Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB

  • Nurhikmah Universitas Ahmad Dahlan
  • Enung Hasanah Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: pembeajaran lingkungan, kebijakan, hambatan

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengeksplorasi manajemen  pembelajaran berbasis lingkungan di sekolah dasar 07 pekat NTB. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan metode analysis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran bahwa pendidikan berbasis lingkungan di SDN 07 Pekat, Dompu NTB merupakan bagian terpenting dalam pendidikan agar siswa dapat mencakup karakter  siswa, sosial, serta menanamkan jiwa peduli siswa terhadapa lingkungan alam ini. Implementasi pembelajaran berbasis lingkungan di SDN 07 Pekat dilaksanakan melalui berbagai strategi antara lain: 1) integrasi pembelajaran berbasis lingkungan dalam pembelajaran; 2) Penerapan kebijakan sekolah berbasis lingkungan; 3) kepedulian siswa SDN 07 Pekat terhadap lingkungan hidup; 4) hambatan dalam menjalankan pembelajaran berbasis lingkungan. Kesimpulan  pembelajaran berbasis lingkungan sangat penting di terapkan di sekolah dasar. Integrasi pembelajaran berbasis lingkungan hidup merupakan hal yang penting untuk pendidikan supaya siswa lebih peduli dan menjaga lingkungan alam ini. Sekolah dasar merupakan pendidikan formal yang tepat untuk diterapkan pendidikan berbasis lingkungan sejak dini. Sehingga penerapan kebijakan sekolah berwawasan lingkungan memiliki tujuan yang tepat agar menanamkan karakter peduli lingkungan serta dan sebagai strategi sekolah dalam meningkatkan kepedulians iswa terhadap lingkunga hidup yang sedang mengalami pemerosotan kerusakan di abad-21

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A. F. B. (2014). Analisis implementasi kebijakan kurikulum berbasis lingkungan hidup pada program adiwiyata mandiri di SDN Dinoyo 2 malang. Jurnal Kebijakan dan pengembangan pendidikan, 2(2).

Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 98-108. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50

Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246. DOI: https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Fitriati, M., Sahputra, R., & Lestari, I. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1). DOI: https://doi.org/10.23960/jbt.v8i3.21418

Irwandi, S., Ufatin, N., & Sultoni, S. (2016). Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar (studi multi situs di SD negeri 6 Mataram dan SD negeri 41 Mataram kota Mataram Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 492-498.

Nirwana, N. (2014). Pengaruh Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar IPA-FISIKA DI SMPN Kota Bengkulu (Studi eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester I SMPN 11 Kota Bengkulu) 2012. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-JOURNAL) (Vol. 3, pp. 71-79).

Nasution, N. (2018). Integrasi Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran Pai untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan DI SMP Negeri 16 Medan. AL-IRSYAD, 8(2). 142–55.

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164. DOI: https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334

Nurdiati, D., & Pambudi, D. I. (2018). Implementasi Program Adiwiyata Di Sd Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 45-54. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.69

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15606

Rahmah, Y. D. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik, 2(4), 453-757.

Rukajat, A. 2018. Pendekatan penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Suyitno, I., Mustofa, K., & Sunoto, I. S. (2015). Pemanfaatan Potensi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran dengan Teknik Observasi Lingkungan di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional. FIP UM, hal (Vol. 339).

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., ... & Suistri, S. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35-41. DOI: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10763

Septiani, R D. 2020. Manajemen Pembelajaran Berbasis Alam. Purwokerto: Pustaka Senja.

Widyaningrum, R. (2016). Pembentukankarakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 11(1).

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52-63. DOI: https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Wahyudi, A., Sumardjoko, B., & Darsinah, D. (2019). Peran Pemimpin Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal VARIDIKA, 31(1), 29-38. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8901

Published
10-07-2021
How to Cite
Nurhikmah, & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 272-281. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.570
Section
Regular Articles