Penerapan Strategi The Power of Two melalui Media Roda Putar untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Materi Salat Kelas IV di SDN 364 Labokke Puty
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5576Keywords:
Penerapan Strategi, The Power of Two, Media Pembelajaran, Roda Putar, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini memiliki urgensi yang tinggi karena rendahnya minat belajar peserta didik terhadap materi salat, yang berdampak pada kurangnya pemahaman dan pengamalan salat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih inovatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran agama, khususnya salat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi the power of two melalui media roda putar untuk meningkatkan minat belajar pada materi salat kelas IV SDN 364 Labokke Puty. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dua sikus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 364 Labokke Puty. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti berupa observasi dan angket. Data yang dikumpul akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini efektif meningkatkan minat belajar peserta didik. Pada siklus I, dari 22 peserta didik, hanya 5 peserta didik (22,73%) yang menunjukkan peningkatan minat belajar, sementara 17 siswa lainnya (77,27%) belum meningkat. Namun, pada siklus II, minat belajar peserta didik meningkat secara jelas hingga mencapai 100%. Rata-rata minat belajar juga mengalami kenaikan, dari 68,18% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Strategi The Power of Two dengan media roda putar terbukti berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, meningkatkan perhatian, partisipasi, serta perasaan peserta didik dalam proses pembelajaran
Downloads
References
Amin, M. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religiusitas Peserta Didik di MTs Al-Muhaimin Palopo. INCARE, International Journal of Educational Resources, 3(4), 400-408. https://doi.org/10.59689/incare.v3i4.502
Amin, M. A. (2022). Penggunaan Media Kartu Pembelajaran dalam Menemukan Isi Kandungan QS. Al-Ikhlas (112): 1-4. INCARE, International Journal of Educational Resources, 3(4), 365-375. https://doi.org/10.59689/incare.v3i4.501
Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2025). Pengaruh shalat lima waktu terhadap disiplin dan kualitas hidup. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 70-78. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4458
Budiman, S. H., Setiawan, C., & Yumna, Y. (2022). Konsep terapi salat menurut perspektif Moh. Ali Aziz. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(3), 648-665. https://doi.org/10.15575/jpiu.16827
Dewi, E. (2019). Potret pendidikan di era globalisasi teknosentrisme dan proses dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93-116. https://doi.org/10.32533/03105.2019
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Fitrianto, Y., Rustan, E., & Takwim, M. (2022). Minat kunjung pembaca ditinjau dari desain interior dan koleksi buku di Perpustakaan IAIN Palopo. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 8(1), 13-24. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i1.38306
Hadi, M. N., Inganah, S., & Lutifati, E. (2022). Efektivitas metode the power of two Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SDN lemahbang II sukorejo. Jurnal Mu'allim, 4(2). https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3101
Hamzah, H., Utami, L. S., & Zulkarnain, Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 5(2), 77-81. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1192
Hasriadi, H., Ihsan, M., Arifuddin, A., Yamin, M., Al-Hamdany, M. Z., & Putri, D. M. (2023). Media pembelajaran inovatif berbasis lingkungan pembelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Pengkendekan Luwu Utara. Madaniya, 4(2), 531-539. https://doi.org/10.53696/27214834.426
Hasyim, H., Wulandari, S., & Syahputra, E. (2024). Penerapan model pembelajaran the power of two untuk meningkatkan minat dan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 131-137. https://doi.org/10.29210/1202424693
Hidayat, A., Sa'diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71-86. https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.639
Kartini, K., Syamsuddin, N., Mustafa, M., Pamessangi, A. A., Nurmiati, N., Sukirman, S., ... & Chaeril, M. (2022). Pelatihan Penerapan Media Inovatif Dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren Putra Dato Sulaeman. Madaniya, 3(4), 737-744. https://doi.org/10.53696/27214834.272
Mariana, N., Relita, D. T., & Marganingsih, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Panca Setya 1 Sintang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(1), 99-109. https://doi.org/10.31932/jpe.v9i1.3302
Marwiyah, S., & Alauddin, A. (2023). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(2), 233-248. https://doi.org/10.24256/kelola.v8i2.4153
Meinhardi, A. (2022). Implementasi model pembelajaran discovery learning guna meningkatkan minat belajar pada pelajaran penjasorkes peserta didik kelas XI IPA 1 di MAN 2 Kota Padang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 471-480. https://doi.org/10.5281/zenodo.7016081
Mutahar, L. F., & Abdullah, A. (2024). Metode Dakwah Ustadz Evri Heika Tentang Hikmah Salat Pada Pengajian Masjid Al-Musannif Al-Amin Kecamatan Sunggal. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 7(3), 624-636. https://doi.org/10.31538/almada.v7i3.5137
Najiah, N. F., Fakhrunnisaa, N., & Assafari, A. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Web Kelas XIPA di SMAN 1 Enrekang. ISLAMIKA, 6(3), 699-711. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i3.4632
Nurhayati, A. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran the Power of Two. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1386-1392. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1688
Rahmajati, D. A. R., & Dewi, K. K. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Kelas VII F di SMP Negeri 11 Surakarta. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 84-91.https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.78714
Rahman, U., & Rahma, N. (2021). Pengamalan Nilai Tauhid Uluhiyah Dalam Ibadah Salat Pada Remaja. Jurnal Sipakalebbi, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.24252/jsipakallebbi.v5i1.20313
Rani, H. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran SKI Melalui Model Pembelajaran The Power Of Two. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(1), 35-44. https://doi.org/10.58230/27454312.78
Rusdiyawanti, N., Hikmah, N., Azmi, S., & Hayati, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 232-238. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.50
Selfara, T. S. R. A., Wijayanti, R., & Faulina, R. (2022). Pengaruh Model Quantum Learning Berbantu Media Roda Putar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(1), 80-88. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5617
Simanjuntak, G. G., & Andayani, L. S. (2022). Efektivitas Permainan Roda Putar terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Mengenai COVID-19 di SD Cahaya Pengharapan Abadi Deli Serdang. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 4(1), 7. https://doi.org/10.47034/ppk.v4i1.5997
Veranda, W., & Yamin, M. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Mengembangkan Kompetensi Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Siswa. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 1(1), 15-21. https://doi.org/10.58230/ijier.v1i1.48
Zenni, N., & Arini, N. W. (2024). Pengembangan media pembelajaran roda putar pada materi cerita rakyat di kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 6(2), 265-274. https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.11128
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.