Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 33 Cece
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5660Keywords:
Meningkatkan, Motivasi Belajar, Kerja Kelompok, Pendidikan Pancasila, Siswa Sekolah DasarAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila, yang berdampak pada kurangnya keterlibatan aktif dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai dasar kebangsaan, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih partisipatif dan kolaboratif untuk mengatasi permasalahan tersebut secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode kerja kelompok pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian tindakan kelas (PTK) dipilih sebagai metodologi penelitian dengan dua siklus, di mana setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa kelas V SDN 33 Cece yang dipilih berdasarkan kriteria motivasi belajar rendah. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan evaluasi, serta dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II. Hasil pada Siklus I, persentase siswa dengan motivasi sangat baik hanya 13,33%, skala baik 46,66%, skala cukup 40%, dan skala kurang 0%. Siklus II terjadi peningkatan dengan 80% siswa berada pada skala sangat baik, 20% pada skala baik, dan 0% pada skala cukup dan kurang. Ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila juga meningkat dengan 93,33% siswa berada pada skala sangat baik. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kerja kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Amirudin, A., Supriyatin, S., Dewi, S., & Ismeliantika, Y. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar. Eduprof: Islamic Education Journal, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.47453/eduprof.v3i%601.82
De Backer, L., Van Keer, H., & Valcke, M. (2021). Examining the relation between students’ active engagement in shared metacognitive regulation and individual learner characteristics. International Journal of Educational Research, 110, 101892. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101892
Dewi, K. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Kerja Kelompok di SMP Negeri 3 Palembang. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(3). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1432
Mohtar, I. (2019). Hubungan antara motivasi kerja dan pengalaman kerja dengan kinerja guru madrasah. Uwais Inspirasi Indonesia.
Muhamad, N., & Ricky, H. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 519-527. https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1392
Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47-66. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221
Nanda, I. (2021). Pengertian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif, 1, A1-dq.
Ningsih, S., & Jailani, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Kelas VII pada SMP PGRI Tumbang Mirah Kecamatan Katingan Tengah: Efforts to Improve Learning Outcomes of Ips Students Through the Application of Working Methods of Class VII Groups in the Tumbang Mirah Middle School PGRI in Central Katingan District. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1-5. https://doi.org/10.33084/neraca.v4i2.698
Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 57-87. https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.123
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Puspitasari, J. (2022). Penerapan Teknik Dramatisasi Melalui Media Cerita Bergambar dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas I SDN Kajang Sawahan . Jurnal Dieksis ID, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.194
Rahmandani, F., Hamzah, M. R., Handayani, T., & Fatimah, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 2 Batu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1016-1027. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.674
Riady, A. (2021). Pendidikan Berkualitas di Era Digital: (Fokus: Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran). Jurnal Literasi Digital, 1(2), 70–80. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.15
Sumatraputra, A. N., Tapanuli, F. M., & Maringgita, I. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Literasi Digital, 3(3), 160–170. https://doi.org/10.54065/jld.3.3.2023.599
Susanti, D., & Mitaru, I. H. (2022). Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqh. Ambarsa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 38-53. https://doi.org/10.59106/abs.v2i1.50
Sutri, R. (2018). Metode Pembelajaran Matematika Dan Ips Dengan Penemuan Kembali Dan Pengamatan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. SUARA GURU, 4(1), 7-12. http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5482
Tahir, L. D. (2019). Meningkatkan interaksi sosial anak melalui metode kerja kelompok. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 2(3). https://doi.org/10.31934/eceij.v2i3.998
Widiarsa, I. N. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode diskusi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 234-253. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.37
Wilkinson, I. A., Reznitskaya, A., & D'Agostino, J. V. (2023). Professional development in classroom discussion to improve argumentation: Teacher and student outcomes. Learning and Instruction, 85, 101732. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2023.101732
Zahir, A., & Supriadi, S. (2023). Refleksi Akhir Tahun Menggunakan Model 4F Berbasis Data Rapor Pendidikan Sekolah Penggerak. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 51–63. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.278
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.