Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Sumba (Suku Kata, Menulis, dan Membaca) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6018Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu Sumba, Bahasa Indonesia, Kecerdasan Verbal Linguistik, Siswa Sekolah DasarAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada perlunya media pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik awal untuk mengatasi rendahnya kemampuan membaca dan menulis permulaan di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran Kartu SUMBA (Suku Kata, Membaca, dan Menulis) dalam meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Media ini dirancang sebagai inovasi pembelajaran berbasis kartu fisik dan web interaktif, yang disesuaikan dengan karakteristik perkembangan dan kebutuhan belajar peserta didik usia dini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian utama adalah peserta didik kelas I SD Negeri Jarakan, sedangkan uji coba awal dilakukan di SD Negeri Kadipiro untuk melihat keterpahaman dan respons awal pengguna. Hasil validasi dari ahli media dan materi menyatakan bahwa Kartu SUMBA sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Implementasi media ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca permulaan, menulis kata dan kalimat sederhana, serta penguasaan suku kata pada peserta didik. Hal ini berdampak langsung terhadap peningkatan kecerdasan verbal-linguistik. Dengan demikian, media Kartu SUMBA dapat dijadikan alternatif inovatif dan efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas awal sekolah dasar.
Downloads
References
Arfiana, R. (2024). Pengembangan Media Kartu Kuartet Untuk Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 52-62. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2717
Astuti, M., Suryana, I., Anggraini, N., Fitri, A., Fajar, M., & Astuti, P. W. (2024). Media Pembelajaran Sebagai Pusat Sumber Belajar. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(5), 702-709.
Bili, K. D., Loda, I. M., Margunayasa, I. G., Suarni, N. K., & Pasa, A. P. (2024). Implementasi Kurikulum Khusus di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2545-2553. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3826
Ciptaningrum, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pembelajaran Pias-Pias Kata . Jurnal Literasi Digital, 2(3), 207–216. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.186
Daswananda, K. F., & Fathoni, A. (2024). Penerapan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 875-886. https://doi.org/10.58230/27454312.1318
Dewati, A. C. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Information Technology Education Journal, 39-46.
Dinamaryati, D. (2021). Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis genre dengan media Pembelajaran kartu topik untuk meningkatkan prestasi belajar Siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menyusun teks tanggapan di SMPN 4 Bolo kelas IX-3 semester I tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 328-339. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.57
Effi, E. C. N., & Maemonah, M. (2022). Ec Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Di Sdn Maguwoharjo 1. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 9(2), 63-73. https://doi.org/10.21067/jibs.v2i9.7863
Fajrudin, L., Rahmat, K. N. A., Saefulloh, F., Fajari, L. E. W., Sa'diyah, H., & Aini, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Di Kelas V Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1).
Gunawan, D., Mustofa, B., & Wahyudin, D. (2022). Pengembangan desain pembelajaran berbasis verbal linguistik intelligence untuk meningkatkan keterampilan berbahasa peserta didik. Jurnal Basicedu, 6(2), 2979-2993. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2541
Johdi, H., Gunawan, G., Ayub, S., & Kosim, K. (2024). The Effectiveness of Interactive Google Sites-Based Learning Media on Students' Conceptual Understanding. Indonesian Journal of STEM Education, 6(2), 55-62.
Kamila, Q. A. Y. N., Asbari, M., & Darmayanti, E. (2024). Merdeka Belajar: Memahami Konsep Pembelajaran Masa Kini. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 104-110. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.909
Kirom, S. (2019). Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah melalui strategi pembelajaran berbasis kecerdasan verbal linguistik. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(2), 204-226. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.616
Kusumaningtyas, P., & Suranto, S. (2024). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Verbal pada Siswa Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1800-1811. http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4065
Mappasoro, M. I. A., & Ulinnuha, Z. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak Membedakan Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Flashcard . Jurnal Dieksis ID, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.2.2022.216
Maulidah, T., & Aisah, S. (2022). Metode Bermain Peran Sebagai Upaya Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Verbal pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(1), 58-63. https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i1.627
Nasution, J. S., Damayanti, E., Handayani, N., & Batubara, R. A. (2024). Media Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 3(1), 159-165. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.150
Putri, Y., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. B. (2023). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 43-50. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i2.119
Rezki, F., Cyntia, C., Zuhel, A. S., Pangestu, A., & Zulkifli, H. (2023). Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Verbal-Linguistik. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 01-08. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.401
Rigianti, H. A. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sd Kelas Rendah Sdn 2 Pejawaran. Khazanah Pendidikan, 17(2), 257-264. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18427
Rohmah, I. H., Rismawati, R., & Julianto, I. R. (2025). Strategi Guru Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Teknologi. Jurnal Cahaya Edukasi, 3(1), 49-53. https://doi.org/10.63863/jce.v3i1.20
Suryandaru, N. A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada muatan pembelajaran matematika kelas IV. Jurnal Basicedu, 5(6), 6040-6048. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1803
Tantya, N. G., & Yuniseffendri, Y. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Sedekah Bumi Menggunakan Model Addie Pada Materi Teks Cerita Pendek Untuk Siswa Kelas XI. BAPALA, 12(1), 187-201.
Zuhriah, A., Assyifa, H. S., Chafsoh, N. P., Munawir, M., & Chotimah, K. (2024). Pengaruh media flash card terhadap kecerdasan linguistik peserta didik kelas 1. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(2), 80-87. http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.12.2.80-87
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.