Analisis Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar di SDN Karundang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4689Keywords:
Analisis Strategi, Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar, DeskriptifAbstract
Urgensi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Kurikulum Merdeka dapat disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis strategi implementasi kurikulum merdeka pada jenjang sekolah dasar di SDN Karundang 1. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata, gambar dan angka-angka. Peneliti mengkaji data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa strategi SDN Karundang 1 cukup siap dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan melalui beberapa tahap penyesuaian dan juga dioptimalkan dengan membuat suatu skema metode pembelajaran dalam pematangan implementasi kurikulum merdeka. Selain itu, dalam proses pembelajarannya ada empat aspek yang dipenuhi dalam mendukung proses pelaksanaan pembelajaran yaitu membangun karakter positif siswa, kearifan lokal sebagai bahan ajar siswa, strategi manajemen kelas dan pembelajaran interaktif guru dan siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu pentingnya suatu strategi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang terstruktur dengan baik. Hasil temuan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi guru, kepala sekolah, bagi peneliti dan bagi pembaca jika ingin mengimplementasikan kurikulum merdeka perlu lebih matang.
Downloads
References
Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023). Implementasi Manajamen Peserta Didik di SDN Sumb er Agung. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 3046-3057. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2367
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Anggraini, H., Haryono, S. E., Muntomimah, S., Wijayanti, R., & Akbar, M. R. (2022). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 64-74. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.64-74
Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2): 662-670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548-562. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826
Irmawan, D., Mulyadiprana, A., & Muharram, M. R. W. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri Pasirjeungjing. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 287-301. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2592
Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar 2022. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 55-65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36
Moulina, D., Lian, B., & Putra, M. J. (2023). Strategi implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 10 Palembang. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(2), 537-543. https://doi.org/10.31539/alignment.v6i2.5892
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Pratiwi, E. I., Ismanti, S. P., Zulfa, R. F., Jannah, K., & Fauzi, I. (2023). Impresi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembelajaran SD/MI. Al-Ibanah, 8(1), 1-12. https://doi.org/10.54801/ibanah.v8i1.146
Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1313-1322. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4998
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmadanti, A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Penempatan Belajar Siswa. Karimah Tauhid, 2(6), 2891-2908. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11082
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174-7187. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873-2879. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766
Romadhon, K., Rokhimawan, M. A., Irfan, I., Fajriyani, N. A., Wibowo, Y. R., & Ayuningtyas, D. R. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Ulak Kedondong). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1049-1063. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2239
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608-2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis asesmen diagnostik pada model pembelajaran project based learning di kurikulum merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 250-263. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2512
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Suwardi, A. A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 2948-2965. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11085
Tuerah, R. M., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979-988. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16-25. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2122
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.