Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3765Keywords:
Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua siswa dalam prestasi belajar anak. Tujuan penelitian Untuk menentukan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas VB SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali, Untuk menentukan pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas VB SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali, Untuk menentukan pengaruh motivasi belajar dan peran orang tua secara bersama-sama erhadap prestasi belajar siswa Kelas VB SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimen (ex post facto) dengan pen- dekatan survei. Sampel yang dipilih untuk penelitian ini adalah kelas VA dan VB dengan jumlah 12 orang laki-laki dan 49 orang perempuan dengan menggunakan Sampling Purposive. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket. Angket yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 20 pernyataan, untuk variabel motivasi belajar berjumlah 10 peryataan dan varibel orang tua berjumlah 10 pernyataan . Angket dalam penelitian ini berupa angket tertutup yang disajikan dalam bentuk skala bertingkat (skala likert). Hasil penelitian melalui analisis simultan yang dilakukan antara variabel media, motivasi, perhatian orang tua terhadap prestasi belajar menunjukkan bahwa Sig. 0,000 < 0.05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji F dapat disimpulkan bahwa variabel Motivasi (X1) dan Perhatian (X2) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar (Y) atau berarti signifikan. Selanjutnya, besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0.727 atau sama dengan 72,7%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Motivasi (X1) danPerhatian (X2) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar (Y) sebesar 72.7%.
Downloads
References
Arini, D. A., Gianistika, C., & Ropiah, N. S. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 110-124. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.281
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Fajra, M., Ambiyar, A., Rizal, F., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Mode Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kota Padang. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-9. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v1
Julyanti, E., Rahma, I. F., Chanda, O. D., & Nisah, H. (2021). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7-11. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1942
Junita, S., Rahmi, A., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Motivasi belajar dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baso tahun pelajaran 2018/2019. Juring (journal for research in mathematics learning), 2(1), 088-098. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.6879
Khusnah, A. S., Surur, B., & Santoso, S. A. (2022). Pengaruh Playstation Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Aqidah Akhlak Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Weru. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.37286/jmp.v2i1.144
Kurniawati, E., Husniati, H., & Oktaviyanti, I. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 475-481. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1183
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 3(2), 57-75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Nurdin, G. M., & Irfan, M. (2022). Korelasi antara Penggunaan Gadget terhadap Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Majene. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 4(1), 49-56. https://doi.org/10.31605/bioma.v4i1.1520
Pada, A., & Nurhaedah, N. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Sd. 12 Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Global Journal Basic Education, 1(2), 145-153. https://doi.org/10.35458/gjp.v1i2.600
Prasetyo, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 7(2), 42-54. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i2.347
Prasetyo, A., & Sukarni, S. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Xii Di Smkn I Batam. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 11(1), 1-19. http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.2721
Pratiwi, N. W. D., Asri, I. A. S., & Kristiantari, M. R. (2018). Hubungan motivasi dengan prestasi belajar siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 192-201. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15958
Rahman, A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(02), 171-180. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.95
Rahmawati, F., & Wirdati, W. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. An-Nuha, 1(4), 584-597. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.114
Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78-95. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.57
Sianipar, F. A., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2023). Analisis Bibliometrik Terhadap Motivasi Belajar Berbasis Vos Viewer. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 126-130. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.3561
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alvabeta. Bandung.
Usia, R. (2023) Pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sula Kabupaten Kepulauan Sula. Journal Ilmiah Wahana Pendidikan. 9(9), 699-710. https://doi.org/10.5281/zenodo.7970381
Wahidin, W., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Riyanto, M., & Susanto, E. (2021). Identifikasi Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VI di Sekolah Dasar. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 40-46. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2152
Waritsman, A. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1). http://dx.doi.org/10.56630/jti.v2i1.91
Yudharsyah, J., Kresnadi, H., & Suparjan, S. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(6). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i6.47158
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.