Peningkatan Kemampuan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Pemanfaatan Bahan Daur Ulang Sampah Plastik pada Pembelajaran Seni Rupa
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5448Keywords:
Kemampuan Kreativitas, Siswa Sekolah Dasar, Bahan Daur Ulang, Sampah Plastik, Pembelajaran Seni RupaAbstract
Penelitian ini di latarbelakangi dengan rendahnya kemampuan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 3 Geneng dengan pembelajaran seni rupa pada materi bahan daur ulang sampah plastik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas siswa dengan memanfaatkan bahan daur ulang sampah plastik pada pembelajaran seni rupa siswa kelas IV SD Negeri 3 Geneng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen dengan jenis the one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain nilai rata-rata pretest 65 sedangkan rata-rata nilai posttest 75,50 menunjukkan hasil score siswa sebesar 0,31 dengan kriteria sedang. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kreativitas siswa melalui pemanfaatan bahan daur ulang sampah plastik pembelajaran seni rupa siswa kelas IV SD Negeri 3 Geneng.
Downloads
References
Auliawati, N., Hasnawati, H., & Anggraini, D. (2021). Studi Deskriptif Hasil Karya Seni Montase Pada Bidang Tiga Dimensi Pada Siswa Sekolah Dasar. JURIDIKDAS (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(1), 83-93. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.83%20-%2093
Darmawan, A. D., Fardani, M. A., & Ermawati, D. (2024). Tingkat Keefektivan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pblterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa KelaS 5 SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 317-327. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18781
Fajrie, N., Pratiwi, B. S., Kironoratri, L., & Purbasari, I. (2024). Pengaruh Berkarya Seni Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Estetis Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(4), 247-253. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i4.4249
Fujiaturrahman, S., Fitriani, Y., Putri, A. D. E., Nurnadya, N., Nadira, N., Sukmawati, S., ... & Musliyono, M. (2025). Pengelolaan Sampah Plastik Untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Siswa Sdn 1 Keruak. JCES (Journal of Character Education Society), 8(1), 1-8. https://doi.org/10.31764/jces.v8i1.27245
Hariyani, T. I., Fajrie, N., & Roysa, M. (2021). Kreativitas Seni Melalui Metode Collective Painting. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6237
Hidayah, N. M., & Zumrotun, E. (2024). Pemanfaatan Sampah Plastik Dalam Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 356-366. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1369
Kadir, D., Ningtias, A., Ramadhani, S., Mutiara, S., Wardina, J., & Rahmaida, R. (2024). Pemanfaatan Limbah Pesisir Untuk Membangkitkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Di Pantai Labu Pekan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10837-10840. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37253
Kaulan, M. K. K., Aghniarrahmah, C., & Maulita, R. (2024). Peningkatan Kesadaran Dan Kreativitas Pengelolaan Sampah Plastik Bagi Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Ecobrick. PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 3(3), 1-13. https://doi.org/10.61721/pendis.v3i3.398
Lestari, E. A., Fardani, M. A., & Fajrie, N. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Memanfaatkan Limbah Plastik Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 899-917. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3786
Manan, M., Irwan, I., Agusalim, A., Kamarudin, K., Agus, J., Suarti, S., ... & Tria, T. (2023). Pemanfaatan Limbah Plastik Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar. Journal Of Human and Education (JAHE), 3(3), 406-412. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.384
Martini, M., Nawwir, Y., Kade, S., Rahman, A. A., & Amin, K. F. (2025). Mengasah Kepedulian Siswa terhadap Efek Limbah Plastik melalui Project Based Learning. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 8(1), 39-49. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5228
Nilamsari, A., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 490-498. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4695
Ningsih, S. S. F., & Hadi, M. S. (2025). Analisis Kreativitas Siswa Kelas 4 SDN Parung Bingung dalam Pengelolaan Sampah Plastik melalui Teknik Ecobrick sebagai Upaya Edukasi Lingkungan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1591-1594. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6900
Nufus, A. S., & Juningsih, N. (2022). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Media Bahan Bekas Pada Siswa Kelompok A. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 45-52. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i2.5837
Nurrochmawati, N., & Barriyah, I. Q. (2024). Kreativitas Siswa Mendaur Ulang Sampah Plastik Dengan Kegiatan Menganyam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2444-2455. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11789
Purwati, R. D. (2023). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sdn Cilegon Ix Sebagai Upaya Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Journal of Student Research, 1(2), 394-403. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1047
Sari, K. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50
Sholehah, N., & Rindaningsih, I. (2024). Penerapan P5 Melalui Kreativitas Siswa Dalam Membuat Ecobrik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 233-246. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19557
Sholikhah, O. M., & Utami, E. W. S. (2024). Peningkatan Kesadaran Lingkungan dan Kreativitas Anak-anak melalui Seni Kriya Daur Ulang di Desa Ngiliran. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Dan Komunitas, 1(1), 23–27. https://doi.org/10.52620/jpmk.v1i1.21
Sulistiyani, R. (2022). Pelatihan daur ulang sampah botol plastik sebagai media pembelajaran pengelolaan sampah dan kreativitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat-PIMAS, 1(1), 10-21. https://doi.org/10.35960/pimas.v1i1.736
Tyas, Y. C., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Kata. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 78–88. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4790
Ulfa, N. A., Fakhriyah, F., & Fardhani, M. A. (2020). Model Mind Mapping Berbantuan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26555
Win, A., Suartini, L., & Sutrisno, L. B. (2024). Pembelajaran Seni Rupa Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus di SDN 1 Sudaji). Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 14(1), 14-26. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v14i1.78043
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.