Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik di UPT SD Negeri 7 Tekolabbua

Authors

  • Nurfaidah Nurfaidah Universitas Negeri Makassar
  • Musatafa Musatafa Universitas Negeri Makassar
  • Sayidman Sayidman Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5392

Keywords:

Implementasi, Proyek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, Penguatan Karakter, Peserta Didik

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pemahaman yang lebih mendalam tentang implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya untuk membentuk karakter siswa yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi P5 di UPT SD Negeri 7 Tekolabbua, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Penelitian ini menganalisis implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di UPT SD Negeri 7 Tekolabbua serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. penelitian ini di laksanakan di UPT SD Negeri 7 Tekolabbua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 dilakukan melalui proyek berbasis tema yang menanamkan nilai gotong royong, kemandirian, dan berpikir kritis. Faktor pendukung meliputi dukungan kepala sekolah, keterlibatan guru, partisipasi orang tua, serta sarana dan prasarana yang memadai. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap konsep P5, kurangnya fleksibilitas waktu dalam pembelajaran, dan minimnya sumber daya pendukung. Untuk meningkatkan efektivitas P5, diperlukan pelatihan guru secara berkelanjutan, optimalisasi peran orang tua dan masyarakat, serta kebijakan sekolah yang lebih fleksibel agar implementasi program dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A. (2022). Penguatan profil pelajar Pancasila melalui disiplin positif (DISPOS): Menghilangkan sanksi menjadi kesepakatan. Maghza pustaka.

Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk pondasi moral generasi penerus bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113-125. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.3005

Arzfi, B. P., Montessori, M., & Rusdinal, R. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pembentuk Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 747-753. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1405

Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001-1006. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373

Eko, R., Setiawan, D., & Yus, A. (2024). Analysis of the implementation of Profil Pelajar Pancasila through school culture. Inovasi Kurikulum, 21(1), 481-500. https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.64971

Fauziah, N. N., Husna, N., & Hidayat, R. (2023). Analisis Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lilalamin pada KMA No. 347 tahun 2022. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i1.472

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Hidayati, A., Ibrahim, I., Asri, D., Imelda, I., & Wati, I. P. (2024). Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di Mi Ikhlasiyah Palembang. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), 18-34. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.199

Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman karakter gotong royong berbasis p5 di smp muhammadiyah 8 batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152-1161. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420

Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., Kholik, A., Aminulloh, M., Utami, I. I. S., Efendi, I., & Gunadi, G. (2022). Pendampingan penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar berorientasi pelajar pancasila. Warta LPM, 164-174. https://doi.org/10.23917/warta.v25i2.642

Lestari, L. D., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdn 28 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4302-4316. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7725

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85-90. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 14-28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Sari, A. P., Zumrotun, E., & Sofiana, N. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 65-75. https://doi.org/10.33506/jq.v12i2.2898

Septiany, S., Darmayanti, M., & Hendriani, A. (2024). Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 12(2), 170-189. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v12i2.31740

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195-208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082

Susanto, S., Eliyanti, E. T. S., Aunurrahman, A., & Halida, H. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1405-1409. Susanto, S., Eliyanti, E. T. S., Aunurrahman, A., & Halida, H. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1405-1409. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3453

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696-703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287

Yani, M. T., Rosyanafi, R. J., Hazin, M., Cahyanto, B., & Nuraini, F. (2024). Profil Pelajar Pancasila dari Perspektif Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Kediri. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(1), 1-8. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p1-8

Published

2025-03-14

How to Cite

Nurfaidah, N., Musatafa, M., & Sayidman, S. (2025). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik di UPT SD Negeri 7 Tekolabbua. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 181–192. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5392

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.