Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Retensi Siswa UPT SD Negeri Sinar Mulyo

Authors

  • Rika Fitriani STKIP Muhammadiyah OKU Timur
  • Krisno Budi Prasetyo STKIP Muhammadiyah OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5598

Keywords:

Media Pembelajaran, Interaktif, Retensi Siswa, Kartu Edukatif, Pendidikan Dasar

Abstract

Urgensi dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan retensi siswa sekolah dasar dalam memahami materi pelajaran, khususnya tema Be on Time, sehingga perlunya inovasi media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan karakteristik anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran interaktif berupa kartu edukatif terhadap kemampuan retensi siswa kelas IV di UPT SD Negeri Sinar Mulyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian sebanyak 23 siswa kelas IV diambil menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel karena jumlahnya terbatas. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test sebesar 52,96 meningkat menjadi 81,52 pada post-test, dengan selisih 28,57 poin. Data berdistribusi normal, ditunjukkan oleh nilai signifikansi pretest (0,922) dan posttest (0,994). Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,001, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan kartu edukatif terhadap retensi siswa. Hasil temuan ini menyimpulkan bahwa media kartu edukatif efektif dalam meningkatkan kemampuan retensi siswa dalam memahami materi. Penggunaan media ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran alternatif di sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adella, M., & Lestari, M. R. D. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 995-1003. http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3564

Akbar, M. R., Hanafi, S. H., Widayati, U., & Ramli, R. (2024). Kelayakan Media Pembelajaran Flashcard Interaktif dalam Pemanfaatannya pada Pembelajaran yang Berintegrasi pada Budaya Lokal (Leksikon Kuliner Bima). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1405-1417. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.781

Akramunnisa, A., Prasti, D., & Dodi, D. (2023). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas X SMAN 19 Luwu . Jurnal Literasi Digital, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.222

Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap motivasi. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55-62. http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727

Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan media kartu kuartet pada pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal penelitian pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992

Hardina, R. (2024). Permainan Edukatif Berbasis Kartu dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(2), 67-76. https://doi.org/10.61650/jptk.v2i2.260

Hasan, H., Rusdin, R., Idhar, I., Jamaah, J., & Nurhayati, N. (2024). Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Media Flashcard Edukatif Berbasis Budaya Lokal. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 191-196. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.435

Hermawan, A. D. (2015). Pengembangan Kartu Permainan Edukatif Untuk Pengetahuan Cabang-Cabang Olahraga. Journal of Sport Science and Fitness, 4(2). https://doi.org/10.15294/jssf.v4i2.6289

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Munafiah, N. U., Uminar, A. N., Pralikha, T. P., & Munir, M. (2025). Implementasi Alat Permainan Edukatif Melalui Media Kartu Angka dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Quantum Edukatif: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(1), 11-17.

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121-126. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139

Nisak, S., & Arifin, Z. (2024). Pengaruh Media Permainan Menyusun Kata Pada Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Literasi dan Kemandirian Siswa Kelas II SD Negeri Pesanggrahan 1 Kwanyar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2109-2114. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2338

Ramadhani, N., Ulya, W. J., Nustradamus, S. B., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Sistematic literature riview: peran media pembelajaran interaktif dan konvensional pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 99-114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1941

Ramadhani, U. H., & Arifin, M. B. U. B. (2024). Augmented Reality Flashcards for Arabic Vocabulary Learning. Indonesian Journal of Islamic Studies, 12(2). https://doi.org/10.21070/ijis.v12i2.1756

Royani, A., & Muafia, E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Interaktif pada Materi Huruf Hijaiyah Bersambung dan Harakat di Kelas II SD Negeri 1 Plalangan Situbondo. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(1), 160-169. https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i1.29

Rusdi, M. I., Prasti, D., & Rasyid, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman IPA Kelas VII SMPN 3 Bone-Bone. Jurnal Literasi Digital, 2(3), 168–175. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.223

Rusmaidah, R., Masyfufah, S., & Juniarti, J. (2025). Implementasi media pembelajaran alat permainan edukatif (APE) kartu angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Jelatik: Jurnal Lentera Pendidikan Islam, 1(1), 1-15.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web articulate storyline pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439-448. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606

Syukri, S., & Humaera, I. (2019). Gaining Motivation on English Learning for Special Need Students Using Flashcards, Foldable Books and Posters in EFL Context. Langkawi: Journal of The Association for Arabic and English, 5(2), 91-101. https://doi.org/10.31332/lkw.v5i2.1303

Utami, A. N., Syarifuddin, F., Humairoh, S. A. F., Sahidi, S. N., Nafiah, T., & Nurrohim, A. (2025). The Effectiveness of Flashcard Media as a Hijaiyah Script Learning Media at TPQ Shaqul Al Husna in Indonesia. Solo Universal Journal of Islamic Education and Multiculturalism, 3(01), 57-66. https://doi.org/10.61455/sujiem.v3i01.249

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066

Published

2025-05-31

How to Cite

Fitriani, R., & Prasetyo, K. B. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Retensi Siswa UPT SD Negeri Sinar Mulyo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 479–490. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5598

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.