Penerapan Model Problem Based Learning dan Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri Pao-Pao

Authors

  • Novita Sari Samara Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mutmainna Mutmainna Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Ardilla Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Siti Suleha Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursakiah Nursakiah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4806

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media Wordwall, Meningkatkan, Keaktifan Siswa

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas III SD Negeri Pao-Pao, di mana siswa cenderung pasif dan kurang terlibat dalam diskusi atau kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran tradisional yang kurang memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang didukung oleh media Wordwall untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pelajaran matematika di kelas III SD Negeri Pao-Pao. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Pao-Pao, yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus mencakup empat tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keaktifan siswa, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi perubahan dalam keaktifan siswa dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL yang didukung media Wordwall berhasil meningkatkan keaktifan siswa. Pada siklus pertama, keaktifan siswa berada pada kategori sedang, namun setelah perbaikan dilakukan pada siklus kedua, keaktifan siswa meningkat ke kategori tinggi, sesuai data dari lembar observasi keaktifan siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan metode pembelajaran inovatif seperti PBL yang didukung oleh teknologi untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Model ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih mendalam, tetapi juga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Dengan demikian, Wordwall sebagai media pendukung terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55

Ahmadiyanto, A. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-ruf-si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas Viiic SMP Negeri 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-993. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i2.2326

Aliya, N., Amin, S. M., Muawanah, M., Indrati, J., & Nafi’ah, U. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II-C SDN Margorejo VI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1094-1103.https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2203

Harwati, C. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal pendidikan profesi guru, 2(2), 51-55. https://doi.org/10.22219/jppg.v2i2.14834

Lestari, N. W. A. D., & Fitriana, L. B. (2018). Usia dan frekuensi mengkonsumsi makanan kariogenik berhubungan dengan kejadian karies gigi anak. Journal of Holistic Nursing Science, 5(2), 72-81. https://doi.org/10.31603/nursing.v5i2.2433

Listyarini, I., Layyina, H., & Nursyahadiyah, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Wordwall Pada Siswa Kelas V SDN Peterongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3370-3378.https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608.

Meysandi, S. I., Zumrotun, E., & Widiyono, A. (2024). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD. Kappa Journal, 8(2), 225-229 https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.27265.

Minarto, S. A., Sugita, I. W., & Kholil, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggambar Teknik Untuk Mahasiswa Berbasis Android. Risenologi, 6(2), 71-76. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.62.225

Ningsih, N. Q. (2023). Penerapan Pendekatan Integratif Keterpaduan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Mangkura II Makassar. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 616-624. https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.1103

Prastiwi, E., & Halidjah, S. (2024). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 278-288. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.2758

Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2019). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). Guepedia.

Putri, Y. A. (2023). PJBL Implmentasi Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Word Wall Pada Materi Norma Dan Aturan Kelas V SD Pancasila. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2368-2377. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2231

Rodzikin, K., & Cahya, D. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 4 Palembang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 10(1), 13-25.

Rohmah, M. N., Marlina, L., Murtopo, A., Hartatiana, H., & Sartika, I. D. (2023). Pengembangan Media Buku Ajar 3M (Menempel, Mewarnai, Dan Menulis) Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Kelas B Di Tk Negeri 1 Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 5587-5599.

Safa, B. S. S., Winata, W., Wicaksono, D., & Munadi, Y. (2024). DEVELOPMENT OF Self-Directed Learning Strategies Through Media Kvisoft Flipbook Maker For Increase English Skills. The Social Perspective Journal, 3(1). https://doi.org/10.53947/tspj.v3i1.672

Sari, T. P. (2022). Pengembangan Media Finger Math Method menjadi Pinball Game untuk Melatih Keterampilan Berhitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 87-96.ttps://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1849

Sihite, S., Saragih, M., & Sihombing, L. R. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD NEGERI 060857 Medan Tembung. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(03), 524-534. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i03.4031

Viranny, S. N. I., & Wardhono, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I UPT SD Negeri Sidorejo 3. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(11), 81-90. https://doi.org/10.9644/sindoro.v5i11.4911

Widyowati, A. P., Nursyahidah, F., Azizah, M., & Saraswati, D. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media wordwall untuk meningkatkan keaktifan peserta didik SD pada pelajaran matematika. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4032-4044. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1243

Nu’man, M. A., Nursyahidah, F., Fatonah, F., & Artharina, F. P. (2024). Pengaruh Model PBL Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 4(3), 183-192.. https://doi.org/10.51878/edutech.v4i3.3308

Published

2024-11-30

How to Cite

Samara, N. S. ., Mutmainna, M., Ardilla, A., Suleha, S., & Nursakiah, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dan Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri Pao-Pao. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 758–771. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4806

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.