Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw dan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Akrostik Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5511Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Media Kartu Bergambar, Keterampilan Menulis, Puisi AkrostikAbstract
Akrostik menjadi salah satu komponen penting dalam pembelajaran yang dipercaya mampu membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi. Peserta didik SD cenderung mengalami kesulitan dalam menulis puisi, sehingga diperlukan model pembelajaran serta media yang dapat menarik keterampilan peserta didik dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas model jigsaw dan media kartu bergambar dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi akrostik peserta didik SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus dimana masing-masing siklus mencangkup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi serta melibatkan 18 peserta didik kelas V SD 1 Wergu Kulon. Data yang dihasilkan diperoleh dari observasi, tes, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan keterampilan menulis puisi akrostik meningkat dari 70,3 (cukup terampil) pada siklus I menjadi 87,9 (sangat terampil) pada siklus II. Berdasarkan Indikator keberhasilan jika 75% peserta didik menunjukkan peningkatan keterampilan menulis dengan skor ≥71. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model jigsaw dan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi akrostik peserta didik SD
Downloads
References
Alipah, S., & Putra, L. V. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran JIGSAW Berbantu Flashcard dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SDN 1 Wanglu. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 17(1), 81-89. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14612
Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29-33.
Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan media e-story book berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran dongeng sastra anak kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1939-1954. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7827
Cahyani, W. P., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Predict Observe Explain (Poe) Pada Siswa Kelas V Sd 7 Bulung Kulon. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6346-6358. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8856
Fatihatin, D. A., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Flipbook Padiku Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 604-618. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3571
Handika, D., Santoso, S., & Ismaya, E. A. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dan Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1544-1550. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1449
Hartati, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Menghafal Lambang Unsur Golongan A dan Golongan B Dalam Sistem Periodik Unsur (SPU) Melalui Teknik Puisi Akrostik Pada Kelas X-11 SMAN. Jurnal Profesi Keguruan, 9(3), 266-274.
Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 673-680. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416
Hikmawati, F., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Parafrase Puisi Ke Prosa Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 10-17.
Joeniarni, L., & Mulyoto, M. (2022). Penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan media kartu aksara untuk meningkatkan minat dan hasil belajar keterampilan menulis aksara Jawa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 10(1), 72-80. https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.3646
khasanah Khasanah, R., & Hadi, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran PBL Berbasis STEAM dengan bantuan media Quartet Card Inovation untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi pada pembelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(2), 213-227. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i2.3786
Kironoratri, L., Bakhruddin, A., Fardani, M. A., & Ardianti, S. D. (2023). “EMOPUAN” Berbasis Keunggulan Lokal Pati Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Sosial Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 788-803. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.849
Pratiwi, N., & Koeswanti, H. D. (2024). Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13060-13068. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14343
Rahayu, S., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Cerita Perang Obor 3d Dalam Masalah Keterampilan Menulis Pada Kelas V SD 2 Karanggondang. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(4), 997-1011. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i4.1319
Sekarwangi, P. A., Cahyaningtyas, M. S., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2024). Systematic Literature Review (SLR): Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 5(1), 60-66. https://doi.org/10.30738/jipg.vol5.no1.a15563
Setiyana, T., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2023). Media Kartu Dengan Kearifan Lokal Gusjigang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. Educatio, 18(1), 118-128. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.9438
Suherman, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik (Penelitian Tindakan Kelas). Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 33-48. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1720
Sujarwo, T. N., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Sidomulyo 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3203-3209. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8596
Yanti, C. H., Neisya, N., Aprilia, F., & Mayrita, H. (2023). Pengembangan Kemampuan Menulis Puisi Untuk Anak: Early Literacy. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(3), 187-193. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2555
Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 41-56. http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i1.90
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.