Pengaruh Keterampilan Belajar Mandiri, Disiplin Belajar, dan Keinginan Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa UPBJJ Universitas Terbuka Makassar

Authors

  • Jamil Jamil Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1655

Keywords:

Belajar Mandiri, Disiplin Belajar, Keinginan Berprestasi, Hasil Belajar, Multivel Regeresi

Abstract

Penelitian ini menujukkan keterampilan belajar mandiri, disiplin belajar, keinginan berprestasi pada mahasiswa pendidikan tinggi jarak jauh menghasilkan prestasi belajar. Belajar mandiri mahasiswa S1 PGSD. Penelitian adalah penelitian suvey bentuk analisis multivel regeresi dengan analisis jalur. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program S1 PGSD program pendas UPBJJ-UT Makassar Tahun 2018 Sampel proforsional adalah Mahasiswa Program S1 PGSD yang Teknik pengambilan Sampel menggunakan undian dalam suatu Kabupaten dengan mengambil dari total mahasiswa yang semester V Tahun 2018. Hasil penelitian menjelaskan (1) keterampilan belajar mandiri berpengaruh secara signifikan tarhadap hasil belajar, (2) disiplin belajar mandiri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, (3) Keinginan berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, (4) Keterampilan belajar mandiri, disiplin belajar, dan keinginan berprestasi secara simultan berpengaruh positif terhadap hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2011) Evaluasi Pembelajaran, Penerbit PT. Remaja Rodakarya offset. Bandun

Ahmadi K. L., (2012) Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenagkan, Gembira dan Berbobot, penerbit PT. Perestasi Pustakrya Jakarta Indonesia

Diningrat, S. W. M. (2019). Desain Model Pembelajaran Online sebagai Upaya Memfasilitasi Belajar di Tempat Kerja. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(1), 17-24.

Hanafiah, N (2009) Konsep Strategi Pembelajaran, Penerbit PT Rafika Aditama Bandung.

Hendrayana, A. S. (2014). Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Beasiswa BIDIKMISI DI UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(2), 81-87.

Hiemstra, R. (1994). Helping learners take responsibility for self‐directed activities. New directions for adult and continuing education, 1994(64), 81-87.

Murad H Mohammad, Fernado Coto-Yglesias, (2010) The Effectivenes of Selef-Directed learning in healthprofession education:a systematic Review, Medical Education 1507-1608.

Mc Celleland.C (1999) The Achivement motive, New York, Irvingtong Publisher Inc

Minkyoung, K., & Eulho, J (2014) Analyzing The Human Learning And Developmen Potintial of Websites Available For Internasional Learning, Internasional Jurnal Self-Directed Learning 11(1)

National Research Council of Canada (2011) The Challenges to Connectivisit Learningon Open online Netweks: Learning Experriences during a Masive Open Online Course, 12(3)

Nurtanio A. P., (2009) Kefektifan Belajar Mandiri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Terbuka UPBJJ-Yokyakarta.

Nugraheni Endang (2006), Gaya Belajar dan Strategi Belajar Mahasiswa Jarak Jauh Kasus di Universitas Terbuka, Indonesia Universitas Terbuka

Heimstra, R (1994) Self-Directed Learning, The International Encyclopedia of education (second edition) Osford: Pergamon press reprinted here by Permission.

Komalasari Kokon(2013) Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Penerbit PT Refika Aditama, Bandung.

Knowles., M (1975) Self-Derectic learning: Aguide for leaners and teacher, New York, Ny Assiciation Press.

Oktavianingtyas, E. (2013) Studi Tentang Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matimatika, FKIP Jember @Kadikma, 4(2), 13-16

Pibadi B. A. (2010) Model Desain Sistem Pembelajaran, Penerbit Dian Rakyat, 2014 Jakarta.

Ratumanan, G. T. (2004) Belajar dan Pembelajaran Penerbit Unesa University Press 2004.

Suardana, I. K. (2012) Implemntasi model belajar mendiri untuk meningkatkan aktivitas hasil belajar kemandirian belajar mahasiswa

Sudibyo S. (1989) Psioklogi Olah Raga. PT Anem Kosong Anem. Jakarta.Sudirman, A. M. (2005) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta PT RajaGrapindo Persada.

Published

2022-03-14

How to Cite

Jamil, J. (2022). Pengaruh Keterampilan Belajar Mandiri, Disiplin Belajar, dan Keinginan Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa UPBJJ Universitas Terbuka Makassar . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 120–133. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1655

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 

You may also start an advanced similarity search for this article.