Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Kelas X SMAN 6 Surabaya dalam Pembelajaran PJOK dengan Menerapkan Permainan Bola Beracun di Awal Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5850Keywords:
Motivasi Belajar, Pembelajaran PJOK, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK dapat berdampak serius pada keterlibatan aktif siswa, pencapaian tujuan pembelajaran, serta perkembangan kompetensi jasmani secara optimal. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya partisipasi aktif dan motivasi peserta didik kelas X SMAN 6 Surabaya dalam proses pembelajaran PJOK. Salah satu faktor penyebab utama adalah jadwal pembelajaran yang berlangsung pada jam ke-5 dan ke-6, di mana kondisi lapangan cukup panas dan tidak kondusif untuk kegiatan fisik.Penelitian dilaksanakan karena kurang aktifnya atau kurangnya motivasi peserta didik kelas X SMAN 6 Surabaya pada proses pembelajaran PJOK karena beberapa faktor Faktor tersebut salah satunya ialah dimana peserta didik kelas X pada saat mengikuti pempelajaran pada jam 5-6 hal tersebut pada saat kondisi lapangan yang cukup panas saat melaksanakan pembelajaran. Jenis pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah upaya memperoleh informasi maupun data mengenai perkembangan motivasi belajar kelas X dengan mempratikkan permainan bola beracun disaat awal pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan pengisian angket motivasi, serta wawancara. Kemudian setelah mendapatkan data tersebut peneliti menganalisis dengan prosentase secara kuantitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh peneliti di siklus 1 dan 2 mendapatkan hasil yang diharapkan dimana adanya peningkatan motivasi peserta didik yang signifikan. Pada siklus 1 hasil angket mendapatkan rata-rata prosentase sebesar 42,44% dalam kategori kurang motivasi sementara pada siklus 2 hasil angket mendapatkan rata-rata prosentase sebesar 80,90% termasuk dalam kategori motivasi tinggi.
Downloads
References
Ali, A., Venica, S. D., Aini, W., & Hidayat, A. F. (2025). Efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.62386/jised.v3i1.115
Amiruddin, M. I., Wijaya, A., & Suparno, A. (2024). Penerapan permainan bola beracun pada awal pembelajaran PJOK untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX di SMPN 13 Surabaya. Journal of Creative Student Research, 2(5), 125-134. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i5.4302
Dinarta, B. M. (2021). Penggunaan modifikasi permainan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas 10 pada mata pelajaran PJOK di SMK Negeri 1 Jember. Jurnal Buana Pedagogi Olahraga, 1(1), 33-43. https://doi.org/10.36456/jbpo.v1i1.5195
Gupita, E. C., & Wibowo, A. T. (2021). Upaya meningkatkan motivasi siswa belajar olahraga lempar lembing dengan media lempar rocket di sekolah dasar negeri 01 buay runjung. Jurnal Olympia, 3(1), 9-17. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v3i1.1400
Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62-70. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091
Maria, U., & Yolanda, F. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Universitas Indraprasta PGRI, 1(1), 181-188.
Musiandi, T., & Taroreh, B. S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Atletik Melalui Pendekatan Permainan Tradisional Sumatera Selatan. Jurnal Olympia, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v2i1.885.
Nahar, A. W., & Taroreh, B. S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Lari Melalui Media Flash Card di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Olympia, 2(2), 34-41. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v2i2.1266
Nuraini, S., Arum, W. S. A., Rihatno, T., Zakaria, M. I., Saleh, M. R., Laksono, A. T., ... & Marini, A. (2025). KKN-PkM Berdampak: Transformasi Pembelajaran SD melalui Game-Based Learning. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 610-619. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v9i1.5158
Nurhadi, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Beracun dalam Meningkatkan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (JIKK), 5(2).
Nurhaliza, A., Firdausi, L. A., Putri, H. S. M., Sholihah, U. D., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis Kegiatan Coping Stress Siswa SD Melalui Praktik Ice Breaking. Tunas Nusantara, 6(1), 701-707. https://doi.org/10.34001/jtn.v6i1.6190
Panjaitan, K., & Fardana, N. (2023). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui pendekatan permainan dalam pembelajaran penjas. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(1), 54-61.
Prawesthi, K. P. W., Andrijanto, D., & Sandiko, S. (2024). Penerapan Permainan Kecil (Percil) Bola Beracun Menggunakan Modifikasi Bola Spons Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Passing Bawah Permainan Bola Voli. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 3059-3066.
Putra, I. (2021). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Putra, I. M., Wulandari, T., Al-Ihsan, M. I., & Prasetyo, O. D. (2024). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMPN 7 Muara Bungo. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 8(1), 159-168. https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10218
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61(xxxx), 101860. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860
Saputra, M. H. P., Dinata, V. C., & Widodo, A. P. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Permainan Bola Beracun Pada Materi Aktivitas Pola Gerak Dasar Permainan Invasi Bola Tangan Di Kelas IV. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 2696-2703.
Subrata, I. P. N. N. (2023). Dukungan orangtua dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 7-15. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.56214
Supriadi, A., Mesnan, M., Akhmad, I., Dewi, R., & Suprayitno, S. (2022). The Effect of Learning Manipulative Skills Using Ball Thrower Learning Media on the Ability to Throw and Catch the Ball in Elementary School Students. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(3), 590–603. https://doi.org/10.46328/ijemst.2441
Suroso, E. (2020). Model Pembelajaran Penjas Menggunakan Permainan untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Indonesia (JIPJI), 3(2).
Taroreh, B. S., & Satria, M. H. (2020). Implementasi Permainan CBA pada Pembelajaran Atletik sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional di Sumatera Selatan. Jurnal Curere, 4(1). https://doi.org/10.36764/jc.v4i1.348.
Verawati, I., Dewi, R., & Ritonga, D. A. (2021). Development of Modification of Big Ball Game with Play Approach in Order to Develop Basic Movement Skills in Elementary School Students. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3186–3192. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.2051
Yuda, E. K., Hendrayana, A., & Rosmilawati, I. (2025). Pembelajaran team games tournament menggunakan permainan tradisional gatrik untuk meningkatkan profil gotong royong dan koneksi matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 8(4), 383-404. https://doi.org/10.22460/jpmi.v8i4.27390
Zych, I., Ortega-Ruiz, R., & Del Rey, R. (2021). Systematic review of theoretical studies on bullying and cyberbullying: Facts, knowledge, prevention, and intervention. Aggression and Violent Behavior, 23, 1–21. https://doi.org/10.1016/j.avb.2015.10.001.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rohmad Ramadhani, Nararia Kirana Bhakti, Vidya Kharisma Putri, Senoaji Moh Adyatma, Nanda Bagas Qohhar Muhammad, Teguh Sholikin, Luqmanul Hakim, Tanu Ariyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.