Peningkatan Kemampuan Literasi melalui Pembelajaran Deep Learning pada Siswa Kelas IV UPT SDN 8 Pinrang

Authors

  • Yustina Epik Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Elihami Elihami Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Dedi Setiawan Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5620

Keywords:

Peningkatan, Kemampuan Literasi, Deep Learning, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Urgensi dalam penelitian ini yakni banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menganalisis teks bacaan, disamping pentingnya literasi yang berpengaruh terhadap perkembangan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas IV UPT SDN 8 Pinrang melalui penerapan pembelajaran berbasis deep learning. Oleh karena itu, pendekatan deep learning diterapkan untuk membantu siswa memahami bacaan secara lebih mendalam dan kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SDN 8 Pinrang yang berjumlah 30 orang. Pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan strategi deep learning seperti diskusi mendalam, pemetaan konsep, dan eksplorasi makna dalam teks. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui Tes kemampuan literasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi siswa, baik dalam pemahaman isi bacaan maupun kemampuan berpikir kritis. Siswa lebih mampu menginterpretasikan teks dengan baik dan mengaitkannya dengan pengalaman serta pengetahuan yang telah dimiliki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran deep learning dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa secara efektif. Melalui pendekatan yang tepat, siswa menjadi lebih aktif dalam memahami teks, berdiskusi, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka. Pembelajaran ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam kurikulum sekolah dasar guna meningkatkan kualitas literasi siswa secara berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, I. K. S. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-14. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5304

Arif, M. N., Parawansyah, M. I., Huda, F. H., & Zulfahmi, M. N. (2025). Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Deep Learning. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 4(1), 8-16. https://doi.org/10.55732/jmpd.v4i1.989

Aryani, W. D., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71-82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682

Assulamy, H. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1(01), 1090-1097. https://doi.org/10.26418/jppk.v1i01.88588

Diputera, A. M., & Zulpan, E. G. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful, Mindful dan Joyful: Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. Bunga Rampai Usia Emas, 4(2), 108-120.

Fitriani, A. R., Adhaprilliani, A., Andiska, I., Nabilla, E. R., Mukyi, A., Hanifah, A., ... & Arasid, M. I. (2024). Pengaruh Teknologi terhadap Minat Baca pada Anak-anak di Desa Citasuk: Studi Kasus Rendahnya Kemampuan Literasi Membaca pada Anak-anak di Desa Citasuk. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 2(4), 30-40. https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i4.638

Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 307-314. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416

Hariyanti, R. M. (2024). Deep Learning Pada Pembelajaran “Engkong Banjit”: Best Practice Dari P5RA Min 2 Banjit, Way Kanan. Sinergi Aksi Inovasi Budaya Menulis Inspiratif, 2(2), 90-101. https://orcid.org/0009-0001-3013-489X

Herliani, Y. (2025). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Profita Kota Bandung dalam Menganalisis Teks Negosiasi. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 273-282. https://doi.org/10.59841/saber.v3i1.2310

Judijanto, L. (2024). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Indonesia. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(02), 50-60. https://doi.org/10.58812/spp.v2i02.391

Kardika, R. W., Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Penggunaan Media Digital terhadap Kemampuan Literasi Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6715-6721. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2307

Kazi, S., Khoja, S., & Daud, A. (2023). A survey of deep learning techniques for machine reading comprehension. Artificial Intelligence Review, 56(Suppl 2), 2509-2569. https://doi.org/10.1007/s10462-023-10583-4

Lubis, P., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Gerakan Literasi Sekolah: Tantangan Literasi Di Era Digital Dan Cara Mengatasinya. Jurnal Media Infotama, 19(2), 487-496. https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.4399

Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk literasi membaca pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631-647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436

Madu, F. J., Jediut, M., & Mulu, M. (2022). Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Membaca Pada Siswa Kelas IV SDI Kusu, Manggarai, NTT. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 658-671. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1962

Meilasari, D., & Diana, R. R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Literasi Pada Anak Usia Dini. Jea (Jurnal Edukasi Aud), 8(1), 41-55. https://doi.org/10.18592/jea.v8i1.6364

Miller, E. C., & Krajcik, J. S. (2019). Promoting deep learning through project-based learning: A design problem. Disciplinary and interdisciplinary science education research, 1(1), 7. https://doi.org/10.1186/s43031-019-0009-6

Minaee, S., Kalchbrenner, N., Cambria, E., Nikzad, N., Chenaghlu, M., & Gao, J. (2021). Deep learning--based text classification: a comprehensive review. ACM computing surveys (CSUR), 54(3), 1-40. https://doi.org/10.1145/3439726

Nugraha, M. T. (2021). Membentuk karakter kepemimpinan pada peserta didik melalui pendekatan pembelajaran deep learning. Al-hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 15-23. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.1026

Nurhakiki, J., & Yahfizham, Y. (2024). Studi Kepustakaan: Pengenalan 4 Algoritma Pada Pembelajaran Deep Learning Beserta Implikasinya. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 270-281. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.598

Primayana, K. H., Dewi, P. Y. A., & Gunawan, I. G. D. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Pada Anak. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 30-39. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i2.929

Putri, I. T. A. (2024). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Era Digital. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92427

Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69-77. https://doi.org/10.61476/186hvh28

Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258-3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Saadah, N. S. N., Anggraeni, R., Solihah, R., & Ropiah, S. (2024). Innovation in Deep Learning and Its Application in Education: An Analysis of Literature Research. Education Research and Inovation, 1(1), 35-43.

Sarkar, M. R. (2024). Deep Learning Methods for Chest X-ray Imaging-Based COVID-19 Pneumonia Detection. Journal Artificial: Informatika Dan Sistem Informasi, 2(1), 1–9. Retrieved from https://pusdig.my.id/artificial/article/view/487

Sharifani, K., & Amini, M. (2023). Machine learning and deep learning: A review of methods and applications. World Information Technology and Engineering Journal, 10(07), 3897-3904.

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532-542. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia.Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik,2(2), 69-77. https://doi.org/10.61476/186hvh28

Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model pembelajaran aktif dalam pengembangan kemampuan kognitif anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209-228. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-13

Wijaya, A. A., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 451-457. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1950

Yosintha, R., Yunianti, S. S., & Arochman, T. (2023). Literacy cloud: integrasi teknologi dalam proses pembelajaran bahasa bagi digital Natives. LITERACY, 4(1).

Published

2025-04-20

How to Cite

Epik, Y., Elihami, E., & Setiawan, D. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi melalui Pembelajaran Deep Learning pada Siswa Kelas IV UPT SDN 8 Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 421–431. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5620

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.