Pengaruh Youtube terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SDN Inpres 2 Talise
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6002Keywords:
Pengaruh, Youtube, Pendidikan Karakter, Siswa Sekolah Dasar, KuantitatifAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk menemukan strategi yang relevan dan efektif dalam menanamkan pendidikan karakter di tengah dominasi penggunaan media digital oleh siswa sekolah dasar. Dengan memanfaatkan YouTube sebagai media pembelajaran yang menarik dan dekat dengan keseharian siswa, sekolah dapat mengoptimalkan teknologi untuk membentuk karakter yang positif sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh YouTube terhadap pendidikan karakter siswa di SDN Inpres 2 Talise. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen untuk menguji pengaruh konten YouTube terhadap pendidikan karakter siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Inpres 2 Talise, dengan 20 siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan 19 siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui survei, kuesioner, dan wawancara, serta dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Temuan penelitian ini memiliki implikasi penting bagi dunia pendidikan, penerapan YouTube sebagai media pembelajaran dapat menjadi pembelajaran yang inovatif dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di sekolah dasar, terutama dalam hal nilai-nilai seperti kerjasama, empati, dan tanggung jawab. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh YouTube terhadap pendidikan karakter siswa di SDN Inpres 2 Talise
Downloads
References
Al Faqh, M. A., Prasetyo, S., & Harianti, D. S. (2025). Dampak Negatif dan Positif Youtube terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Studi Kasus di Lingkungan Pelita Kota Mataram): The Negative and Positive Impacts of Youtube on Early Childhood Language Development (Case Study in the Pelita Environment of Mataram City). Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 57-64. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3505
Ashar, A., Ashari, M., & Hamsah, F. M. (2023). The Impact Of Using Youtube Social Media On Students'positive Behavior In Indonesian Language Class V At Sd Inpres Bontomanai. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 5(1), 101-108. https://doi.org/10.52208/klasikal.v5i1.627
Fitri, A. S., Kusumawardani, R., & Hayani, R. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi YouTube Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Raudhah, 10(2). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2029
Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, No. 1). Cv. Alfabeta.
Harmasari, L., Karman, A. ., Madeamin, S., & Taupiq, T. (2023). Bahasa dan Ideologi Dalam Iklan Skincare Somethinc (Kajian Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough). Jurnal Dieksis ID, 3(2), 171–180. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.372
Hasnawati, H. (2021). Aktivitas Digital: Dampak Penerapan Pembelaran Daring . Jurnal Literasi Digital, 1(3), 148–154. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.56
Herminingsih, H., Nurdin, N., & Saguni, F. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1(1), 79-84.
Herniawati, A., Rahmawati, R., Hidayat, Y., & Tya, S. (2025). Dampak Penggunaan Youtube Dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intisabi, 2(2), 194-206. https://doi.org/10.61580/itsb.v2i2.82
Hidayah, M. U., Kadir, M., & Budianti, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Suhu dan Kalor pada Siswa Kelas V di MI Ma’arif NU 01 Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 1(2), 251-258. https://doi.org/10.21093/bjie.v1i2.5095
Ihza, M. M., Jumadi, J., & Satrio, A. (2024). Analisis Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Pendidikan Karakter di Era Teknologi 4.0. J-INSTECH, 5(2), 105-121. https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12034
Istiqomah, P., Ermawati, D., & Purbasari, I. (2024). Dampak Durasi Akses YouTube terhadap Perilaku Sosial Siswa SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 69-78. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.14760
Juan, M., Hera, T., & Yadi, F. (2023). Pengaruh Aplikasi Youtube Terhadap Kreativitas Anak Pada Pembelajaran Sbdp Di Sekolah Dasar Negeri 69 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 863-872. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9288
Madyan, M., & Baidawi, A. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 19. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 126-134. https://doi.org/10.37329/metta.v1i3.1481
Maharani, A. S., & Wardana, M. D. K. (2023). Youtube Kids: Solusi Mengurangi Pengaruh Negatif Pada Youtube Bagi Anak Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 88-96. https://doi.org/10.30651/else.v7i1.13516
Mudianti, H., & Cahyo, E. D. (2023). Analisis Dampak Tayangan Youtube Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 6(2), 30-43. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v6i2.433
Nasem, N., Chabibah, N., & Melaniadari, I. (2023). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 MI. Jurnal Primary Edu, 1(2), 145-153.
Oktaviani, A. M., Marini, A., & Fitriyani, F. (2022). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS SD. Jurnal Holistika, 6(2), 101-107. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.101-107
Qonita, R., & Rosidah, L. (2023). Pengaruh Youtube Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 197-206. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2054
Ramadhani, J., Sugiatno, S., Sahib, A., & Wanto, D. (2020). Pendidikan Karakter di sekolah dasar.
Riady, A. (2021). Pendidikan Berkualitas di Era Digital: (Fokus: Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran). Jurnal Literasi Digital, 1(2), 70–80. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.15
Rianto, A. K., Annisa, D., Pasha, R. P. A., & Marini, A. (2022). Pengaruh Video Keteladanan Pada Kanal Youtube Terhadap Pertumbuhan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 385-394. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4198
Salsabila, S., Salimi, A., Kresnadi, H., & Pranata, R. (2025). Pengaruh Media Video Youtube terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar Negeri 06 Pontianak Selatan. AS-SABIQUN, 7(1), 130-139. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v7i1.5565
Sudirman, N. A. (2024). Pengaruh Sosial Media Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Umur 2 Tahun. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 71-81. https://doi.org/10.30596/jpbsi.v5i2.18293
Tohari, H., & Bachri, B. S. (2019). Pengaruh penggunaan youtube terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Kwangsan, 7(1), 286906. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p1--13
Yuliana, D., & Aminullah, N. F. (2020). Pengaruh media video Youtube terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas Xi Simulasi Digital Di SMK Negeri 1 Suboh. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 37-53. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i1.61
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.