Semangat Mengajar Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Nurul Islam Sekarbela
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan semangat mengajar guru MA Nurul Islam Sekarbela, Kota Mataram Provinsi NTB pada masa Pandemi Covid 19 dengan berbagi macam jenis variabel yaitu jenis kelamin, masa kerja, dan status sertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah 33 orang guru di MA Nurul Islam Sekarbela, Kota Mataram Provinsi NTB. Sampel ditentukan sebanyak 32 orang dengan teknik random sampling. Data semangat guru dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara online menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan semangat mengajar guru MA Nurul Islam Sekarbela, Mataram Provinsi NTB dalam mengajar pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan variabel jenis kelamin, masa kerja dan status sertifikasi
Downloads
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 7(5). 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Cahyani, A, Listiana, D, Larasati, S. (2020). Motivasi belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). 122-140.
Darmawan. (2013). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya: Pena Semesta.
Eliyanto, & Wibowo, U. B. (2013). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1 (1). 34-47. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2321
Firdaus, D. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalitas Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2. Jurnal Didaktika Religia, 2(2). 159-182. https://doi.org/10.30762/didaktika.v2i2.147.
Hatifah, R. D. (2015). Pengaruh Relasi Gender dan Pengambilan Keputusan terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP Negeri) di Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2).1097-1105. https://doi.org/10.21009/jmp.06201.
Hendrajana, I. G. M. R., Sintaasih, D. K.. & Saroyeni, P. (2017). Analisis Hubungan Status Kepegawaian, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Uuniversitas Uudayana, 6(1). 357-384.
Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan,3(3). 103-117.
Nugraha, B. A., Hakam, M. S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Status Pekerjaan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan: Studi pada Karyawan Auto 2000 Sukun Malang. Jurnal Administrasi Bisnis,44 (1). 96-103.
Sholihah, (2014). Hubungan antara Status Kepegawaian dengan Kinerja Guru: Studi Kasus Pada Guru MI Se-Kecamatan Susukan. Tesis pada Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Sukitman T., Yazid A., & Mas’odi,. (2020). Peran Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Diskusi Daring Tematik 2020 Pendidikan di Masa Pandemi: Menelaah dari Daerah. 91-95.
Syah, M. F. J. (2016). Pengalaman, Jenis Kelamin, dan Tingkat Pendidikan: Apakah Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kota Semarang. Seminar Nasional Pendidikan. 22-28.
Yulianti, L. (2016). Pengaruh Kompensasi terhadap Semangat Guru di SMKN 11 Bandung dengan variabel Kontrol Status Kepegawaian. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Copyright (c) 2021 Lalu Kamarudin, Agil Al Idrus, Joni Rokhmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.