Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah (Studi Multi Kasus di SDN 1 Pasar Baru dan SDN 2 Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu)
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5356Keywords:
Studi Multi Kasus, Supervisi, Tindak Lanjut, Kepala Sekolah, Sekolah DasarAbstract
Kepala sekolah memiliki tugas sebagai supervisor yaitu kepala sekolah harus melakukan pembinaan secara berkelanjutan, melakukan pengembangan kemampuan personil, melakukan perbaikan situasi pembelajaran dengan tujuan akhir mencapai tujuan pendidikan dan pertumbuhan para peserta didik. Kepala sekolah memiliki tugas serta tanggung jawab untuk memajukan pengajaran melalui peningkatan profesi pendidik secara terus-menerus. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis secara mendalam mengenai bagaimana penerapan prinsip-prinsip supervisi pada pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SDN 1 Pasar Baru dan SDN 2 Pasar Baru di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dimulai dengan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi yang dijalankan menerapkan prinsip-prinsip supervisi melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Adapun prinsip-prinsip supervisi yang diterapkan adalah sebagai berikut: ilmiah (scientific), demokratis, kerjasama, konstruktif dan kreatif. Penerapan prinsip ilmiah pada pelaksanaannya yaitu menyusun perencanaan program supervisi dengan menetapkan jadwal pelaksanaan, menggunakan data secara objektif dari hasil analisis pelaksanaan supervisi sebelumnya dan menggunakan alat instrumen. Pada penerapan prinsip demokratis dan kerjasama yaitu saling berdiskusi dengan melibatkan guru dalam proses pelaksanaannya, sehingga guru dapat leluasa memberikan ide-ide dan gagasan barunya. Demikian pada penerapan prinsip konstruktif dan kreatif, memiliki kesamaan dalam membina inisiatif dan mengembangkan potensi guru melalui forum diskusi. Berdasarkan hasil temuan penelitian disarankan agar kepala sekolah rutin melakukan supervisi terhadap guru. Guru agar siap dan bersedia disupervisi. Untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian yang mendalam terkait aspek lain dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah.
Downloads
References
Anissyahmai, A., Rohiat, R., & Juarsa, O. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(1). https://doi.org/10.33369/mapen.v11i1.3201
Anissyahmai. (2016). Supervisi akademik kepala sekolah. Manajer Pendidikan, 10(3), 314-321. https://doi.org/10.33369/mapen.v10i3.1274
Arifin, J. (2022). Implementasi Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Kompetensi Profesional Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3850-3857. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.918
Arifin, M. (2018). Enhancing teacher engagement through participative supervision. Asian Journal of Educational Research, 24(3), 90-102. https://doi.org/10.1080/ajeduc.2018.v24.90
Aslamiah. (2018). The role of school principals in improving teacher professionalism through supervision. Journal of Educational Development, 6(2), 47-62. https://doi.org/10.17509/edudev.v6i2.12345
Djuhartono, T., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru kejuruan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 101-115. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147
Fadli, M., & Hartati, S. (2021). Coaching practices in teacher professional development. Journal of Educational Leadership, 4(1), 56-78. https://doi.org/10.33476/jel.v4n1.34560
Fitri, Y., & Kurniawan, R. (2020). The impact of systematic supervision on teaching behaviors. Journal of Teacher Practices, 11(2), 210-222. https://doi.org/10.32521/jtp.v11i2.15432
Hadi, I. K. (2024). Academic supervision as a tool for teacher development in primary schools. International Journal of Educational Research, 32(1), 15-30. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2023.02.003
Hasanah, R., & Wijaya, S. (2023). Constructivist-based supervision for innovative learning. International Journal of Educational Review, 8(2), 45-60. https://doi.org/10.29103/ijer.v8n2.40781
Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106-114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158
Mahfud, M., & Amalia, N. (2023). Positive feedback and its impact on teacher motivation. Education Leadership Journal, 7(3), 23-35. https://doi.org/10.31781/edu-lead.2023.v7n3.11092
Nurpuspitasari, D., Sumardi, S., Hidayat, R., & Harijanto, S. (2019). Efektivitas pembelajaran ditinjau dari supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 762-769. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.962
Nursidah, N., Yunus, M., & Elpisah, E. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 38-44. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p38-44
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106-113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Rachmawati, R. (2016). Academic supervision and its impact on teachers' professionalism: Case study in Indonesia. Journal of Educational Supervision, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.11570/jes.v4i1.10001
Risnawati. (2016). The principles of supervision in educational management: A review. Educational Insights Journal, 8(3), 221-235. https://doi.org/10.1016/edujournal.2016.07.011
Safitri, A., & Mujiati, M. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(1). https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i1.2215
Sahabuddin, S., & Nuraini, N. (2022). The role of democratic supervision in boosting teacher confidence. Management of School Practices Journal, 5(3), 56-70. https://doi.org/10.24252/jmsp.v5n3.20034
Sari, D., & Wibowo, T. (2021). Evidence-based supervision: Challenges and opportunities. Journal of Academic Leadership, 9(3), 102-120. https://doi.org/10.17509/jal.v9i3.11321
Suchyadi, Y., Mirawati, M., Anjaswuri, F., & Destiana, D. (2022). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 067-074. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.6155
Suwartini, H. (2017). School leadership and supervision for improving teacher performance. Asian Journal of Educational Leadership, 5(4), 87-98. https://doi.org/10.1186/ajel.v5.87
Yusuf, M., Abdullah, J., & Hasan, M. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah SMA Negeri Di Kota Ternate. EDUKASI, 20(1), 126-131. https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i1.4485
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.