Teori Belajar Van Hiele dalam Penyajian Materi Geometri Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif

Authors

  • Nur Sakinah Aries Universitas Negeri Gorontalo
  • Fidyawati Monoarfa Universitas Negeri Gorontalo
  • Reska Putri Ismail Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4841

Keywords:

Kemampuan, Berpikir Matematis, Gaya Kognitif, Teori Van Hiele, Geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi geometri yang disajikan berdasarkan teori belajar Van Hiele, dengan memperhatikan perbedaan gaya kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang berfokus pada penggambaran kemampuan berpikir kreatif siswa melalui wawancara langsung dan analisis hasil tes kemampuan berpikir kreatif mereka. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Talaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, yang dipilih berdasarkan beberapa kriteria: (1) gaya kognitif siswa berdasarkan hasil tes Group Embedded Figures Test (GEFT), yaitu dua siswa dengan gaya kognitif field-independent dan dua siswa dengan gaya field-dependent, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan informasi dari guru mata pelajaran matematika, dan (3) kesediaan siswa untuk berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kognitif memengaruhi variasi kemampuan berpikir kreatif siswa, khususnya dalam hal kefasihan, fleksibilitas, dan keaslian dalam menyelesaikan masalah geometri. Temuan ini memberikan wawasan mengenai perbedaan karakteristik berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya kognitif yang berbeda, serta menjadi rujukan untuk pengembangan strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya kognitif siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiastuty, N., Waluya, S. B., Junaedi, I., Masrukan, M., & Putri, C. M. (2022). Pengaruh Gaya Kognitif dan Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 5, 756.

Amina, S., Listiawati, E., Affaf, D. M., Matematika, P. P., & Pgri Bangkalan, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 120–126. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5230

Andiyana, M. A., Maya, R., Hidayat, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248

Aries, N. S., Rivai, S., Monoarfa, F., Ismail, R. P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Integrasi Pendekatan Open Ended Problem dalam Pengembangan Modul Digital untuk Penguatan Konsep Dasar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5616–5627. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13268

Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan teori belajar Van Hiele berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Prisma, 9(1), 47-56. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.845

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Edumath, 3(2), 155–163. https://doi.org/https://doi.org/10.52657/je.v3i2.460

Febrianingsih, F. (2022). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.692

Hasdi, Manuharawati, & Sulaiman, R. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1393–1398. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1040

Kurnia, A. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis kemampuan berpikir geometri berdasarkan tahap berpikir van Hiele pada pembelajaran matematika siswa SMP. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(2), 419-430. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3618

Marwazi, M., Masrukan, M., & Putra, N. M. D. (2019). Analysis of problem solving ability based on field dependent cognitive style in discovery learning models. Journal of Primary Education, 8(2), 127-134.https://doi.org/10.15294/jpe.v8i2.25451

Palayukan, H., Langi, E. L., Palengka, I., & Hima, L. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Kubus dan Balok. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 879-884. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.366

Pratiwi, F., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2020). Penerapan teori belajar Van Hiele untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 128-138. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.5534

Renanda, A., Qohar, A., & Chandra, T. D. (2023). Analisis peningkatan level berpikir geometri mahasiswa berdasarkan teori Van Hiele dengan pendekatan konstruktivisme. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 101-114.

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4880

Sari, E. M. J., & Budiarto, M. T. (2016). Profil Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer Dan Verbalizer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5), 39. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n2.p%25p

Telaumbanua, Y. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 598–605. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.88

Umah, U. (2020). Comparison of Students’ Covariational Reasoning Based on Differences in Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Style. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 41–54. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v4i1.638

Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., Refando, A., & Tangerang, U. M. (2020). Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 365–374.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.

Wulan, E. R. (2019). Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Factor M, 1(2). https://doi.org/10.30762/f_m.v1i2.1503

Published

2024-12-17

How to Cite

Aries, N. S., Monoarfa, F., & Ismail, R. P. (2024). Teori Belajar Van Hiele dalam Penyajian Materi Geometri Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 782–794. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4841

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.