Meningkatkan Minat Belajar melalui Pemberian Apresiasi dan Penguatan Positif Pada Peserta Didik di Kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4734Keywords:
Minat Belajar, Pemberian Apresiasi, Penguatan Positif, Peserta Didik, PTKAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya minat belajar siswa kelas IV di UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1, yang tercermin dari partisipasi mereka dengan minim dalam kegiatan pembelajaran dan sikap pasif dalam menyelesaikan tugas. Rendahnya minat belajar dapat berakibat buruk pada prestasi akademik dan perkembangan sosial siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pemberian apresiasi dan penguatan positif, seperti pujian, penghargaan sederhana, dan umpan balik positif, yang diberikan secara konsisten selama proses pembelajaran. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengadopsi model siklus Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas IV, dan data diperoleh melalui observasi, kuesioner minat belajar, serta wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian apresiasi dan penguatan positif secara konsisten dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di kelas IV UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1. Berdasarkan siklus pertama, motivasi belajar siswa tercatat 60%, yang kemudian meningkat menjadi 70% pada siklus kedua. Begitu juga dengan partisipasi siswa yang meningkat dari 55% menjadi 75%. Oleh karena itu, pemberian apresiasi dan penguatan positif secara konsisten efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, meskipun hasil menunjukkan bahwa strategy tersebut perlu disesuaikan dengan karakteristik individu siswa.
Downloads
References
Damayanti, H., Rizky, N. N., & Sofiyah, K. (2024). Pengaruh Apresiasi dan Motivasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas Rendah. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 2(2b), 829-834. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2b.2873
Dewi, N. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Melalui Pemberian ‘Reward Super Student’Di Sekolah Dasar Kristen ‘B’Surabaya. Aletheia Christian Educators Journal, 2(2), 151-156. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.2.151-156
Dyansatithi, N., & Hasanah, M. (2024). Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 4(1), 015-024. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v4i1.3873
Febianti, Y. N. (2020). Apresiasi Seni Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Literasi Ekonomi. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(2). http://dx.doi.org/10.24127/pro.v8i2.3304
Fu'ad, S. N., Khoir, N. M., Setiawan, S., & Rohmawati, A. (2019). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui metode reward and punishment di MTs. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 160-178. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1617
Insani, S. P., Darmiany, D., Nurmawanti, I., & Witono, A. H. (2023). Kreativitas guru di abad 21 dalam mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 66-72. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4796
Magdalena, M. (2018). Melatih kepercayaan diri siswa dalam menyatakan tanggapan dan saran sederhana melalui penguatan pujian pada pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(2), 237-245. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.282
Maulidia, L. N., & Tumardi, T. (2020). Pemberian Penguatan Perilaku Anak Dalam Pembelajaran di Paud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 123-133. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26135
Maulidya Ainun, A., Hasanah, N., & Kumullah, R. (2023). Pengaruh Penguatan dalam Membentuk Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Educazione: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling, 11(2), 92-101. https://doi.org/10.56013/edu.v11i2.2249
Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian penguatan (reinforcement) dan kreatifitas mengajar guru sebagai determinan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83-96. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25855
Nurhayati, R., Ningsih, D. A., Sudirman, P., Nur, A. M. T., Kurnia, S., Hidayah, N., ... & Khairati, M. (2023). Keterampilan Memberikan Penguatan (Reinforcement) Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 6 Bone. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 15(2), 145-154. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2176
Palar, Y. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Mahasiswa melalui Pemberian Penguatan Positif dalam Gaya Kepemimpinan Partisipatif di IAKN Manado. JMPK: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 104-113. https://doi.org/10.51667/jmpk.v2i2.1150
Putra, A., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Behavioristik dalam Penerapan Pembelajaran. Khazanah Pendidikan, 17(2), 1-8. http://dx.doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17835
Putri, A. N., Ariza, H., & Murni, H. S. (2023). Penerapan Metode Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTSN 7 Agam. KOLONI, 2(4), 113-120. https://doi.org/10.31004/koloni.v2i4.554
Sainanda, G., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Pemberian Apresiasi Terhadap Minat Belajar Ips Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 X Koto Diatas. Jurnal Eduscience, 9(2), 388-394. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3038
Sari, P. S., & Santosa, S. (2024). Penerapan Teori Classical Conditioning dalam Memperkuat Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(1), 1-16. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i1.2484
Tahir, M. Y., & Harum, A. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Broken Home Dengan Teknik Reinforcement Positif. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 15-21. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i1.976
Waqiah, W., & Dj, M. Z. (2023). Penerapan Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMKN 4 Bone. Jurnal Al-Qayyimah, 4(1), 71-84. http://dx.doi.org/10.30863/aqym.v4i1.1571
Zabrina, R. (2023). Analisis Pemberian Penguatan (Reinforcement) Terhadap Disiplin Belajar Siswa. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 8(1), 77-96. https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.77-96
Zein, Z. T. (2021). Hubungan Pemberian Reward and Punnishment Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Di Sdn Cilendek 2 Kota Bogor. Inspiratif Pendidikan, 10(2), 124-136. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.26466
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.