Pengembangan Permainan Spinning Wheel Berbantuan Genially Sebagai Media Pengayaan pada Elemen Perpajakan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya

Authors

  • Henny Widyastuti Universitas Negeri Surabaya
  • Susanti Susanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6620

Keywords:

Pengembangan, Permainan Spinning Wheel, Genially, Media Pengayaan, ADDIE

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka menekankan penguasaan keterampilan abad 21 serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, seperti penggunaan media berbasis digital. Penggunaan media peada kegiatan pengayaan masih terbatas pada latihan soal dari buku peserta didik, sehingga masih belum bervariasi dan berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan permainan spinning wheel sebagai media pengayaan, menganalisis tingkat kelayakan permainan spinning wheel, serta respon peserta didik terhadap permainan spinning wheel berbantuan genially yang digunakan sebagai media pengayaan pada materi Pajak Penghasilan Pasal 21 kelas XI Akuntansi. Media ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru sebagai alternatif dalam pembelajaran pengayaan guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan telah melalui tahap telaah dan validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta diuji coba kepada 20 responden yaitu peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan materi dan media mencapai persentase sebesar 95,97% dengan kategori sangat layak, sedangkan respon peserta didik mencapai persentase 97,08% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, permainan spinning wheel berbantuan genially sangat layak untuk digunakan sebagai media pengayaan di kelas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, I. A., & Rahmawati, D. (2019). Pengembangan The Tax Administration games (The Tag) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Administrasi Perpajakan Pada Materi Pajak Penghasilan Pasal 21 Di Kelas XI AKL SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Kajian Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (KPAI), 1, 1–19.

Ardiana, L. R. F., & Listiadi, A. (2023). Pengembangan Media Pengayaan Permainan Ular Tangga Berbasis Google Slide Pada Materi Akad Mudharabah, Musyarakah Dan Murabahah Kelas Xi Smk Negeri 2 Mojokerto. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 295-305. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.41047

Arifiyani, C. A., & Susanti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Pengamatan pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Pemerintah Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 103-112. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n3.p7-16

Bahtiar, M. D., Pratiwi, V., & Hardini, H. T. (2021). V-Lab Accounting: Solusi Pembelajaran Praktikum Pajak di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5066–5075. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1391

Delvi, M., Alim, J. A., & Alpusari, M. (2022). Interactive Media Development With Genially Application Materials Build Curved Side Space For Elementary School Students. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6427-6442. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2083

Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan media pembelajaran game edukasi bilangan pangkat dan akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101-109. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.150

Haeruman, L. D., Serevina, V., & Susanti, Y. E. (2022, July). Development of interactive Ludo games on earth and space science learning material as high school exercise media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2309, No. 1, p. 012091). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012091

Hamari, J., Shernoff, D. J., Rowe, E., Coller, B., Asbell-Clarke, J., & Edwards, T. (2016). Challenging games help students learn: An empirical study on engagement, flow and immersion in game-based learning. Computers in human behavior, 54, 170-179. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.07.045

Hanafiah, P. A., & Putra, G. M. C. (2023). Pengembangan media spinning wheel berbasis Unity pada pembelajaran IPAS. Joyful Learning Journal, 12(3), 160-165. https://doi.org/10.15294/jlj.v12i3.76971

Hasanah, S. T., Hidayat, R., & Mirawati, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Platform Genially Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 14440-14451. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14814

Maghfiroh, I. I. N., & Putri, S. F. (2024, August). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip PDF Corporate Edition Pada Pelajaran Administrasi Perpajakan Kelas Akuntansi. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (Nsafe) (Vol. 4, No. 5).

Mulyana, C., & Ramdani, A. F. Z. (2023). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 12 Bandung. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Nurhalisa, S., Ma’rufi, M. R., & Baharuddin, M. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 192-202. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.63

Ofosu-Asare, Y. A. W., Essel, H. B., & Bonsu, F. M. (2019). E-learning graphical user interface development using the ADDIE instruction design model and developmental research: the need to establish validity and reliability. Journal of Global Research in Education and Social Science, 13, 78-83.

Pangestu, W. A., Nurhaedah, N., & Hartoto, H. (2024). The Influence of Using Spinning Wheel Game Media on Increasing Elementary School Students' Learning Motivation. Pinisi Journal of Education, 4(3), 34-56.

Perdana, R. A. (2018). Pengembangan Media Pengayaan Berbasis Board Game Berupa Ticket To Ride Accounting Pada Materi Pokok Bahasan Akuntansi Piutang Pada Smk Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 6(3).

Prastica, O. S. (2017). Pengembangan “Permainan Fortune Wheel Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Pph Pasal 21 Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 5(2).

Pratiwi, V., Bahtiar, M., & Hardini, H. T. (2019). MAKSI for ICT-based accounting learning at vocational high schools. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 185-196. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.26013

Rachmawati, Y., & Rochmawati, R. (2021). Pengembangan permainan question wheel sebagai media pengayaan pada materi keuangan pemerintah desa kelas XI di SMK negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 9(1), 10-19. https://doi.org/10.17509/jpak.v9i1.24797

Riduwan, M. B. A. (2022). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Winata, W., Suryadi, A., Suradika, A., & Widhanarto, G. P. (2022). Paradigma baru kurikulum program studi teknologi pendidikan di Indonesia. Perspektif, 1(4), 321-325. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i4.89

Wulandari, T. N. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Kelas XI Perbankan Di SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3).

Yulianto, I. (2024). Analisis Classrooms Assessment: Remedial, Pengayaan, Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN). Grata: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 27-36.

Published

2025-09-01

How to Cite

Widyastuti, H., & Susanti, S. (2025). Pengembangan Permainan Spinning Wheel Berbantuan Genially Sebagai Media Pengayaan pada Elemen Perpajakan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1306–1317. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6620

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.