Semangat Mengajar Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Nurul Islam Sekarbela

  • Lalu Kamarudin Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram
  • Agil Al Idrus Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram
  • Joni Rokhmat Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram
Keywords: Semangat mengajar, jenis kelamin, pandemic covid-19, berbagai variabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan semangat mengajar guru MA Nurul Islam Sekarbela, Kota Mataram Provinsi NTB pada masa Pandemi Covid 19 dengan berbagi macam jenis variabel yaitu jenis kelamin, masa kerja, dan status sertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah 33 orang guru di MA Nurul Islam Sekarbela, Kota Mataram Provinsi NTB. Sampel ditentukan sebanyak 32 orang dengan teknik random sampling. Data semangat guru dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara online menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan semangat mengajar guru MA Nurul Islam Sekarbela, Mataram Provinsi NTB dalam mengajar pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan variabel jenis kelamin, masa kerja dan status sertifikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 7(5). 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Cahyani, A, Listiana, D, Larasati, S. (2020). Motivasi belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). 122-140.

Darmawan. (2013). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya: Pena Semesta.

Eliyanto, & Wibowo, U. B. (2013). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1 (1). 34-47. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2321

Firdaus, D. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalitas Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2. Jurnal Didaktika Religia, 2(2). 159-182. https://doi.org/10.30762/didaktika.v2i2.147.

Hatifah, R. D. (2015). Pengaruh Relasi Gender dan Pengambilan Keputusan terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP Negeri) di Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2).1097-1105. https://doi.org/10.21009/jmp.06201.

Hendrajana, I. G. M. R., Sintaasih, D. K.. & Saroyeni, P. (2017). Analisis Hubungan Status Kepegawaian, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Uuniversitas Uudayana, 6(1). 357-384.

Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan,3(3). 103-117.

Nugraha, B. A., Hakam, M. S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Status Pekerjaan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan: Studi pada Karyawan Auto 2000 Sukun Malang. Jurnal Administrasi Bisnis,44 (1). 96-103.

Sholihah, (2014). Hubungan antara Status Kepegawaian dengan Kinerja Guru: Studi Kasus Pada Guru MI Se-Kecamatan Susukan. Tesis pada Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sukitman T., Yazid A., & Mas’odi,. (2020). Peran Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Diskusi Daring Tematik 2020 Pendidikan di Masa Pandemi: Menelaah dari Daerah. 91-95.

Syah, M. F. J. (2016). Pengalaman, Jenis Kelamin, dan Tingkat Pendidikan: Apakah Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kota Semarang. Seminar Nasional Pendidikan. 22-28.

Yulianti, L. (2016). Pengaruh Kompensasi terhadap Semangat Guru di SMKN 11 Bandung dengan variabel Kontrol Status Kepegawaian. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Published
31-12-2020
How to Cite
Kamarudin, L., Idrus, A. A., & Rokhmat, J. (2020). Semangat Mengajar Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Nurul Islam Sekarbela. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 545-550. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.579
Section
Regular Articles