Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengeksplorasi manajemen pembelajaran berbasis lingkungan di sekolah dasar 07 pekat NTB. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan metode analysis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran bahwa pendidikan berbasis lingkungan di SDN 07 Pekat, Dompu NTB merupakan bagian terpenting dalam pendidikan agar siswa dapat mencakup karakter siswa, sosial, serta menanamkan jiwa peduli siswa terhadapa lingkungan alam ini. Implementasi pembelajaran berbasis lingkungan di SDN 07 Pekat dilaksanakan melalui berbagai strategi antara lain: 1) integrasi pembelajaran berbasis lingkungan dalam pembelajaran; 2) Penerapan kebijakan sekolah berbasis lingkungan; 3) kepedulian siswa SDN 07 Pekat terhadap lingkungan hidup; 4) hambatan dalam menjalankan pembelajaran berbasis lingkungan. Kesimpulan pembelajaran berbasis lingkungan sangat penting di terapkan di sekolah dasar. Integrasi pembelajaran berbasis lingkungan hidup merupakan hal yang penting untuk pendidikan supaya siswa lebih peduli dan menjaga lingkungan alam ini. Sekolah dasar merupakan pendidikan formal yang tepat untuk diterapkan pendidikan berbasis lingkungan sejak dini. Sehingga penerapan kebijakan sekolah berwawasan lingkungan memiliki tujuan yang tepat agar menanamkan karakter peduli lingkungan serta dan sebagai strategi sekolah dalam meningkatkan kepedulians iswa terhadap lingkunga hidup yang sedang mengalami pemerosotan kerusakan di abad-21
Downloads
References
Adam, A. F. B. (2014). Analisis implementasi kebijakan kurikulum berbasis lingkungan hidup pada program adiwiyata mandiri di SDN Dinoyo 2 malang. Jurnal Kebijakan dan pengembangan pendidikan, 2(2).
Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 98-108. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50
Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246. DOI: https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610
Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Fitriati, M., Sahputra, R., & Lestari, I. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1). DOI: https://doi.org/10.23960/jbt.v8i3.21418
Irwandi, S., Ufatin, N., & Sultoni, S. (2016). Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar (studi multi situs di SD negeri 6 Mataram dan SD negeri 41 Mataram kota Mataram Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 492-498.
Nirwana, N. (2014). Pengaruh Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar IPA-FISIKA DI SMPN Kota Bengkulu (Studi eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester I SMPN 11 Kota Bengkulu) 2012. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-JOURNAL) (Vol. 3, pp. 71-79).
Nasution, N. (2018). Integrasi Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran Pai untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan DI SMP Negeri 16 Medan. AL-IRSYAD, 8(2). 142–55.
Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164. DOI: https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334
Nurdiati, D., & Pambudi, D. I. (2018). Implementasi Program Adiwiyata Di Sd Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 45-54. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.69
Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15606
Rahmah, Y. D. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik, 2(4), 453-757.
Rukajat, A. 2018. Pendekatan penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Suyitno, I., Mustofa, K., & Sunoto, I. S. (2015). Pemanfaatan Potensi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran dengan Teknik Observasi Lingkungan di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional. FIP UM, hal (Vol. 339).
Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., ... & Suistri, S. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35-41. DOI: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10763
Septiani, R D. 2020. Manajemen Pembelajaran Berbasis Alam. Purwokerto: Pustaka Senja.
Widyaningrum, R. (2016). Pembentukankarakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 11(1).
Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52-63. DOI: https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567
Wahyudi, A., Sumardjoko, B., & Darsinah, D. (2019). Peran Pemimpin Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal VARIDIKA, 31(1), 29-38. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8901
Copyright (c) 2021 Nurhikmah, Enung Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.