Analisis Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar di SDN Karundang

Authors

  • Sepianah Sepianah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Zerri Rahman Hakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4689

Keywords:

Analisis Strategi, Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar, Deskriptif

Abstract

Urgensi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Kurikulum Merdeka dapat disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis strategi implementasi kurikulum merdeka pada jenjang sekolah dasar di SDN Karundang 1. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata, gambar dan angka-angka. Peneliti mengkaji data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa strategi SDN Karundang 1 cukup siap dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan melalui beberapa tahap penyesuaian dan juga dioptimalkan dengan membuat suatu skema metode pembelajaran dalam pematangan implementasi kurikulum merdeka. Selain itu, dalam proses pembelajarannya ada empat aspek yang dipenuhi dalam mendukung proses pelaksanaan pembelajaran yaitu membangun karakter positif siswa, kearifan lokal sebagai bahan ajar siswa, strategi manajemen kelas dan pembelajaran interaktif guru dan siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu pentingnya suatu strategi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang terstruktur dengan baik. Hasil temuan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi guru, kepala sekolah, bagi peneliti dan bagi pembaca jika ingin mengimplementasikan kurikulum merdeka perlu lebih matang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023). Implementasi Manajamen Peserta Didik di SDN Sumb er Agung. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 3046-3057. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2367

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Anggraini, H., Haryono, S. E., Muntomimah, S., Wijayanti, R., & Akbar, M. R. (2022). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 64-74. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.64-74

Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2): 662-670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548-562. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826

Irmawan, D., Mulyadiprana, A., & Muharram, M. R. W. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri Pasirjeungjing. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 287-301. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2592

Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar 2022. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 55-65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36

Moulina, D., Lian, B., & Putra, M. J. (2023). Strategi implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 10 Palembang. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(2), 537-543. https://doi.org/10.31539/alignment.v6i2.5892

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Pratiwi, E. I., Ismanti, S. P., Zulfa, R. F., Jannah, K., & Fauzi, I. (2023). Impresi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembelajaran SD/MI. Al-Ibanah, 8(1), 1-12. https://doi.org/10.54801/ibanah.v8i1.146

Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1313-1322. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4998

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadanti, A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Penempatan Belajar Siswa. Karimah Tauhid, 2(6), 2891-2908. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11082

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174-7187. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873-2879. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766

Romadhon, K., Rokhimawan, M. A., Irfan, I., Fajriyani, N. A., Wibowo, Y. R., & Ayuningtyas, D. R. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Ulak Kedondong). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1049-1063. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2239

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608-2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153

Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis asesmen diagnostik pada model pembelajaran project based learning di kurikulum merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 250-263. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2512

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Suwardi, A. A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 2948-2965. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11085

Tuerah, R. M., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979-988. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903

Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16-25. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2122

Published

2024-11-07

How to Cite

Sepianah, S., Pribadi, R. A., Hakim, Z. R., & Andriana, E. (2024). Analisis Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar di SDN Karundang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 312–326. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4689

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.