Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Kelas IV SD Telkom Makassar

Authors

  • Salmiah Hardianty Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Purnama Sari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursakiah Nursakiah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulastri Sulastri Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4716

Keywords:

Keterampilan, Berpikir Kritis, Model Pembelajaran, Inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV.A yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis peserta didik berupa tes tipe esai dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I adalah 60% termasuk kategori sedang. Sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar peserta didik 90% termasuk kategori sangat kritis. Jadi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, P., Mustika, N. I., Junsap, R. M., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Metode Inkluiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 156-163. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i3.483

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468

Bahriah, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Tema Tiga menjadi Penemu pada Pembelajaran IPA melalui Model Inquiry Siswa Kelas VI SD Inpres Bunne Kabupaten Barru. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 25-32. https://doi.org/10.30605/cjpe.412021.602

Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. (2016). Perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning dan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1310

Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi model pembelajaran Problem Based Learning dan inquiry learning ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277-1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914

Elis, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 228-237. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.1985

Falahudin, I., Wigati, I., & Astuti, A. P. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.19109/bioilmi.v2i2.1133

Firdausi, B. W., Warsono, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229-243. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8001

Fitriyah, I. J., Affriyenni, Y., & Hamimi, E. (2021). Efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 122-129. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1017

Juwita, P. I., Sembiring, M. G., & Hidayat, R. (2022). Perbedaan Hasil Belajar melalui Penerapan Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning terhadap Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 196-204. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.1747

Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model inquiry learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515-2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627

Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pembelajaran terpadu kemampuan berpikir kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 29-35. https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1364

Mukmainah, S. A., & Yonata, B. (2020). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi di SMAN 1 Rengel. UNESA Journal of Chemistry Education, 9(1), 133-139. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p133-139

Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika. Jurnal Education and Development, 3(1), 1-1. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.85

Nurhayati, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Manusia dan Lingkungan pada Pembelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Inpres Ulo Kabupaten Barru. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 9-16. https://doi.org/10.30605/cjpe.412021.595

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120

Sonia, T., Alberida, H., Arsih, F., & Selaras, G. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9(1), 78-86. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v9i1.14081

Sugiarti, M. I., & Dwikoranto, D. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran blended inquiry learning berbantuan schoology pada pembelajaran fisika: Literature review. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 49-62. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10262

Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49-60. http://dx.doi.org/10.21831/pep.v22i1.17836

Triandini, W., Kosim, K., & Gunada, I. W. (2021). Pengembangan modul fisika berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 90-97. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3953

Widiya, A. W., & Radia, E. H. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 127-136. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.477

Published

2024-11-26

How to Cite

Hardianty, S., Sari, P., Nursakiah, N., & Sulastri, S. (2024). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Kelas IV SD Telkom Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 506–517. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4716