Pengaruh Antara Kinerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru di SDN Sukasari Cileunyi Bandung

Authors

  • Rahayu Kariandinata UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Agus Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ujang Koswara SDN Sukasari Cileunyi
  • Wisnu Hambali Hidayat SDN Sukasari Cileunyi
  • Ayub Suganda UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6507

Keywords:

Pengaruh, Kinerja, Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kompetensi Guru

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kinerja kepala sekolah dan gaya kepemimpinan berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi guru, yang merupakan faktor penting dalam menunjang kualitas pendidikan. Kepala sekolah tidak hanya berperan sebagai administrator, tetapi juga sebagai pemimpin yang mendorong pengembangan profesional guru. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukasari, Cileunyi, Bandung dengan pendekatan kuantitatif dan melibatkan tiga puluh guru sebagai sampel. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan pengujian asumsi normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah memiliki koefisien regresi sebesar nol koma seratus tiga puluh dengan nilai signifikansi nol koma lima dua empat, sementara gaya kepemimpinan memiliki koefisien nol koma dua satu empat dengan signifikansi nol koma satu delapan lima. Keduanya tidak signifikan secara statistik karena nilai signifikansi lebih besar dari nol koma nol lima. Uji simultan juga menunjukkan tidak adanya pengaruh signifikan secara bersama-sama. Nilai koefisien determinasi sebesar nol koma satu satu delapan menunjukkan bahwa pengaruh kedua variabel hanya sebelas koma delapan persen terhadap kompetensi guru, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Meskipun hasilnya tidak signifikan, arah hubungan yang positif menunjukkan bahwa peran kepala sekolah tetap penting. Oleh karena itu, perlu perhatian lebih lanjut terhadap kinerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah, serta eksplorasi faktor-faktor lain yang lebih dominan dalam mempengaruhi kompetensi guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, A. (2017). Penilaian kinerja kepala sekolah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 12-19. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.152

Anggal, N. (2018). Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 2 Samarinda. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 1-12.

Cahyani, R. M., Wahyudi, M. D., & Dharma, H. (2021). Pencapaian Kinerja Kepala Sekolah Dengan Menggunakananalisis Swot Untuk Pengembangan Sekolah Sd Negeri 058115 Kwala Sawit Kecamatan Batang Serangankabupaten Langkat. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(1), 16-22. https://doi.org/10.37755/jsap.v10i1.375

Darmawan, A. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 244-256. https://doi.org/10.33753/mandiri.v3i2.85

Ekada, A., Mirfani, A. M., & Sutarsih, C. (2016). Kontribusi kualitas kehidupan kerja, motivasi berprestasi kepala sekolah dan kinerja kepala sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2).https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5641

Gaol, N. T. L. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213-219. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p213-219

Hanifah, N. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 21(2), 111837. https://doi.org/10.17977/jip.v21i2.8373

Iskandar, W., Yusuf, M., & Annisa, A. (2019). Prototipe supervisi pendidikan dan kinerja kepala sekolah/madrasah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 163-180. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6195

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134-137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12 Karyati, R. (2020). Monitoring dan evaluasi supervisi akademik sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah binaan kepengawasan Kota Malang. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(3).

Liskayani, L., Kristiawan, M., & Tobari, T. (2019). Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Air Kumbang Berdasarkan Beban Kerja Sesuai dengan Peraturan Pemerintah. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 171-190. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.13261

Lubis, Z. (2022). Upaya pengawas sekolah untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan administrasi sekolah melalui supervisi manajerial di 3 SMA binaan kota Medan tahun pelajaran 2021/2022. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 30-39. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i2.518

Maisaroh, M., & Muthi, I. (2023). Hubungan Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kecerdasan Emosional Dengan Kinerja Kepala Sekolah Dasar Di Kota Bekasi. Kinerja: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 134-152. https://doi.org/10.33558/kinerja.v1i2.7941

Mere, K. (2021). Dampak penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah terhadap kinerja kepala sekolah. Jurnal Basicedu, 5(5), 4306-4313.. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1444

Nadia, Y., Sulaiman, S., & Yamin, M. (2023). Persepsi Guru Terhadap Kinerja Kepala Sekolah di SD Negeri 71 Banda Aceh. Elementary Education Research, 8(2). https://doi.org/10.24815/primary.v8i2.23028

Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78-86. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v5i2.473

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 7-14. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Rahayuningsih, T., Setyaningsih, S., & Sunardi, O. (2023). Pengaruh supervisi pengawas dan kepuasan kerja terhadap peningkatan kinerja Kepala Sekolah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.75723

Rosita, R., & Iskandar, S. (2022). Gaya kepemimpinan kepala sekolah di era digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6005-6011. 10.31004/basicedu.v6i4.3127

Sudharta, V. A., Mujiati, M., Rosidah, A., & Gunawan, I. (2017). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam perspektif psikologi. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 1(3), 208-2

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh rasa percaya diri dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157-179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557

Yuliana, E. Y., & Brata, Y. R. (2019). Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan pada Sekolah Dasar Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 41-47.

Published

2025-08-01

How to Cite

Kariandinata, R., Hidayat, A., Koswara, U., Hidayat, W. H., & Suganda, A. (2025). Pengaruh Antara Kinerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru di SDN Sukasari Cileunyi Bandung. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1086–1100. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6507

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.