Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Media Puzzle Math untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Putriwanti Putriwanti Universitas Pohuwato

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.1662

Keywords:

Pembelajaran Demonstrasi, Minat Belajar, Media Puzzle Math, Matematika Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran matematika melalui model pembelajaran demonstrasi berbantuan media puzzle math. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD SDN 7 Timoreng Panua. Media puzzle math ini di desain semenarik mungkin agar anak-anak lebih berminat untuk belajar matamatika. Selain itu, dengan media ini akan memudarkan anggapan anak-anak bahwa belajar matemtika itu ternyata asyik dan menyenangkan dengan model demonstrasi nantinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanan dua kali pertemuuan selama 2 bulan, dimana siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pungumpulan data tes butir soaldan non tes Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan, kegiatan model demonstrasi berbantuan media puzzle math dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran matematika ditunjukkan melalui rasa suka atau tertarik, perhatian, keinginan, kepuasaan, dan keinginan dalam belajar matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontektual Inovatif. Bndung; CV Rama Widya

Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh penerapan alat peraga puzzle dengan menggunakan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10-17.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Ceataka Ke-15. Jakarta: rajawali Pers.

Djaelani, A. R. (2013). Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 20(1), 82-92.

Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Erman Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.

Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179-189.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192-201.

Lailiyah, R., & Setyawan, A. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika menggunakan metode demonstrasi di kelas II SDN Karanganyar I Kabupaten Pasuruan. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(7), 714-718.

Marwatan, M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Pecahan Nilai Uang Melalui Metode Demonstrasi di Kelas II SDN 146/X Tanjung Solok. Journal on Education, 4(2), 437-447.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.

Sudarto, Z., & Sasongko, T. B. (2020). Modification of Puzzle Play as Mathematical Learning Media in Lightweight Mental Retardation Children. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 117-128.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Ummah, S. K. (2021). Media pembelajaran matematika (Vol. 1). UMMPress.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65.

Published

2021-10-31

How to Cite

Putriwanti, P. (2021). Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Media Puzzle Math untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 188–195. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.1662

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.