Pengembangan Permainan Spinning Wheel Berbantuan Genially Sebagai Media Pengayaan pada Elemen Perpajakan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6620Keywords:
Pengembangan, Permainan Spinning Wheel, Genially, Media Pengayaan, ADDIEAbstract
Implementasi Kurikulum Merdeka menekankan penguasaan keterampilan abad 21 serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, seperti penggunaan media berbasis digital. Penggunaan media peada kegiatan pengayaan masih terbatas pada latihan soal dari buku peserta didik, sehingga masih belum bervariasi dan berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan permainan spinning wheel sebagai media pengayaan, menganalisis tingkat kelayakan permainan spinning wheel, serta respon peserta didik terhadap permainan spinning wheel berbantuan genially yang digunakan sebagai media pengayaan pada materi Pajak Penghasilan Pasal 21 kelas XI Akuntansi. Media ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru sebagai alternatif dalam pembelajaran pengayaan guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan telah melalui tahap telaah dan validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta diuji coba kepada 20 responden yaitu peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan materi dan media mencapai persentase sebesar 95,97% dengan kategori sangat layak, sedangkan respon peserta didik mencapai persentase 97,08% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, permainan spinning wheel berbantuan genially sangat layak untuk digunakan sebagai media pengayaan di kelas
Downloads
References
Akbar, I. A., & Rahmawati, D. (2019). Pengembangan The Tax Administration games (The Tag) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Administrasi Perpajakan Pada Materi Pajak Penghasilan Pasal 21 Di Kelas XI AKL SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Kajian Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (KPAI), 1, 1–19.
Ardiana, L. R. F., & Listiadi, A. (2023). Pengembangan Media Pengayaan Permainan Ular Tangga Berbasis Google Slide Pada Materi Akad Mudharabah, Musyarakah Dan Murabahah Kelas Xi Smk Negeri 2 Mojokerto. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 295-305. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.41047
Arifiyani, C. A., & Susanti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Pengamatan pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Pemerintah Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 103-112. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n3.p7-16
Bahtiar, M. D., Pratiwi, V., & Hardini, H. T. (2021). V-Lab Accounting: Solusi Pembelajaran Praktikum Pajak di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5066–5075. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1391
Delvi, M., Alim, J. A., & Alpusari, M. (2022). Interactive Media Development With Genially Application Materials Build Curved Side Space For Elementary School Students. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6427-6442. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2083
Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan media pembelajaran game edukasi bilangan pangkat dan akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101-109. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.150
Haeruman, L. D., Serevina, V., & Susanti, Y. E. (2022, July). Development of interactive Ludo games on earth and space science learning material as high school exercise media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2309, No. 1, p. 012091). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012091
Hamari, J., Shernoff, D. J., Rowe, E., Coller, B., Asbell-Clarke, J., & Edwards, T. (2016). Challenging games help students learn: An empirical study on engagement, flow and immersion in game-based learning. Computers in human behavior, 54, 170-179. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.07.045
Hanafiah, P. A., & Putra, G. M. C. (2023). Pengembangan media spinning wheel berbasis Unity pada pembelajaran IPAS. Joyful Learning Journal, 12(3), 160-165. https://doi.org/10.15294/jlj.v12i3.76971
Hasanah, S. T., Hidayat, R., & Mirawati, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Platform Genially Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 14440-14451. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14814
Maghfiroh, I. I. N., & Putri, S. F. (2024, August). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip PDF Corporate Edition Pada Pelajaran Administrasi Perpajakan Kelas Akuntansi. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (Nsafe) (Vol. 4, No. 5).
Mulyana, C., & Ramdani, A. F. Z. (2023). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 12 Bandung. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Nurhalisa, S., Ma’rufi, M. R., & Baharuddin, M. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 192-202. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.63
Ofosu-Asare, Y. A. W., Essel, H. B., & Bonsu, F. M. (2019). E-learning graphical user interface development using the ADDIE instruction design model and developmental research: the need to establish validity and reliability. Journal of Global Research in Education and Social Science, 13, 78-83.
Pangestu, W. A., Nurhaedah, N., & Hartoto, H. (2024). The Influence of Using Spinning Wheel Game Media on Increasing Elementary School Students' Learning Motivation. Pinisi Journal of Education, 4(3), 34-56.
Perdana, R. A. (2018). Pengembangan Media Pengayaan Berbasis Board Game Berupa Ticket To Ride Accounting Pada Materi Pokok Bahasan Akuntansi Piutang Pada Smk Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 6(3).
Prastica, O. S. (2017). Pengembangan “Permainan Fortune Wheel Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Pph Pasal 21 Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 5(2).
Pratiwi, V., Bahtiar, M., & Hardini, H. T. (2019). MAKSI for ICT-based accounting learning at vocational high schools. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 185-196. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.26013
Rachmawati, Y., & Rochmawati, R. (2021). Pengembangan permainan question wheel sebagai media pengayaan pada materi keuangan pemerintah desa kelas XI di SMK negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 9(1), 10-19. https://doi.org/10.17509/jpak.v9i1.24797
Riduwan, M. B. A. (2022). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Winata, W., Suryadi, A., Suradika, A., & Widhanarto, G. P. (2022). Paradigma baru kurikulum program studi teknologi pendidikan di Indonesia. Perspektif, 1(4), 321-325. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i4.89
Wulandari, T. N. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Kelas XI Perbankan Di SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3).
Yulianto, I. (2024). Analisis Classrooms Assessment: Remedial, Pengayaan, Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN). Grata: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 27-36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Henny Widyastuti, Susanti Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.