Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231Keywords:
hasil belajar IPA, snowball throwing, model pembelajaranAbstract
Penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat memberikan hasil yang baik dengan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Aktivitas belajar yang dilakukan siswa setelah menerapkan pembelajaran snowball throwing mengalami peningkatan secara signifikan dengan menunjukkan adanya perubahan dari cara belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan data yang diperoleh pada siklus I yaitu ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal berada pada kategori rendah, serta kerjasama siswa dalam kelompok belum maksimal, ini dikarenakan siswa belum terbiasa melakukan kegiatan secara berkelompok. Sedangkan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu ketuntasan belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi, serta kerjasama dalam kelompok sudah terlihat maksimal, ini dikarenakan siswa mulai terbiasa dalam bekerja secara kelompok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam di SD.
Downloads
References
Baharuddin, M. R., & Anas, A. (2016). Pengaruh penerapan pendekatan problem solving terhadap kemampuan menyelesaikan soal literasi matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Depdiknas. (2006). KTSP; Mata Pelajaran IPA Untuk Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hisbullah. Nurhayati, Selvi. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, Makassar: Aksara Timur.
Iskandar, (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung-Ciputat, Bandung: Gaung Persada (GP) Press.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2001). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional/Balai Pustaka.
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(2), 165-177. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373
Mohib, A. (2010). Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Riyanto, Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Propesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Suprijono, Agus. (2009). Pembelajaran Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susilo, M. Joko. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.
Taniredja, Tukiran dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Undang-Undang SISDIKNAS. (2009). Sistem Pendidikan Nasional & Peraturan Pemerintah. Bandung: Rhusty Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.