Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu pada Kurikulum 2013 (Survey pada Guru SD di Kabupaten Sumedang)

  • Rachmawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dessy Susanty
  • Anindhita Pitaloka
  • Viesta Virgina
  • Fierda Widya Pristi
Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran Terpadu, Guru SD, Survey

Abstract

Tuntutan penerapan pembelajaran terpadu kurikulum 2013 di sekolah dasar menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Tidak jarang ditemukan guru yang masih mengesampingkan sub komponen dari setiap langkah dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran terpadu kurikulum 2013 di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah survei melalui instrumen angket yang melibatkan 30 peserta guru SD di Sumedang. Analisis data bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru SD melaksanakan pembelajaran terpadu pada tahap pendahuluan dengan baik yang menunjukkan persentase 65,56%; (2) Guru SD melaksanakan pembelajaran terpadu pada langkah inti dengan baik yang menunjukkan persentase 59,16%; (3) Guru SD melaksanakan pembelajaran terpadu pada langkah penutup dengan baik yang menunjukkan persentase 73,9%; Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa guru SD di Sumedang melaksanakan pembelajaran terpadu pada kurikulum 2013 dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Achdiani, Y., & Rusliyani, A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknobuga, 5(2), 34–43. https://doi.org/10.1529/jtbb.v5i2.15368

Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132.https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p124

Asbar, R. F., & Witarsa, R. (2020). Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 225–236.

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1220

Aulia, V. (2019). Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di jenjang SD sederajat Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 359. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.355

Buaton, R. A., Sitepu, A., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4066–4074.

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 109. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7078

Jayapada, G., Suyitno, I., & Suyono, S. (2020). Apersepsi Guru dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(5), 594. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13462

Khakiim, U., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2016). Pelaksanaan Membuka Dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1730–1734. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6738

Musthofa, P. R., & Sujadi, I. (2020). The Students’ Perception of The Teacher’s Apperception and Its Influence on Students’ Initial Knowledge. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012063

Prasela, N., Witarsa, R., & Ahmadi, D. (2020). Kajian Literatur Tentang Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 209–216. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1218

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rabayanti, R., Noer, A. W., & Afiah, N. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Sistem Pembelajaran Terpadu. DISHUM: DDI Islamic Studies and Humanities Research, 1(1), 22–35. https://doi.org/10.36915/dishum.v1i1.4

Rigianti, H. A. (2021). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796

Sumarni, S. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(3), 45–57. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.453

Sutisnawati, A. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 15–24.

Published
14-03-2022
How to Cite
Rachmawati, Susanty, D., Pitaloka, A., Virgina, V., & Pristi, F. W. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu pada Kurikulum 2013 (Survey pada Guru SD di Kabupaten Sumedang). Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1579
Section
Articles