Analisis Hasil Belajar Pada Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 22 SP.5 Manis Raya Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Apolonius Untung STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Dwi Cahyadi Wibowo STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Muhammad Rian Subekti STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Keywords: hasil belajar, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 22 SP5 Manis Raya tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 24 orang siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Survei. Teknik pengumpulan data menggunakan jenis wawancara tersruktur. Alat pengumpulan data berupa lembar wawancara dan dokumen. Hasil dari penelitian ini berdasarkan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 22 SP.5 Manis Raya dengan siswa 24 orang dimana terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswi perempuan, berdasarkan jenis kelamin dapat dilihat bahwa siswi perempuan lebih unggul dari pada siswa laki-laki baik itu dalam nilai pengetahuan dan keterampilan. Adapun yang menjadi faktor pendukung hasil belajar siswa adalah(1) dukungan dari orang tua, (2) menggunakan media seadanya, (3) selalu mengelola kelas sebelum memulai pembelajaran, (4) melakukan KKG setiap bulan. Dalam mengajar guru-guru di SDN 22 SP.5 Manis Raya menggunakan media apa adanya tergantung dari materi apa yang disampaikan dan guru-guru pun mengajak siswa keluar dari kelas dan mengajar dengan media seadanya, agar siswa tidak merasa bosan belajar didalam kelas.. Upaya untuk mengatasi hambatan hasil belajar siswa adalah (1) guru memamfaatkan sarana dan prasarana yang ada dilingkungan,(2) melakukan pendekatan kepada siswa,(3) memahami karakter setiap siswa, dan ) dan(4) di akhir pembelajaran guru selalu memberikan evaluasi kepada siswa tentang apa yang telah dipelajari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, A. Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 25 Rajang Begantung II. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231-241. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.869
Agung, N. L. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Akbar, dkk. (2013). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum 2013 di SMA N 1 Rambah Hilir. Jurnal Penelitian.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariska, dkk. (2014). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum 2013 Pada Tiga SD di Gugus VI Kecamatan Buleleng. Jurnal Nasional
Benjami, S. (2014). Taksonomi Bloom. Jakarta: Rineka Cipta.
Brinkmann. (2013). Jenis-jenis Wawancara. PT. Remaja Rosda Karya.
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Peredana Media Gruop.
Deviani, dkk. (2015). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas V Gugus V Abang. Jurnal Penelitian.
Dewi. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 02 Lengkenat Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi STKIP PErsada Khatulistiwa Sintang.
Kesumawardani. (2016). Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, L. (2010). Metode Penelitian kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Mudjiono, D. &. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasrun. (2001). Hasil Belajar Dapat di Capai Dengan Usaha atau di Peroleh Dengan Jalan Keuletan Bekerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadirman, A. (2014). Sistem Lingkungan Belajar yang di Pengaruhi Oleh Berbagai Komponen. Bandung: Kencana Perdana Media Group.
Saebani, B. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Slameto. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Skripsi. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugianti. (2015). Administrasi dan Supervesi Pengembangan Kurikulum. Bandung: Mandar Maju.
Saryono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Meylina, M. & Seran, E. Y. (2018). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Kelas V SDN 08 Kenyauk Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4 (2), 255-263. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.181.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Prospek.
Supratik. (2012). Hasil Belajar Siswa. Jakarta
Suprijono. (2012). Hasil Belajar. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Pendidikan Nasional Tahun 2007 Nomor 20 Tentang Pendidikan Nasional.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245
Zuriah, N. (2009). Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Published
09-02-2021
How to Cite
Untung, A., Wibowo, D. C., & Subekti, M. R. (2021). Analisis Hasil Belajar Pada Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 22 SP.5 Manis Raya Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 16-23. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/463
Section
Regular Articles