Pengaruh Bahan Ajar Konsep Dasar Matematika Berbasis Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Sikap Religius
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui karakteristik bahan ajar konsep dasar matematika berbasis internalisasi nilai-nilai Islam, dan 2) untuk meningkatkan sikap religius mahasiswa melalui perkuliahan menggunakan bahan ajar konsep dasar matematika berbasis internalisasi nilai-nilai Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes yang berupa angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis kevalidan bahan ajar, analisis kepraktisan bahan ajar, analisis keefektifan bahan ajar, statistik deskriptif, dan uji normalisasi Gain. Pembelajaran menggunakan bahan ajar konsep dasar matematika berbasis internalisasi nilai-nilai Islam dapat meningkatkan sikap religius mahasiswa ditunjukkan dari hasil angket awal yang diberikan pada rata-rata skor 70,22% sedangkan pada angket akhir yang diberikan mencapai rata-rata skor 87,32%. Terjadi peningkatan sebesar 0,58 pada kategori sedang berdasar uji gain ternormalisasi. Dari hasil penelitian diharapkan sikap religius yang sudah ada lebih dieksplorasi melalui pembelajaran dan pembiasaan. Karena Dosen hanya sebagai fasilitator, tentunya dalam meningkatkan sikap religius tidak teacher centered, namun sudah harus student centered.
Downloads
References
Abdussakir, A. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Analogi. Disajikan pada Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami (SiManis) 2017, 6 Mei 2017, Jurusan Matematika FST UIN Maulana Malik Ibrahin Malang.
Asysyifa, D. S., Sopyan, A., & Masturi, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komplementasi Ayat-Ayat Sains Quran Pada Pokok Bahasan Sistem Tata Surya. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(1), 44-54.
Hanif, H., Ibrohim, I., & Rohman, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2163-2171.
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Naim, N. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Ar-ruzz media: Yogyakarta
Nihayati, N. (2017). Integrasi Nilai-nilai Islam dengan materi Himpunan (kajian terhadap Ayat-Ayat Al Qur’an). Jurnal Edumath, 3(1), 65-77.
Samsudi, S. (2006). Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press
Sani, R. A. & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara: Jakarta
Ulia, N. (2018). Efektivitas Colaborative Learning Berbantuan Media Short Card Berbasis IT Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 1-11. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.3.2.1-11
Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175-190. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890
Winarsih, I., Utomo, C. B., & Ahmad, T. A. (2017). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of History Education, 5(2).
Yuliarto, A. S. (2013). Upaya Menumbuhkan Sikap Religius melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI AK 2 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, FKIP UMK).
Copyright (c) 2020 Nuhyal Ulia, Yunita Sari, Mohamad Hariyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.