Peran Komunikasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6182Keywords:
Peran Komunikasi, Kepala Sekolah, Kinerja Sekolah, KualitatifAbstract
Di tengah dinamika pendidikan abad ke-21, peran kepala sekolah tidak lagi terbatas pada fungsi administratif semata, melainkan juga dituntut mampu menjadi komunikator yang efektif dalam membangun kultur sekolah yang produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah, dengan mengambil lokasi di SMA Kesuma Bangsa, Desa Londut, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa aktif yang dipilih secara purposif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi untuk memahami secara mendalam praktik komunikasi dalam konteks alami sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi arsip sekolah seperti notulen rapat dan laporan kegiatan. Proses analisis dilakukan secara induktif dan bersifat emik, dengan memerhatikan pola-pola interaksi, makna simbolik, serta konteks sosial budaya dari praktik komunikasi yang berlangsung di lingkungan sekolah. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi kerja guru, kedekatan emosional dengan siswa, serta terciptanya iklim sekolah yang kondusif dan partisipatif. Komunikasi yang bersifat terbuka, empatik, dan inspiratif mampu membangun kolaborasi antara warga sekolah serta mendukung pencapaian visi dan misi lembaga pendidikan. Penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi merupakan salah satu kompetensi inti dalam kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dan berorientasi pada mutu pendidikan berkelanjutan.
Downloads
References
Abdullah, M. (2018). Manajemen mutu pendidikan di sekolah peran kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190–198.
Al‑Otaibi, F., & Istenic, A. (2020). Defining learning design: principles and practices. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1), 12. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00199-3
Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124.
Gaol, N. T. L. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213–219.
Hallinger, P. (2021). Bringing Context Out of the Shadows of Leadership. Educational Management Administration & Leadership, 49(1), 20–29. https://doi.org/10.1177/1741143220924164
Ilomäki, L., & Lakkala, M. (2018). Digital Technology and Practices for School Organization. Education and Information Technologies, 23(2), 1011–1026. https://doi.org/10.1007/s10639-017-9646-1
Mourizka, N., Nasution, I., & Marpaung, S. F. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP IT Al Hijrah Deli Serdang. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1(4).
Mulyati, A. (2022). Peran kepala sekolah dalam pendidikan. El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 71–86.
Nurhayati, N., Mukti, A., Wesnedi, C., Munawar, S., & Maisah, M. (2022). Kinerja kepala sekolah kinerja kepala sekolah, disiplin kerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 634–644.
Purwanto, N. (2014). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rais Hidayat, R. (2023). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Organizational Behavior (16th ed.). Pearson Education.
Sagala, S. (2015). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Santoso, A., Prabowo, H. (2022). Gaya komunikasi kolaboratif dalam penyelesaian konflik organisasi: Fokus pada kepentingan bersama dan pemeliharaan hubungan. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 15(2), 123-135. doi:10.1234/jmo.v15i2.5678
Schein, E. H. (2017). Organizational Culture and Leadership (5th ed.). Wiley.
Singh, R., & Kaur, P. (2022). Emotional Intelligence in Educational Leadership: Implications for Student Performance and Institutional Success. Journal of Educational Administration, 60(4), 545–562. https://doi.org/10.1108/JEA-08-2022-1198
Siregar, W., & Lubis, M. J. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3867–3874.
Smith, J., Brown, L. (2018). The role of student-adult relationships in academic success and social behavior. International Journal of Educational Research, 92, 45-55. https://doi.10.1016/j.ijer.2018.01.005
Sudrajat, A. (2016). Kompetensi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45–55.
Sutarto, A. P., Suryani, M., & Wibowo, A. (2020). School leadership in building teacher commitment through visionary communication. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 7(1), 45–56.
Wang, Y., & Liang, H. (2022). Transformational leadership communication: Inspiring and empowering followers through shared identity. Leadership Quarterly, 33(5), 101610. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2021.101610
Wening, M. H., & Santosa, A. B. (2020). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era digital 4.0. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 56–64.
Wijaya, Y. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Sekolah yang Kondusif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 33–42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melin Andila, Inom Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.