Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik di UPT SD Negeri 7 Tekolabbua
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5392Keywords:
Implementasi, Proyek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, Penguatan Karakter, Peserta DidikAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pemahaman yang lebih mendalam tentang implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya untuk membentuk karakter siswa yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi P5 di UPT SD Negeri 7 Tekolabbua, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Penelitian ini menganalisis implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di UPT SD Negeri 7 Tekolabbua serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. penelitian ini di laksanakan di UPT SD Negeri 7 Tekolabbua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 dilakukan melalui proyek berbasis tema yang menanamkan nilai gotong royong, kemandirian, dan berpikir kritis. Faktor pendukung meliputi dukungan kepala sekolah, keterlibatan guru, partisipasi orang tua, serta sarana dan prasarana yang memadai. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap konsep P5, kurangnya fleksibilitas waktu dalam pembelajaran, dan minimnya sumber daya pendukung. Untuk meningkatkan efektivitas P5, diperlukan pelatihan guru secara berkelanjutan, optimalisasi peran orang tua dan masyarakat, serta kebijakan sekolah yang lebih fleksibel agar implementasi program dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan
Downloads
References
Andriani, A. (2022). Penguatan profil pelajar Pancasila melalui disiplin positif (DISPOS): Menghilangkan sanksi menjadi kesepakatan. Maghza pustaka.
Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk pondasi moral generasi penerus bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113-125. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.3005
Arzfi, B. P., Montessori, M., & Rusdinal, R. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pembentuk Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 747-753. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1405
Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001-1006. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373
Eko, R., Setiawan, D., & Yus, A. (2024). Analysis of the implementation of Profil Pelajar Pancasila through school culture. Inovasi Kurikulum, 21(1), 481-500. https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.64971
Fauziah, N. N., Husna, N., & Hidayat, R. (2023). Analisis Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lilalamin pada KMA No. 347 tahun 2022. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i1.472
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Hidayati, A., Ibrahim, I., Asri, D., Imelda, I., & Wati, I. P. (2024). Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di Mi Ikhlasiyah Palembang. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), 18-34. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.199
Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman karakter gotong royong berbasis p5 di smp muhammadiyah 8 batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152-1161. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420
Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., Kholik, A., Aminulloh, M., Utami, I. I. S., Efendi, I., & Gunadi, G. (2022). Pendampingan penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar berorientasi pelajar pancasila. Warta LPM, 164-174. https://doi.org/10.23917/warta.v25i2.642
Lestari, L. D., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdn 28 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4302-4316. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7725
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85-90. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 14-28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Sari, A. P., Zumrotun, E., & Sofiana, N. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 65-75. https://doi.org/10.33506/jq.v12i2.2898
Septiany, S., Darmayanti, M., & Hendriani, A. (2024). Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 12(2), 170-189. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v12i2.31740
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195-208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082
Susanto, S., Eliyanti, E. T. S., Aunurrahman, A., & Halida, H. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1405-1409. Susanto, S., Eliyanti, E. T. S., Aunurrahman, A., & Halida, H. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1405-1409. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3453
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696-703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287
Yani, M. T., Rosyanafi, R. J., Hazin, M., Cahyanto, B., & Nuraini, F. (2024). Profil Pelajar Pancasila dari Perspektif Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Kediri. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(1), 1-8. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p1-8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.