Analisis Tingkat Kedisiplinan Tutor Terhadap Pedoman Pemberian dan Penilaian Tugas Tutorial Tatap Muka di UPBJJ-UT Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis persiapan tutor dalam pemberian tugas sesuai pedoman pemberian tugas TTM/Tuweb-UT; (2) menganalisis pemberian tugas sesuai pedoman pemberian tugas TTM/Tuweb-UT; (3) menganalisis tindak lanjut dari pemberian tugas sesuai pedoman pemberian tugas TTM/Tuweb-UT; dan (4) menganalisis tanggapan mahasiswa terhadap pemberian dan penilaian tugas TTM/Tuweb. Jenis penelitian ini adalah ex post facto yang dilaksanakan bulan Maret – Desember 2020. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang diolah dengan statistik non parametrik. Sampel penelitian ada 63 dari 364 tutor yang bertugas di UPBJJ-UT Makassar masa registrasi 2020/2020.1. Pada era pandemi Covid-19 tahun 2020 ini, pengambilan data secara langsung dilakukan di pokjar kabupaten Luwu Timur, Pinrang, dan Toraja Utara sedangkan pokjar lain diberikan angket via google form. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert dengan 4 skala yaitu Sangat Tidak Setuju; Tidak setuju; Setuju; dan sangat setuju terhadap 15 item pernyataan pada instrumen penelitian ini. Data hasil angket diolah dengan statistik deskriptif dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil verifikasi dokumen tugas tutorial sebanyak 63 tutor ada sebanyak 54% yang lengkap, sedangkan 46% tutor yang tidak lengkap dokumen tugas tutorialnya dan menjadi pertimbangan untuk penugasan berikutnya. Hasil perhitungan descriptive dengan SPSS 23 diperoleh nilai skor total tertinggi dari seluruh item yaitu 3.412. Berdasarkan tabel kriteria kedisiplinan, tutor yang bertugas di UPBJJ-UT Makassar tergolong = sangat disiplin.
Downloads
References
Anindita, H. (2021). Disiplin Kerja: Pengertian, Jenis, dan Penerapannya di Perusahaan. https://www.jojonomic.com/blog/disiplin-kerjarja/? msclkid= 3d05d98ba98011eca 8389888 fc836606
Akhter, N., & Ali, A., (2016). Analysis of Assignments' Assessment for Distance Learners in Single Vs Dual Mode Institutions. Bulletin of Education and Research, 38 (2). 15-35.
Amin, M. T. (2016). Pengaruh Profesionalitas dan Kedisiplinan Guru Terhadap Prestasi Kerja Guru SMA 1 Pademawy Kabupaten Pamengkasan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Vol 10 No. 1, 119 - 131.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Earl, K. (2013). Student views on short-text assignment formats in fully online courses. Distance Education, 34 (2), 161-174. doi.org/10.1080/01587919.2013.793639. DOI: https://doi.org/10.1080/01587919.2013.793639
Harsono, S. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Pada Tutor Universitas Terbuka (Studi Pada Kelompok Belajar Wonosobo II UPBJJ Yogyakarta Universitas Terbuka). http://docplayer.info/183280491-Slamet-harsono-program-magister-manajemen-stie-aub-surakarta-2017.html DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v5i1.292
Jamil, J. (2022). Pengaruh Keterampilan Belajar Mandiri, Disiplin Belajar, dan Keinginan Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa UPBJJ Universitas Terbuka Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 120-133. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1655
Jumriah, Akib, H., & Darwis, M. (2016). Displin Kerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan I Barru. Jurnal Office Vol 2 No. 1, 155 - 162.
Kadariah, K., Hasmiah, H., & Sukarman, S. (2020). Kinerja Tutor Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Tutorial Webinar (TUWEB) PGSD UPBJJ-UT Makassar Di Kabupaten Wajo. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(1), 80-88. DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.17463
Letseka, M., & Pitsoe, V. (2013). Reflections on assessment in Open Distance Learning (ODL): the case of the University of South Africa (UNISA). Open Praxis, 5 (3), 197-206. DOI: https://doi.org/10.5944/openpraxis.5.3.66
Lince, R., & Zaidin, M. A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Daya Tahan Kuliah Di Universitas Terbuka. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 692-706.
Mulyatiningsih, E., & Nuryanto, A. (2014). Metode penelitian terapan bidang pendidikan.
Ratnasari, D. (2017). Hubungan Kepuasan Kerja dan Kedisiplinan Guru Dalam Mendukung Kinerja Guru di MTSN di Kabupaten Majalengka. Seminar Nasional Pengembangan Sumberdaya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan: Rekayasa Sosial dan Pengembangan Pedesaan (pp.1276-1285). Purwokerto: Panitia Semnas Pengembangan Sumberdaya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan.
Sugiran, P. Daulay, B. Zaman. (2015). Pengembangan Sistem Evaluasi Tutor Berbasis Online untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Tutorial Tatap Muka pada Pendidikan Jarak Jauh. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM. DOI: https://doi.org/10.20473/jisebi.2.1.1-10
Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Indonesia: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2014). Statistika Untuk Penelitian. cetakan ke-21 Indonesia: Alfabeta.
Rahayu, U., (2020). Katalog 2020/2021 Sistem Penyelenggaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Thaba, A., & Baharuddin, M. R. (2022). Influence of Parental Attention, Self-Concept, and independent learning on Students' Learning Achievement in the Indonesian Language Subjects. Eurasian Journal of Educational Research, 97(97), 103-131.
Universitas Terbuka. (2013). Prosedur Seleksi dan Evaluasi Tenaga Akademik Non-UT. Universitas Terbuka.
Universitas Terbuka. (2014). Katalog Universitas Terbuka 2014. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Universitas Terbuka. (2019). Katalog Universitas Terbuka 2019/2020 (Sistem Penyelenggaraan). Universitas Terbuka.
Universitas Terbuka. (2020). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Tutorial Webinar Universitas Terbuka Dalam Situasi Pandemi Covid-19 Semester 2020/21.1 (2020). Universitas Terbuka.
Universitas Terbuka. (2022). Keputusan Rektor Universitas Terbuka, Nomor: 65/UN31/HK.02/2022. Kebijakan Layanan Pendidikan Universitas Terbuka Semester 2021/22.2 (2022.1). Universitas Terbuka. DOI: https://doi.org/10.33830/ptjj.v21i2.1991.2020
Uno, H. B., & Koni, S. (2014). Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Wati, Lela Nurlaela. (2018). Metodologi Penelitian Terapan. Aplikasi SPSS, EVIEWS, Smart PLS, dan AMOS. Bandung: Mujahid Press.
Zaidin, M. A., Lince, R., Halim, P., & Kusmaladewi, K. (2021). Kualitas Tutorial Tatap Muka Mahasiswa Non Pendidikan Dasar Universitas Terbuka. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 144-154.
Copyright (c) 2022 Husnaeni Husnaeni, Ranak Lince, Jalil Jalil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.