Penerapan Model Problem Based Learning dan Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri Pao-Pao
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4806Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media Wordwall, Meningkatkan, Keaktifan SiswaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas III SD Negeri Pao-Pao, di mana siswa cenderung pasif dan kurang terlibat dalam diskusi atau kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran tradisional yang kurang memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang didukung oleh media Wordwall untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pelajaran matematika di kelas III SD Negeri Pao-Pao. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Pao-Pao, yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus mencakup empat tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keaktifan siswa, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi perubahan dalam keaktifan siswa dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL yang didukung media Wordwall berhasil meningkatkan keaktifan siswa. Pada siklus pertama, keaktifan siswa berada pada kategori sedang, namun setelah perbaikan dilakukan pada siklus kedua, keaktifan siswa meningkat ke kategori tinggi, sesuai data dari lembar observasi keaktifan siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan metode pembelajaran inovatif seperti PBL yang didukung oleh teknologi untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Model ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih mendalam, tetapi juga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Dengan demikian, Wordwall sebagai media pendukung terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.
Downloads
References
Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55
Ahmadiyanto, A. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-ruf-si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas Viiic SMP Negeri 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-993. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i2.2326
Aliya, N., Amin, S. M., Muawanah, M., Indrati, J., & Nafi’ah, U. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II-C SDN Margorejo VI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1094-1103.https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2203
Harwati, C. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal pendidikan profesi guru, 2(2), 51-55. https://doi.org/10.22219/jppg.v2i2.14834
Lestari, N. W. A. D., & Fitriana, L. B. (2018). Usia dan frekuensi mengkonsumsi makanan kariogenik berhubungan dengan kejadian karies gigi anak. Journal of Holistic Nursing Science, 5(2), 72-81. https://doi.org/10.31603/nursing.v5i2.2433
Listyarini, I., Layyina, H., & Nursyahadiyah, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Wordwall Pada Siswa Kelas V SDN Peterongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3370-3378.https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608.
Meysandi, S. I., Zumrotun, E., & Widiyono, A. (2024). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD. Kappa Journal, 8(2), 225-229 https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.27265.
Minarto, S. A., Sugita, I. W., & Kholil, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggambar Teknik Untuk Mahasiswa Berbasis Android. Risenologi, 6(2), 71-76. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.62.225
Ningsih, N. Q. (2023). Penerapan Pendekatan Integratif Keterpaduan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Mangkura II Makassar. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 616-624. https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.1103
Prastiwi, E., & Halidjah, S. (2024). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 278-288. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.2758
Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2019). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). Guepedia.
Putri, Y. A. (2023). PJBL Implmentasi Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Word Wall Pada Materi Norma Dan Aturan Kelas V SD Pancasila. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2368-2377. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2231
Rodzikin, K., & Cahya, D. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 4 Palembang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 10(1), 13-25.
Rohmah, M. N., Marlina, L., Murtopo, A., Hartatiana, H., & Sartika, I. D. (2023). Pengembangan Media Buku Ajar 3M (Menempel, Mewarnai, Dan Menulis) Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Kelas B Di Tk Negeri 1 Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 5587-5599.
Safa, B. S. S., Winata, W., Wicaksono, D., & Munadi, Y. (2024). DEVELOPMENT OF Self-Directed Learning Strategies Through Media Kvisoft Flipbook Maker For Increase English Skills. The Social Perspective Journal, 3(1). https://doi.org/10.53947/tspj.v3i1.672
Sari, T. P. (2022). Pengembangan Media Finger Math Method menjadi Pinball Game untuk Melatih Keterampilan Berhitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 87-96.ttps://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1849
Sihite, S., Saragih, M., & Sihombing, L. R. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD NEGERI 060857 Medan Tembung. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(03), 524-534. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i03.4031
Viranny, S. N. I., & Wardhono, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I UPT SD Negeri Sidorejo 3. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(11), 81-90. https://doi.org/10.9644/sindoro.v5i11.4911
Widyowati, A. P., Nursyahidah, F., Azizah, M., & Saraswati, D. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media wordwall untuk meningkatkan keaktifan peserta didik SD pada pelajaran matematika. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4032-4044. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1243
Nu’man, M. A., Nursyahidah, F., Fatonah, F., & Artharina, F. P. (2024). Pengaruh Model PBL Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 4(3), 183-192.. https://doi.org/10.51878/edutech.v4i3.3308
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.