Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TaRL Model PBL dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 13 Makassar

Authors

  • Heri Sutrismin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sunardin Sunardin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fikar Angga Pratama Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4748

Keywords:

Hasil Belajar, Teacing at the Right Level, Problem Basic Learning, Bahasa Indonesia

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk mengatasi rendahnya kemampuan menulis siswa, khususnya dalam membuat teks laporan hasil observasi, yang merupakan kompetensi penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai kurikulum. Masalah ini jika dibiarkan dapat menghambat perkembangan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran PBL dipilih sebagai solusi yang dinilai efektif dalam melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran berbasis masalah nyata.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi (LHO) pada siswa kelas VII I di SMPN 13 Makassar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas VII I di SMP N 13 Makassar, yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam studi ini terdiri dari observasi dan tes. Data diperoleh dari hasil evaluasi pembelajaran yang menunjukkan peningkatan signifikan. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 60,5 dengan tingkat ketuntasan 9,38% (3 siswa tuntas). Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 83,65 dengan ketuntasan 90,62% (32 siswa tuntas). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. Pernik, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28-45. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927 https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.472

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode Adabta Melalui Pendekatan Tarl. 4(1), 180–189. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TarlModel PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8-13.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Santyasa, I. W., Rapi, N. K., & Sara, I. (2020). Project based learning and academic procrastination of students in learning physics. International Journal of instruction, 13(1), 489-508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13132a.

Rohani, R., Merta, I. W., & Wijayanti, T. S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xii Mipa 1 Melalui Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level (TARL) Di SMA Negeri 1 Labuapi. Jurnal Kependidikan, 8(2), 90-95.

Setiawan, W., & Hadiati, S. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI. Islamic Journal of Education, 2(1), 55-60. https://doi.org/10.54801/ijed.v2i1.177

Rahmayanti, S. M., Hadi, F. R., & Suryanti, L. (2023). Penerapan model pembelajaran PBL menggunakan pendekatan TaRL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4545-4557. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7914

Hidayatni, N., & Fathani, A. H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 312-324. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3576

Setiadi, Y. (2023). Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan teaching at the right level model Problem Based Learning berbantuan LKPD pada mata pelajaran ekonomi kelas x-4 di sma negeri 74 jakarta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1178-1191. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9528

Pratiwi, F. E., Afriatun, A., & Kusuma, A. B. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Problem Based Learning Terintegrasi TaRL pada Siswa Kelas IV SD Negeri Datar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 165-174. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2443

Alfania, N., Susanti, R., & Nizayati, F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model Pembelajaran PBL Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 1 Palembang. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 1746-1753. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.465

Adwiah, R., Sundari, F. S., & Utami, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Edudomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Dasar Berbasis Lesson Study. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2224-2233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1797

Falentin, T. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas 1 SD Tanjungsari 02 Kota Blitar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2677-2686. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7957

Putri, C. D., Wahid, A. R., & Sunaryo, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model PBL Berbantuan Booklet Pada Siswa Kelas 1 SDN Purwantoro 2. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1079-1090. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7987

Ramadhani, S., & Pasaribu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 066433 Medan. Jurnal Binagogik, 9(2). https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.71

Published

2024-12-17

How to Cite

Sutrismin, H., Sunardin, S., & Pratama, F. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TaRL Model PBL dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 13 Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 795–805. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4748

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.