Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu pada Kurikulum 2013 (Survey pada Guru SD di Kabupaten Sumedang)
Abstract
Tuntutan penerapan pembelajaran terpadu kurikulum 2013 di sekolah dasar menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Tidak jarang ditemukan guru yang masih mengesampingkan sub komponen dari setiap langkah dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran terpadu kurikulum 2013 di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah survei melalui instrumen angket yang melibatkan 30 peserta guru SD di Sumedang. Analisis data bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru SD melaksanakan pembelajaran terpadu pada tahap pendahuluan dengan baik yang menunjukkan persentase 65,56%; (2) Guru SD melaksanakan pembelajaran terpadu pada langkah inti dengan baik yang menunjukkan persentase 59,16%; (3) Guru SD melaksanakan pembelajaran terpadu pada langkah penutup dengan baik yang menunjukkan persentase 73,9%; Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa guru SD di Sumedang melaksanakan pembelajaran terpadu pada kurikulum 2013 dengan baik.
Downloads
Metrics
References
Achdiani, Y., & Rusliyani, A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknobuga, 5(2), 34–43. https://doi.org/10.1529/jtbb.v5i2.15368
Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132.https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p124
Asbar, R. F., & Witarsa, R. (2020). Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 225–236.
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1220
Aulia, V. (2019). Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di jenjang SD sederajat Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 359. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.355
Buaton, R. A., Sitepu, A., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4066–4074.
Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 109. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7078
Jayapada, G., Suyitno, I., & Suyono, S. (2020). Apersepsi Guru dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(5), 594. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13462
Khakiim, U., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2016). Pelaksanaan Membuka Dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1730–1734. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6738
Musthofa, P. R., & Sujadi, I. (2020). The Students’ Perception of The Teacher’s Apperception and Its Influence on Students’ Initial Knowledge. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012063
Prasela, N., Witarsa, R., & Ahmadi, D. (2020). Kajian Literatur Tentang Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 209–216. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1218
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Rabayanti, R., Noer, A. W., & Afiah, N. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Sistem Pembelajaran Terpadu. DISHUM: DDI Islamic Studies and Humanities Research, 1(1), 22–35. https://doi.org/10.36915/dishum.v1i1.4
Rigianti, H. A. (2021). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796
Sumarni, S. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(3), 45–57. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.453
Sutisnawati, A. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 15–24.
Copyright (c) 2022 Rachmawati, Dessy Susanty, Anindhita Pitaloka, Viesta Virgina, Fierda Widya Pristi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.