Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Kegiatan Literasi Tema Penemuan Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Siswa Kelas VI SD Inpres Matajang Kabupaten Barru
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.412021.620Keywords:
kemampuan membaca pemahaman, kegiatan literasi, tema penemuan, SQ3R, Survey, Question, Read, Recite, and ReviewAbstract
Menurut observasi awal pada pembelajaran tema tiga tokoh dan penemuan, ditemukan permasalahan kemampuan membaca pemahaman pada kegiatan literasi tema penemuan masih kurang, tidak mencapai standar keberhasilan minimal 70, dengan tuntas membaca hanya mencapai 67% tidak mencapai standar ketuntasan membaca minimal 81% klasikal, selain itu siswa masih kesulitan menemukan tema dan menemukan makna kata dengan efektif dan efesien. Solusi penyelesaian masalah adalah melaksanakan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada kegiatan literasi tema penemuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada kegiatan literasi tema penemuan siswa kelas VI SD Inpres Matajang Kabupaten Barru. Prosedur penelitian tindakan kelas ini, menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart meliputi (1) rencana, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi, terdiri tiga siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan pembelajaran, satu kali pertemuen diberikan tes akhir tiap siklus, sesuai skenario tindakan yang telah dirancang. Subjek penelitian ini siswa kelas VI SD Inpres Matajang berjumlah 16 orang, yaitu 4 orang perempuan dan 12 orang laki-laki. Data kuantitatif hasil belajar dikumpul dari hasil tes pertanyaan tertulis tentang kemampuan membaca pemahaman tiap akhir siklus. Data kualitatif dikumpul dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru. Hasil penelitian: (1) Kemampuan membaca pemahaman sebagai literasi tema penemuan, meningkat secara positif skor rerata selisih 12,5% dan kategori baik siklus tiga dari kurang siklus dua, dengan tuntas belajar membaca pemahaman 87,5% siklus tiga. (2) Kemampuan guru meningkat selisih 20,0%, dan kategori baik siklus tiga dari cukup siklus dua. (3) Aktifitas belajar peserta didik meningkat selisih 13,54%, dan kategori baik siklus tiga dari cukup siklus dua.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.