Pengaruh Bahan Ajar Konsep Dasar Matematika Berbasis Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Sikap Religius

  • Nuhyal Ulia Universitas Islam Sultan Agung
  • Yunita Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
  • Mohamad Hariyono Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka, Indonesia
Keywords: Bahan ajar konsep dasar matematika SD, Internalisasi nilai-nilai Islam, Sikap Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui karakteristik bahan ajar konsep dasar matematika berbasis internalisasi nilai-nilai Islam, dan 2) untuk meningkatkan sikap religius mahasiswa melalui perkuliahan menggunakan bahan ajar konsep dasar matematika berbasis internalisasi nilai-nilai Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes yang berupa angket.  Analisis data yang digunakan meliputi analisis kevalidan bahan ajar, analisis kepraktisan bahan ajar, analisis keefektifan bahan ajar, statistik deskriptif, dan uji normalisasi Gain. Pembelajaran menggunakan bahan ajar konsep dasar matematika berbasis internalisasi nilai-nilai Islam dapat meningkatkan sikap religius mahasiswa ditunjukkan dari hasil angket awal yang diberikan pada rata-rata skor 70,22% sedangkan pada angket akhir yang diberikan mencapai rata-rata skor 87,32%. Terjadi peningkatan sebesar 0,58 pada kategori sedang berdasar uji gain ternormalisasi. Dari hasil penelitian diharapkan sikap religius yang sudah ada lebih dieksplorasi melalui pembelajaran dan pembiasaan. Karena Dosen hanya sebagai fasilitator, tentunya dalam meningkatkan sikap religius tidak teacher centered, namun sudah harus student centered.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdussakir, A. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Analogi. Disajikan pada Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami (SiManis) 2017, 6 Mei 2017, Jurusan Matematika FST UIN Maulana Malik Ibrahin Malang.

Asysyifa, D. S., Sopyan, A., & Masturi, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komplementasi Ayat-Ayat Sains Quran Pada Pokok Bahasan Sistem Tata Surya. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(1), 44-54.

Hanif, H., Ibrohim, I., & Rohman, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2163-2171.

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-8.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Naim, N. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Ar-ruzz media: Yogyakarta

Nihayati, N. (2017). Integrasi Nilai-nilai Islam dengan materi Himpunan (kajian terhadap Ayat-Ayat Al Qur’an). Jurnal Edumath, 3(1), 65-77.

Samsudi, S. (2006). Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Sani, R. A. & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara: Jakarta

Ulia, N. (2018). Efektivitas Colaborative Learning Berbantuan Media Short Card Berbasis IT Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 1-11.

Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175-190.

Winarsih, I., Utomo, C. B., & Ahmad, T. A. (2017). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of History Education, 5(2).

Yuliarto, A. S. (2013). Upaya Menumbuhkan Sikap Religius melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI AK 2 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, FKIP UMK).

Published
22-02-2020
How to Cite
Ulia, N., Sari, Y., & Hariyono, M. (2020). Pengaruh Bahan Ajar Konsep Dasar Matematika Berbasis Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Sikap Religius. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.154
Section
Regular Articles