Analisis Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19

  • Kurratul Aini STKIP PGRI SUMENEP
Keywords: Proses Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan mendeskripsikan proses pembelajaran dalam jaringan (daring) pada masa pandemi covid-19. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumenep Tahun Akademik 2020-2021. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Angket kuisioner dan wawancara digunakan dalam pengumpulan data. Angket berupa lima pertanyaan terbuka yang memungkinkan mahasiswa atau responden untuk memberikan jawaban secara bebas namun tetap berorientasi pada fokus penelitian. Wawancara semi terstruktur digunakan agar memungkinkan dilakukan pengembangan dari jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring terdiri dari berbagai kegiatan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Terdapat berbagai faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat pembelajaran daring. Faktor utama yang mendukung adalah gawai dan kuota internet untuk membantu mahasiswa mengikuti pembelajaran daring dengan baik. Selain sebagai faktor pendukung, jaringan internet juga merupakan faktor penghambat utama apabila jaringan yang digunakan tidak stabil atau kuota internet tidak cukup untuk mengikuti proses pembelajaran daring. Hal ini juga berkaitan dengan faktor ekonomi karena tidak bisa dipungkiri proses pembelajaran daring lebih banyak menghabiskan kuota internet. Selain itu, kesiapan mahasiswa dan dosen untuk beradaptasi dalam proses pembelajaran daring juga menjadi faktor penghambat mengingat sebelumnya perkuliahan selalu dilakukan dengan tatap muka atau offline

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aini, K., Hobri, Prihandoko, A. C., Yuniar, D., Faozi, A. K. A., & Asmoni. (2020). The students’ mathematical communication skill on caring community-based learning cycle 5E. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012075

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Pnelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1–2), 91–96. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Sinapoy, M. S., Djalante, S., Rafliana, I., Gunawan, L. A., Surtiari, G. A. K., & Warsilah, H. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 6, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091

Faozi, A. K. A., Hobri, Fatekurohman, M., Aini, K., & Yuniar, D. (2020). Student’s problem solving abilities in Project Based Learning (PjBL) based on Learning Community (LC). Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012070

Hasana, S. N., & Hidayatulloh. (2020). Preferensi Media Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Prestasi Belajar. Senandika, 191–197.

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. 05(01), 533–541.

Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, 179, A1–A2. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001

Loviana, S., & Waskita, N. B. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika IAIN Metro Lampung. Epsilon, 2(1), 61–70.

Masahere, U. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa. Aksara Public, 4(4), 83–94.

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193

Permata, J. I., & Yohanes, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP Maniamas Ngabang. 2(1), 10–22.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(6), 687. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Wahyuni, R., & Nurhayati. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 76–81.

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: Pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1–4. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020

Published
22-04-2021
How to Cite
Aini, K. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 218-228. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.585
Section
Regular Articles