Peningkatan Kemampuan Literasi melalui Pembelajaran Deep Learning pada Siswa Kelas IV UPT SDN 8 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5620Keywords:
Peningkatan, Kemampuan Literasi, Deep Learning, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Urgensi dalam penelitian ini yakni banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menganalisis teks bacaan, disamping pentingnya literasi yang berpengaruh terhadap perkembangan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas IV UPT SDN 8 Pinrang melalui penerapan pembelajaran berbasis deep learning. Oleh karena itu, pendekatan deep learning diterapkan untuk membantu siswa memahami bacaan secara lebih mendalam dan kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SDN 8 Pinrang yang berjumlah 30 orang. Pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan strategi deep learning seperti diskusi mendalam, pemetaan konsep, dan eksplorasi makna dalam teks. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui Tes kemampuan literasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi siswa, baik dalam pemahaman isi bacaan maupun kemampuan berpikir kritis. Siswa lebih mampu menginterpretasikan teks dengan baik dan mengaitkannya dengan pengalaman serta pengetahuan yang telah dimiliki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran deep learning dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa secara efektif. Melalui pendekatan yang tepat, siswa menjadi lebih aktif dalam memahami teks, berdiskusi, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka. Pembelajaran ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam kurikulum sekolah dasar guna meningkatkan kualitas literasi siswa secara berkelanjutan
Downloads
References
Adnyana, I. K. S. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-14. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5304
Arif, M. N., Parawansyah, M. I., Huda, F. H., & Zulfahmi, M. N. (2025). Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Deep Learning. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 4(1), 8-16. https://doi.org/10.55732/jmpd.v4i1.989
Aryani, W. D., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71-82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682
Assulamy, H. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1(01), 1090-1097. https://doi.org/10.26418/jppk.v1i01.88588
Diputera, A. M., & Zulpan, E. G. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful, Mindful dan Joyful: Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. Bunga Rampai Usia Emas, 4(2), 108-120.
Fitriani, A. R., Adhaprilliani, A., Andiska, I., Nabilla, E. R., Mukyi, A., Hanifah, A., ... & Arasid, M. I. (2024). Pengaruh Teknologi terhadap Minat Baca pada Anak-anak di Desa Citasuk: Studi Kasus Rendahnya Kemampuan Literasi Membaca pada Anak-anak di Desa Citasuk. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 2(4), 30-40. https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i4.638
Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 307-314. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416
Hariyanti, R. M. (2024). Deep Learning Pada Pembelajaran “Engkong Banjit”: Best Practice Dari P5RA Min 2 Banjit, Way Kanan. Sinergi Aksi Inovasi Budaya Menulis Inspiratif, 2(2), 90-101. https://orcid.org/0009-0001-3013-489X
Herliani, Y. (2025). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Profita Kota Bandung dalam Menganalisis Teks Negosiasi. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 273-282. https://doi.org/10.59841/saber.v3i1.2310
Judijanto, L. (2024). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Indonesia. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(02), 50-60. https://doi.org/10.58812/spp.v2i02.391
Kardika, R. W., Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Penggunaan Media Digital terhadap Kemampuan Literasi Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6715-6721. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2307
Kazi, S., Khoja, S., & Daud, A. (2023). A survey of deep learning techniques for machine reading comprehension. Artificial Intelligence Review, 56(Suppl 2), 2509-2569. https://doi.org/10.1007/s10462-023-10583-4
Lubis, P., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Gerakan Literasi Sekolah: Tantangan Literasi Di Era Digital Dan Cara Mengatasinya. Jurnal Media Infotama, 19(2), 487-496. https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.4399
Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk literasi membaca pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631-647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436
Madu, F. J., Jediut, M., & Mulu, M. (2022). Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Membaca Pada Siswa Kelas IV SDI Kusu, Manggarai, NTT. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 658-671. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1962
Meilasari, D., & Diana, R. R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Literasi Pada Anak Usia Dini. Jea (Jurnal Edukasi Aud), 8(1), 41-55. https://doi.org/10.18592/jea.v8i1.6364
Miller, E. C., & Krajcik, J. S. (2019). Promoting deep learning through project-based learning: A design problem. Disciplinary and interdisciplinary science education research, 1(1), 7. https://doi.org/10.1186/s43031-019-0009-6
Minaee, S., Kalchbrenner, N., Cambria, E., Nikzad, N., Chenaghlu, M., & Gao, J. (2021). Deep learning--based text classification: a comprehensive review. ACM computing surveys (CSUR), 54(3), 1-40. https://doi.org/10.1145/3439726
Nugraha, M. T. (2021). Membentuk karakter kepemimpinan pada peserta didik melalui pendekatan pembelajaran deep learning. Al-hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 15-23. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.1026
Nurhakiki, J., & Yahfizham, Y. (2024). Studi Kepustakaan: Pengenalan 4 Algoritma Pada Pembelajaran Deep Learning Beserta Implikasinya. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 270-281. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.598
Primayana, K. H., Dewi, P. Y. A., & Gunawan, I. G. D. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Pada Anak. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 30-39. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i2.929
Putri, I. T. A. (2024). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Era Digital. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92427
Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69-77. https://doi.org/10.61476/186hvh28
Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258-3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Saadah, N. S. N., Anggraeni, R., Solihah, R., & Ropiah, S. (2024). Innovation in Deep Learning and Its Application in Education: An Analysis of Literature Research. Education Research and Inovation, 1(1), 35-43.
Sarkar, M. R. (2024). Deep Learning Methods for Chest X-ray Imaging-Based COVID-19 Pneumonia Detection. Journal Artificial: Informatika Dan Sistem Informasi, 2(1), 1–9. Retrieved from https://pusdig.my.id/artificial/article/view/487
Sharifani, K., & Amini, M. (2023). Machine learning and deep learning: A review of methods and applications. World Information Technology and Engineering Journal, 10(07), 3897-3904.
Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532-542. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449
Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia.Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik,2(2), 69-77. https://doi.org/10.61476/186hvh28
Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model pembelajaran aktif dalam pengembangan kemampuan kognitif anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209-228. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-13
Wijaya, A. A., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 451-457. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1950
Yosintha, R., Yunianti, S. S., & Arochman, T. (2023). Literacy cloud: integrasi teknologi dalam proses pembelajaran bahasa bagi digital Natives. LITERACY, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.