Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah (Studi Multi Kasus di SDN 1 Pasar Baru dan SDN 2 Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu)

Authors

  • Apriliawati Apriliawati Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Aslamiah Aslamiah Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Sulaiman Sulaiman Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5356

Keywords:

Studi Multi Kasus, Supervisi, Tindak Lanjut, Kepala Sekolah, Sekolah Dasar

Abstract

Kepala sekolah memiliki tugas sebagai supervisor yaitu kepala sekolah harus melakukan pembinaan secara berkelanjutan, melakukan pengembangan kemampuan personil, melakukan perbaikan situasi pembelajaran dengan tujuan akhir mencapai tujuan pendidikan dan pertumbuhan para peserta didik. Kepala sekolah memiliki tugas serta tanggung jawab untuk memajukan pengajaran melalui peningkatan profesi pendidik secara terus-menerus. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis secara mendalam mengenai bagaimana penerapan prinsip-prinsip supervisi pada pelaksanaan supervisi kepala sekolah di SDN 1 Pasar Baru dan SDN 2 Pasar Baru di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dimulai dengan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi yang dijalankan menerapkan prinsip-prinsip supervisi melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Adapun prinsip-prinsip supervisi yang diterapkan adalah sebagai berikut: ilmiah (scientific), demokratis, kerjasama, konstruktif dan kreatif. Penerapan prinsip ilmiah pada pelaksanaannya yaitu menyusun perencanaan program supervisi dengan menetapkan jadwal pelaksanaan, menggunakan data secara objektif dari hasil analisis pelaksanaan supervisi sebelumnya dan menggunakan alat instrumen. Pada penerapan prinsip demokratis dan kerjasama yaitu saling berdiskusi dengan melibatkan guru dalam proses pelaksanaannya, sehingga guru dapat leluasa memberikan ide-ide dan gagasan barunya. Demikian pada penerapan prinsip konstruktif dan kreatif, memiliki kesamaan dalam membina inisiatif dan mengembangkan potensi guru melalui forum diskusi. Berdasarkan hasil temuan penelitian disarankan agar kepala sekolah rutin melakukan supervisi terhadap guru. Guru agar siap dan bersedia disupervisi. Untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian yang mendalam terkait aspek lain dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anissyahmai, A., Rohiat, R., & Juarsa, O. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(1). https://doi.org/10.33369/mapen.v11i1.3201

Anissyahmai. (2016). Supervisi akademik kepala sekolah. Manajer Pendidikan, 10(3), 314-321. https://doi.org/10.33369/mapen.v10i3.1274

Arifin, J. (2022). Implementasi Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Kompetensi Profesional Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3850-3857. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.918

Arifin, M. (2018). Enhancing teacher engagement through participative supervision. Asian Journal of Educational Research, 24(3), 90-102. https://doi.org/10.1080/ajeduc.2018.v24.90

Aslamiah. (2018). The role of school principals in improving teacher professionalism through supervision. Journal of Educational Development, 6(2), 47-62. https://doi.org/10.17509/edudev.v6i2.12345

Djuhartono, T., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru kejuruan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 101-115. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147

Fadli, M., & Hartati, S. (2021). Coaching practices in teacher professional development. Journal of Educational Leadership, 4(1), 56-78. https://doi.org/10.33476/jel.v4n1.34560

Fitri, Y., & Kurniawan, R. (2020). The impact of systematic supervision on teaching behaviors. Journal of Teacher Practices, 11(2), 210-222. https://doi.org/10.32521/jtp.v11i2.15432

Hadi, I. K. (2024). Academic supervision as a tool for teacher development in primary schools. International Journal of Educational Research, 32(1), 15-30. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2023.02.003

Hasanah, R., & Wijaya, S. (2023). Constructivist-based supervision for innovative learning. International Journal of Educational Review, 8(2), 45-60. https://doi.org/10.29103/ijer.v8n2.40781

Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106-114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158

Mahfud, M., & Amalia, N. (2023). Positive feedback and its impact on teacher motivation. Education Leadership Journal, 7(3), 23-35. https://doi.org/10.31781/edu-lead.2023.v7n3.11092

Nurpuspitasari, D., Sumardi, S., Hidayat, R., & Harijanto, S. (2019). Efektivitas pembelajaran ditinjau dari supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 762-769. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.962

Nursidah, N., Yunus, M., & Elpisah, E. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 38-44. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p38-44

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106-113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Rachmawati, R. (2016). Academic supervision and its impact on teachers' professionalism: Case study in Indonesia. Journal of Educational Supervision, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.11570/jes.v4i1.10001

Risnawati. (2016). The principles of supervision in educational management: A review. Educational Insights Journal, 8(3), 221-235. https://doi.org/10.1016/edujournal.2016.07.011

Safitri, A., & Mujiati, M. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(1). https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i1.2215

Sahabuddin, S., & Nuraini, N. (2022). The role of democratic supervision in boosting teacher confidence. Management of School Practices Journal, 5(3), 56-70. https://doi.org/10.24252/jmsp.v5n3.20034

Sari, D., & Wibowo, T. (2021). Evidence-based supervision: Challenges and opportunities. Journal of Academic Leadership, 9(3), 102-120. https://doi.org/10.17509/jal.v9i3.11321

Suchyadi, Y., Mirawati, M., Anjaswuri, F., & Destiana, D. (2022). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 067-074. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.6155

Suwartini, H. (2017). School leadership and supervision for improving teacher performance. Asian Journal of Educational Leadership, 5(4), 87-98. https://doi.org/10.1186/ajel.v5.87

Yusuf, M., Abdullah, J., & Hasan, M. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah SMA Negeri Di Kota Ternate. EDUKASI, 20(1), 126-131. https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i1.4485

Published

2025-03-02

How to Cite

Apriliawati, A., Aslamiah, A., & Sulaiman, S. (2025). Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah (Studi Multi Kasus di SDN 1 Pasar Baru dan SDN 2 Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 138–155. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5356

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.