Peluang Peningkatan Kompetensi Guru di Masa Pandemi Virus Covid-19

  • Kosmas Sobon Universitas Katolik De La Salle
  • Manuel E. Korompis Universitas Negeri Manado
Keywords: Kompetensi guru, Virus Covid-19, Kreativitas

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis berbagai macam peluang seorang guru di masa pandemi virus covid-19. Wabah virus covid-19 di samping memiliki berbagai macam kerugian, namun perlu dipahami dalam perspektif optimisme. Ada berbagai macam peluang guru yang bisa ditemukan pada masa penyebaran covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pandemi virus covid-19 memberikan dampak positif bagi guru yakni: peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, keterlibatan guru dalam webinar, pelatihan, workshop, kursus yang dilakukan secara online, peningkatan ide-ide kreativitas dalam pembelajaran, penggunaan aplikasi-aplikasi belajar online, dan rumah menjadi pusat belajar. Saran yang diberikan adalah guru hendaknya menyesuaikan secara cepat terhadap berbagai perubahan dalam bidang pendidikan karena pandemi virus covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, A. (2020). “Covid-19, Transformasi Pendidikan dan Berbagai Problemnya,” diambil dari: https://kependudukan.lipi.go.id/id/berita/53-mencatatcovid19/838-covid-19-transformasi-pendidikan-dan-berbagai-problemnya

Burhan E. (2020). Coronavirus Disease 2019. Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI-RSUP Persahabatan.

Janawi. (2012). Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Luthra, Poornima & Mackenzie, Sandy. (2020). 4 Ways Covid-19 Education Future Generations. Diambil dari: https://www.weforum.org/agenda/2020/03/4-ways-covid-19-education-future-generations/.

Murhaini, S. (2016). Menjadi Guru Profesional Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Nadim, A M. (2020). Belajar dari Covid-19. Pidato Menteri Kemendikbud pada Hardiknas 02 Mei 2020 diakses dalam www.kemendikbud.go.id

Rahim M R. (2020). Pandemi Covid 19 Peluang Unjuk Diri Guru Milinenial. Diambil dari

https://mediaindonesia.com/read/detail/309388-pandemik-covid-19-peluang-unjuk-diri-guru-milenial

Ronny, S. (2020). Apa itu Webinar (Seminar Online) dan Manfaatnya. Diambil dari: https://belajarbisnisinternet.com/apa-itu-webinar-seminar-online-dan-manfaatnya/

Sobon, K. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, Vol. 1 No. 1 Tahun 2018, ISBN: 978-602-97496-5-6, page. 388-396.

Tam, G, El-Azar, & Diana. (2020). 3 ways the coronavirus pandemic could reshape education. Diambil dari: https://www.weforum.org/agenda/2020/03/3-ways-coronavirus-is-reshaping-education-and-what-changes-might-be-here-to-stay/

Widodo, J. (2020). Empat Pesan Presiden untuk Pendidikan Tinggi Indonesia. Konferensi Forum Rektor Indonesia Sabtu, 04 Juli 2020. diakses dalam www.presidenri.go.id

Yuliana. (2020). Corona Virus Disease (Covid-19): sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, Vol. 2. Nomor 1 Februari 2020, page 187-192. DOI: https://doi.org/10.30604/well.95212020

Yulita, P. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ADALAH: Buletin Hukum dan Keadilan, Vol. 4 No. 1 Tahun 2020, ISSN 2338 4638. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Page 49-56. DOI: https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555

Published
10-07-2021
How to Cite
Sobon, K., & Korompis, M. E. (2021). Peluang Peningkatan Kompetensi Guru di Masa Pandemi Virus Covid-19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 287-296. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.589
Section
Regular Articles