Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPAS kelas V di SDN 3 Selong
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5521Keywords:
Pengaruh, Gaya Belajar, Hasil Belajar IPAS, Ex Post FactoAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik, khususnya dalam konteks gaya belajar, untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SDN 3 Selong. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan desain kausal komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket tertutup untuk variabel gaya belajar dan dokumentasi untuk mengumpulkan data hasil belajar IPAS. Subjek penelitian terdiri dari 60 peserta didik kelas V di SDN 3 Selong yang dipilih melalui teknik sampel jenuh. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik kelas V di SDN 3 Selong cenderung memiliki gaya belajar visual, dengan 28 peserta didik (46,6%) yang termasuk dalam kategori cukup. Hasil belajar IPAS, yang dilihat dari nilai ulangan akhir semester (UAS), menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik berada dalam kategori sedang dengan rata-rata tertinggi 77,89. Berdasarkan analisis dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh T hitung > T tabel, dengan nilai signifikansi 0,312 yang lebih besar dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SDN 3 Selong. Gaya belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 20%. Kata kunci: Gaya belajar, hasil belajar IPAS.
Downloads
References
Adhani, H., Nurhasanah, N., Tahir, M., & Oktavianty, I. (2022). Gaya belajar siswa: Apakah ada hubungannya dengan hasil belajar siswa?. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 62-71. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1421
Aprilia, B. L. K., Jamaluddin, J., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2732-2743. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1065
Aprilia, L. A., Setyaningtyas, E. W., & Slameto, S. (2018). Meningkatkan hasil belajar ipa dengan penerapan model pembelajaran jigsaw berbasis kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 61-72. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2529
Aslikhatin, S. (2020). Pengaruh gaya belajar VAK (visual, audio, kinestetik) terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Darul Karomah Singosari. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 15(29).
Cuevas, J. (2015). Is learning styles-based instruction effective? A comprehensive analysis of recent research on learning styles. Theory and Research in Education, 13(3), 308-333. https://doi.org/10.1177/1477878515606621
Djara, J. I., Imaniar, M., Sae, E., & Anin, S. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 226-233. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1907
Ediyanto, E. (2023). Identifikasi gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada peserta didik sekolah dasar. Student Research Journal, 1(2), 125-129. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.174
Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25-34. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226
Febriani, S., Taufik, M., & Verawati, N. N. S. P. (2019). Pengaruh model guided discovery learning dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika peserta didik MAN 1 Mataram ditinjau dari gaya belajar VAK. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 82-90. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i1.872
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69-82. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.256
Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Prasetya, N. A. D. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa Dan Literasi Sains Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(02), 31-38.
Mallawi, M. A. M., & Nurdahlia, D. U. (2024). Pengaruh gaya belajar visual terhadap kemampuan analisis materi pembagian kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan tahun pelajaran 2023/2024. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, 6(1), 70-78. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i1.3633
Mardatillah, A., Nurhaswinda, N., Sumianto, S., Fadhilaturrahmi, F., & Kusuma, Y. Y. (2023). Penerapan model pembelajaran drill untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1126-1131. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1318
Marpaung, J. (2015). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2). https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Nazib, F. M., Saifullah, I., Nasrullah, Y. M., & Hanifah, F. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2764-2773. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.505
Nurnaifah, I. I., Akhfar, M., & Nursyam, N. (2022). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 84-92. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.19
Rahman, A. A., & Yanti, S. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu di kelas vii smp negeri 1 peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(2).
Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486
Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53-60. http://dx.doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818
Telaumbanua, E. D. P., & Harefa, A. R. (2024). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Journal of education research, 5(1), 691-697. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.873
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.