teknik, 1(3), 83-88. https://doi.org/10.70134/identik.v2i4.145

Published

2025-07-30

How to Cite

Yuliana, N., Sabarudin, S., Atika, I. N., & Diya, D. R. (2025). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar terhadap Etika Berkomunikasi Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1027–1037. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6471

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.